Wednesday, October 19, 2011

18-10-2011 Bahasa Tantra Satya Buddha – Tingkat Yang Telah Disahkan/Kekuatan Dharma Yang Terbukti


18-10-2011 True Buddha Tantra Language – Affirmed Level/Proven Strength

Original script: Living Buddha Lian Sheng Lu Sheng Yen  
English Translation: Venerable Lotuschef

Source:
Speech/Living Buddha Lian Sheng Lu Sheng Yen
[adapted from “True Buddha Tantric Language” Book 4.]
http://www.tbi.org.hk/Grandtalk.htm

True Buddha Tantra Language – Affirmed Level/Proven Strength

Let us talk about meaning of [Scattered] and [Settled] . We are Scattered in our daily life, only when we enter Samadhi then considered as Settled. Actually as we cultivate once daily and the duration we practice [Settled] is very short. At the end, you have inculcate [Settled] into every minute detail of your daily life in order to attain success.

Every student of Tantrayana leaning must practice Big Print (mudra). What is Big Print? It is when you are in [Scattered] conditions, you can also generate [Settled], thus termed generating Big Print from [scattered].  When Big Print appears, not only can imprint Self but also others.

Big Print can generally be called [Affirmed Level]  and only exist in Tantrayana. When you Actually prove your strength then you termed it as [affirmed level] or [proven strength]. Every Tantric master/guru must have [affirmed level] because when you let [Proven Strength] grows, then you can empower/bless others, resulting in others getting empowerment/blessings. Those that have yet to grow Proven Strength are Masters in Name only.

Where does Affirmed level comes from? It is from Big Print, where does Big Print comes from? It comes from within [Settled].

In the process of our cultivation, every time we enter Samadhi, your [affirmed level] will appear. Every time you enter Samadhi, you are turning the Dharma Wheel in the [Settled] state. You Light Body will rise up to the universal void, producing Dharma Power, this then we termed affirmed level/proven strength.

Affirmed level is termed Big Print, using Big Print to empower all beings.

Us, Tantric cultivators or yogi, have to perform many daily tasks and in so doing it is unavoidable that we Scattered our Settled state. That is to say, in your daily life, you are Scattered, especially when things do not go as you planned, your heart is Scattered. In the Scattered state, if you can’t grow the Settled one, that means you do not have Affirmed Level. Settled do not grow, no Affirmed level, that means no Big print. This type of Tantric cultivators can only be considered as ordinary ones and not True achievers of Tantrayana or True Yogi.

In Vajrayana, only those masters that have attained Affirmed Level/proven Strength can have disciples. If you truly have Affirmed Level and can empower/bless others, you also can attained [settled].

The most important in cultivation is the state of [Settled]. When you encounter any matter, you can produce [settled] even in [scattered] condition, from [settled] achieve [affirmed level], then you are a True Vajra Master.

Om Mani Pad Me Hom.

===
 18-10-2011 Bahasa Tantra Satya Buddha – Tingkat Yang Telah Disahkan/Kekuatan Dharma Yang Terbukti

Translated by Lotus Nino Candra

Karya tulis Buddha Hidup Lian-sheng, Lu Sheng Yen
Terjemahan Bahasa Inggris: Venerable Lotuschef

Sumber:
Ceramah Dharma oleh Buddha Hidup Lian-sheng Lu Sheng Yen
[diambil dari “Bahasa Tantra Satya Buddha” Buku No.4]
http://www.tbi.org.hk/Grandtalk.htm

Bahasa Tantra Satya Buddha – Tingkat Yang Telah Disahkan / Kekuatan Dharma Yang Terbukti

Mari kita membahas mengenai arti [Terpencar] dan [Mantap]. Dalam kehidupan sehari-hari bisa dikatakan kita berada dalam kondisi “Terpencar”, dan hanya pada saat kita memasuki Samadhi barulah kita berada dalam kondisi “Mantap”. Sebenarnya bila dilihat lagi, kita hanya mempunyai durasi [Mantab] yang sangat pendek dalam sadhana harian kita. Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah kita mampu mengaplikasikan [Kemantapan] ini ke dalam setiap detik kehidupan kita dan di sinilah kita akan memperoleh keberhasilan.

