Saturday, October 20, 2012

Lotuschef Bercakap-cakap – Mahamudra



SHRI VAJRASATTVA
© Natalia Machs


Dibagikan dengan tambahan anotasi oleh Lotuschef – 12 September 2012
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber:
Lotuschef in Chat – Mahamudra


CT: Kau ingat kapan dan di manakah Guru memberikan abhiseka untuk pelatihan Mahamudra?


LC: Hahaha! Di segala waktu!

Tahukah kau bila Mahamudra itu tertanamkan di dalam 7 tahap awal dalam sadhana yang kita lakukan? 
Beliau berkata sewaktu menjelaskan Hevajra, bahwa Anu Yoga bisa digabungkan ke dalam 4 prayoga, seperti namaskara, mandala persembahan, sarana, dan seterusnya.

Jadi hal yang sangat mendasar juga ternyata yang paling tinggi! Bila kamu melatih 4 Prayoga dengan baik, kamu juga bisa melatih Mahamudra. Guru telah menulis banyak hal mengenai Mahamudra dalam buku-bukunya. Transformasi menjadi sinar adalah Mahamudra! Jadi kembali lagi apakah kamu melakukan visualisasi dengan benar saat bersadhana?

Kamu sudah dengar ceramah yang aku berikan di Seattle pada 7 November 2009 lalu? Semuanya dihasilkan dari 4 batin yang tiada batasnya (apramana) dan inti utamanya adalah Bodhicitta! Guru mengajarkannya kepadaku secara astral saat aku melatih 4 prayoga di Singapura dan Beliau saat itu sedang berada di Seattle.

Sama seperti artikel berpindah tempat.


CT: Aku coba melakukan visualisasi sebisanya, tapi tak pernah bisa berhasil dengan baik.
Aku belum mendengar ceramahmu di bulan November 2009.


LC: Hahaha! Artikel tentang seorang teman yang berjalan bagai sinar dan angin, coba bacalah lagi...
Ada beberapa kunci penting dalam melakukan visualisasi... lagipula latihlah Tahap Mengumpulkan Bekal dengan baik.


CT: Aku sebelumnya tak pernah tahu mengenai Tahap Mengumpulkan Bekal hingga aku membaca blog-mu.


LC: Setidaknya kamu berusaha menyenangkan satu orang dalam sehari, buatlah mereka tersenyum. Semua ini ada tertulis di dalam buku-buku Guru.


CT: Aku harus mulai melakukan hal tersebut.


LC: Kamu bisa menjapa banyak-banyak mantra Guru, Sutra Maharaja Avalokiteshvara, mantra 100 Aksara, kemudian melimpahkan jasa pahalanya untuk semua insan – inilah langkah pertama untuk mau memikirkan dan peduli akan sesama.

Ini dari OS yang melatih diri dengan baik:

Aku masih ingat sewaktu awal-awal berlindung (bersarana), aku membaca buku No.51 dan sempat terpikir kalau semua ajaran di dalamnya sungguh tak terjangkau.
Menyatukan ajaran ke dalam aktivitas sehari-hari adalah hal yang membingungkan.
Sungguh butuh keberanian dan disiplin, tapi kamu benar bahwa di dalam aktivitas apapun, si murid perlu membersihkan karma-karma buruknya terlebih dulu.
Oh ya, terima kasih telah berbagi artikel-artikel mahamudra dari buku-buku lainnya. Sungguh informasi yang sangat berharga.


CT: Aku rasa setelah aku menyelesaikan pembacaan Sutra Maharaja Avalokiteshvara 1000 kali, aku akan mencoba untuk menjapa mantra 100 Aksara sebanyak 100,000 kali.


LC: Sayangku, mau mendengar saran dariku?


CT: Ya, dengan senang hati.


LC: Kamu bisa mulai dengan membuat sumpah Bodhicitta: beritahulah guru bahwa mulai hari ini atau saat ini, kamu bersedia melimpahkan semua jasa pahala kebajikan kepada semua insan, dan semoga mereka semua berbahagia. Lalu kamu tak perlu lagi menghitung (total/target penjapaan), japalah sebanyak yang kau mampu.


CT: Baiklah.


LC: Aku bisa membagikan liturgi yang telah kusiapkan bagi mereka yang menghadiri sesi sadhana bersamaku. Di dalamnya ada berbagai macam teknik visualisasi, telah tersedia dalam Bahasa Inggris dan Indonesia. Tapi aku tidak mendistribusikannya karena mereka yang tak berjodoh akan berkata kalau aku melangkahi guru, dan mereka oleh karenanya akan menciptakan banyak karma buruk.

