Friday, April 20, 2012

Guru Akar – Kunci untuk Terhubung dengan Alam Semesta

Ditulis oleh Lotuschef – 18 April 2012
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: Root Guru – Your Key to the Universe

Bagian kedua : Guru Akar – Kunci untuk Terhubung dengan Alam Semesta [2]





“Kesetiaan yang terus-menerus akan memberkahi kita dengan kedamaian dan kepuasan yang abadi. Hanya dengan menyebut nama guru spiritual kita saja sudah akan mengubah medan persepsi kita. Menvisualisasikan beliau di atas kepala kita bahkan hanya sesaat saja akan menghapus semua tabir ilusi.
Pengabdian yang seperti ini bagaikan cincin yang membuat kait welas asihnya mampu menarik kita dari rawa samsara.”

- Kyabje Dilgo Khyentse Rinpoche -


Picture taken 13 April 2013




Apa arti Guru Akar bagimu?

Dalam Tantrayana, Guru Akar adalah ia yang mampu menghubungkanmu dengan Alam Semesta!

Tiap kali kamu bersadhana, pastikan untuk mengundang kehadiran Guru Akarmu sehingga ia memberkati dan memandumu dari awal hingga selesai.

Saya menerima banyak undangan untuk acara yang menggunakan adinata (dewata) “besar” untuk menarik peserta, ya boleh dikatakan begitu.

Tapi saya heran kalau adinatanya adalah Guru Akar malah tidak banyak yang hadir.

Kehadiran juga seringkali bukan prioritas utama bagi si penyelenggara acara.

Mereka malah mengutamakan pendapatan dari hasil penjualan paket persembahan dan kadang malah dari hasil penjualan/lelang fu. Lihatlah harga yang dipatok untuk paket-paket persembahan, masing-masing sekitar $300-500. Selembar fu kadang berkisar antara $3000 hingga $8000. Saya ingat ada beberapa yang dilelang hingga lebih dari $ 10,000 dengan klaim bahwa fu-fu tersebut membawa keberuntungan besar.

Ingatlah bahwa fu-fu tersebut tidak digambar oleh Guru Akar kita. Dan juga ada beberapa yang mencurangi acara lelang tersebut – mereka mulai dengan menawar $3000 atau $5000 dan melepas fu tersebut kepada orang lain yang tak dikenal setelah nilainya didongkrak di atas batas tertentu oleh para “orang dalam”.

Hahaha! Gila benar-benar praktek busuk dan seharusnya tidak dilakukan oleh seorang pelatih diri. Panitia viharapun seharusnya juga tidak mendukung hal demikian.

Sungguh saya katakan tidak perlu membeli paket-paket yang mahal, karena SEMUANYA BERASAL DARI KETULUSAN HATI KITA SAAT MELAKUKAN PELIMPAHAN PAHALA DAN MEMBERIKAN PERSEMBAHAN!

Namun kebanyakan orang salah paham. Mereka pikir mereka butuh kekuatan dharma atau kekayaan dari pemberkatan yang diberikan oleh para adinata upacara.

Teman-teman harus sadar! Saat Guru Akar tidak hadir dan pemimpin upacara tidak bisa mengundang dan menyatu dengan Guru Akar terlebih dahulu dan kemudian dengan adinata utama yang bersangkutan, maka upacara tersebut hanyalah drama tontonan dan sungguh-sungguh menyia-nyiakan sumber daya.

Guru bilang kalau pemimpin upacara tidak bisa beryoga atau menyatu dengan adinata, maka dia tidak bisa (tidak boleh) memberikan pemberkatan maupun transmisi abhiseka sama sekali.

Semuanya terserah pada teman-teman mau mendengarkan Guru Akar atau tidak.

Mohon maksimalkan dan jangan sia-siakan waktu dan sumber daya kalian karena menyusuri jalan yang panjang dan salah pula.

Kita semua pada akhirnya menyusuri jalan yang sama ke Samsara atau Nirvana.

Pilihlah dengan bijaksana.

:)

Amituofo
Pure Karma
Lama Lotuschef
True Buddha School

1 comment:

  1. [...] Terjemahan Indonesia : Guru Akar – Kunci untuk Terhubung dengan Alam Semesta [...]

    ReplyDelete