Setiap murid Tantrayana yang melatih diri harus mempraktekkan Segel Agung (Mahamudra). Lalu apa itu “Mahamudra”? Ia adalah kondisi di mana saat Anda sedang [Terpencar], Anda juga masih dapat menghasilkan kondisi [Mantap], dan oleh karenanya disebut sebagai “memunculkan Mahamudra dari kondisi [Terpencar]”. Saat Mahamudra muncul, maka Anda akan mampu mentransfernya kepada diri Anda sendiri dan juga kepada insan lain.

Mahamudra juga disebut sebagai [Tingkatan Yang Telah Disahkan] dan hanya ada dalam tradisi Tantrayana saja. Saat Anda telah mampu membuktikan kekuatan dharma Anda, maka disebut juga sebagai [Tingkatan Pencapaian Anda Telah Disahkan] atau [Kekuatan Dharma Anda Telah Terbukti]. Semua Guru Tantra harus mempunyai tingkatan demikian, karena saat Kekuatan Dharma yang telah terbukti tersebut berkembang, maka Anda dapat memberkati/meng-abhiseka orang lain, dan orang itu akan mendapatkan pemberkatan/abhiseka yang bersangkutan. Mereka yang belum mengembangkan [Kekuatan Dharma Yang Telah Terbukti] tersebut hanyalah orang dengan embel-embel nama Master/Acharya saja.

Lalu dari mana [Tingkatan Yang Telah Disahkan] ini datang? Ia bersumber dari Mahamudra. Dari mana datangnya Mahamudra? Ia datang dari dalam, dari kondisi [Kemantapan].

Dalam proses pelatihan diri Anda, tiap kali Anda memasuki Samadhi, maka [Tingkatan Yang Telah Disahkan] Anda akan muncul. Tiap kali Anda memasuki Samadhi, Anda sedang memutar Roda Dharma dalam kondisi [Mantab]. Tubuh Sinar Anda akan naik ke dalam kekosongan semesta dan menghasilkan Kekuatan Dharma. Inilah yang disebut sebagai [Tingkatan Yang Telah Disahkan] / [Kekuatan Dharma Yang Telah Terbukti].

Tingkatan Yang Telah Disahkan juga disebut sebagai Mahamudra. Maka dengan menggunakan Mahamudra, Anda mampu memberkati semua insan.

Kita, para yogi atau sadhaka Tantra, harus melakukan kewajiban dan pekerjaan harian kita, dan pada saat melakukan hal-hal tersebut kondisi [Mantab] kita pasti tak terelakkan menjadi [Terpencar]. Dengan kata lain, dalam kehidupan Anda sehari-hari, Anda pasti [Terpencar], terutama pada saat hal-hal tidak berjalan seperti yang Anda rencanakan. Hati Anda pasti akan Terpencar. Dalam kondisi Terpencar tersebut, jika Anda tidak bisa memunculkan Kemantapan, maka Anda belum mencapai tingkat yang Disahkan. Di mana Kemantapan tidak muncul dan tidak adanya tingkat Yang Dibuktikan, maka sama saja dengan tidak ada Mahamudra. Para sadhaka Tantra jenis ini hanya dapat digolongkan sebagai sadhaka biasa, bukan Yogi Sejati atau Sadhaka Tantra dengan pencapaian yang sejati!

Dalam Vajrayana, hanya para acharya yang telah mencapai [Tingkat Yang Telah Disahkan] / [Kekuatan Dharma Yang Telah Terbukti] yang boleh mempunyai murid. Jika Anda memang benar-benar mempunyai tingkatan demikian dan mampu memberkati/meng-abhiseka orang lain, maka Anda juga telah mencapai kondisi [Kemantapan].

Bagian yang paling penting dalam pelatihan diri adalah memasuki kondisi [Kemantapan]. Saat Anda menghadapi berbagai macam hal, Anda dapat menghasilkan kondisi [Mantap], bahkan saat dalam kondisi [Terpencar] sekalipun. Dari kondisi [Mantap] maka akan mencapai [Tingkatan Yang Telah Disahkan], dan oleh karenanya Anda adalah seorang Vajra Acharya yang Sejati.

Om Mani Pad Me Hom.


Amituofo / Lotuschef / Pure Karma / True Buddha School

No comments:

Post a Comment