Ceramah yang aku berikan di Seattle adalah bagaimana membawa semua insan untuk bersadhana bersama dan melakukan penjapaan bersama, jadi mereka masing-masing melakukan penjapaan, dikalikan dengan banyaknya para insan. Pasti tak terbatas?! Lihatlah betapa agungnya Bodhicitta itu? Inilah Mahamudra!


CT: Wah, terima kasih. Aku suka sekali ajaran visualisasimu, terutama saran visualisasi dalam menjapa Sutra Maharaja Avalokiteshvara.


LC: Hahaha! Aku masih punya beberapa metode lainnya lagi untuk sutra ini. Saat kamu berkonsentrasi dalam visualisasimu, proses itu akan membantumu melepaskan semua pikiran dengan mudah lewat latihan yang reguler.


CT: Aku harap bisa membayangkan seluruh mandalanya dengan jelas, seperti yang kau sarankan untuk Sutra Maharaja Avalokiteshvara.


LC: Para dewata di dalam sutra tersebut jumlahnya tak terbatas dan menyertakan semua insan ke dalam sutra ini berarti berbagi kebaikan dengan mereka semua.

Sungguh mudah. Berikan emailmu kepadaku dan aku akan meminta N untuk mengirimkan versi Bahasa Inggrisnya kepadamu. 

Oh, ada video mengenai tahap sadhana dari no.1 sampai 7 dalam Bahasa Mandarin. Kamu bisa melihatnya di dalam blog-ku.


CT: Terima kasih banyak atas kebaikanmu _/\_


LC: Ok. Ingatlah, aku berbagi teknik-teknik sadhana dan tidak mendukung adanya konsultasi pribadi. Guru juga mengatakan hal yang sama kemarin!


CT: Mahaguru sungguh berwelas asih, Beliau memulai sesi konsultasi pribadi lagi kemarin (Senin).


LC: Ya. Ia bilang begitu, tapi hanya untuk perihal abhiseka dan sadhana saja.

Tak bisa bertanya kenapa babi saya tak mau makan dan tak berkembang dengan baik. Malah ada beberapa yang meminta nama untuk hewan peliharaan mereka.

Hahaha! Seperti ada seorang murid yang bertanya kepadaku kenapa ayahnya masih terus minum (minuman keras) dan mengalami depresi?

Yang lainnya bertanya kenapa staf-nya tidak betah?...


CT: Aku minum/merokok dan mengalami depresi serta kegelisahan.


LC: Konsultasi pribadi harus membuat janji terlebih dulu dan membayar biayanya di muka!!! Hahaha!


CT: Berapa biayanya?


LC:  300 per 20 menit. Saat kamu melatih diri, kamu tak perlu mencari jawabannya di luar dirimu lah.


CT: Oh begitu.


LC: Itulah kenapa aku tak mendorong para murid untuk bertanya hal-hal pribadi. Itu artinya mereka belum mendapatkan kedamaian batin.


CT: Kau punya tip-tip mengenai visualisasi untuk menjapa mantra 100 Aksara sebanyak 100,000 kali?


LC: Ada di dalam liturgi, N akan mengirimkannya kepadamu.


CT: Okay.


LC: Santailah. Roma tidak dibangun dalam sehari!
Justru visualisasi Maharaja Avalokiteshvara adalah sebuah jalur cepat.
Sama halnya dengan mantra 100 Aksara yang aku pernah bagikan. Bersenang-senanglah dalam pelatihanmu!


CT: Baiklah, aku akan melakukannya.


LC: Bila kamu melatih diri secara reguler, kira-kira dalam 3 minggu kamu bisa melihat perbedaannya. Jadi kamu bisa mengambil foto dirimu sebelum dan 3 minggu setelahnya.

Aku akan mengajarkanmu cara membacanya Sebelum dan Setelahnya! Hahaha!

Oh ya, jangan lupakan 9 siklus pernafasan juga.

---

Teman-teman pembaca yang terkasih,

Mahamudra adalah saat kamu telah mampu beryoga dengan Guru Akar atau Yidam pilihanmu.

Tentu saja hal ini hanya bisa terjadi bila kamu mendengarkan Guru Akarmu dan berlatih sesuai instruksinya, serta menjalani tahap demi tahap seperti yang diajarkannya.

Jangan terlalu terpaku dan berpikir bahwa 4 Prayoga hanya untuk para pemula saja. Ia berada di dalam semua sadhana dan kamu membutuhkannya.

Sadhana ini juga dinamakan sebagai Sadhana Pertobatan Vajrasattva, sangat bagus untuk membersihkan karma-karma buruk. Efek penyuciannya sungguh tak terkira.

Nikmatilah proses pelatihan dirimu!


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom.
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment