Monday, January 30, 2012

30-1-2012 [23-6-2011 Pelatihan Diri Yang Benar]


23-6-2011 True Practice
23-6-2011 Pelatihan Diri Yang Benar

Diterjemahkan oleh: Lotus Nino


Petikan artikel dari buku Shizun No.154: Aura Kebijaksanaan, 智慧的光環.
Ditulis oleh: Buddha Hidup Sheng-yen Lu
Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh Tim Penerjemah True Buddha Foundation


BAB 17 – Pelatihan Diri Yang Benar

Saya ingat di suatu malam saat bertugas untuk Perusahaan Pensurvei Lahan Jembatan Gerbang Selatan yang berbasis di Taichung, seorang guru spiritual yang tak terlihat turun dan melanjutkan mengajari saya berbagai Dharma Tantra selama tiga tahun, kira-kira akan memakan waktu satu jam per malam.
Saat itu, tangan dan kaki saya sering digerakkan oleh guru spiritual yang tak terlihat tersebut, dan pengalaman-pengalaman semacam itu membuat saya sadar bahwa dewata dan roh sungguh ada di alam semesta ini; dan ‘dunia spiritual’ itu memang ada, dan ‘yang tak kasat mata’ itu benar-benar ada.
Setelah itu saya membuat sumpah bahwa hal ini akan menjadi keyakinan saya seumur hidup dan saya akan melatih diri dengan sungguh-sungguh.

Suatu kali saya pernah bermalas-malasan dan berkata, “Kenapa saya musti melatih ilmu-ilmu Dharma? Bila memang dibutuhkan, yang diperlukan hanyalah bantuan dari guru saya yang tak terlihat untuk menyelesaikan semua masalah untuk saya.”
Saya kena marah karena membuat pernyataan seperti itu.

Saya telah mempelajari ajaran-ajaran Tantra selama bertahun-tahun, memasuki retret selama tiga tahun di Villa Ling Xian, Seattle – Amerika Serikat.
Tiga puluh tahun telah berlalu sejak Bunda Emas dari Kolam Kumala membuka mata batin saya.
Saya merasa bahwa titik kekuatan saya hanyalah ketekunan saya dalam melatih diri, dengan sungguh-sungguh saya bersadhana tanpa terlewatkan sehari pun.

Golongan darah saya adalah ‘O’. Ia menggambarkan karakter yang kuat dengan kesabaran yang besar.
Saat dihadapkan dengan tugas apapun, saya akan selalu menyelesaikannya, bagaimanapun juga.
Saya orang yang rendah hati dan menjauhkan diri dari kemalasan.
Mungkin Anda akan bilang kalau saya ini konyol dan bodoh, tapi saya sangat serius dan punya komitmen dengan pelatihan diri saya.

Saya sering berkata bahwa menulis dan bersadhana adalah dua tugas penting dalam hidup saya ini. Mereka adalah aktivitas yang harus saya lakukan setiap hari.
Kualitas penulisan saya bertambah baik sejalan dengan waktu, begitu juga dengan sisi spiritual saya – berbagai misterinya menjadi terbuka lewat pelatihan diri.
Tak ada seorangpun yang bisa mengambilnya dari saya!

Biarlah saya mengatakan hal ini kepada Anda. Saya adalah seorang Vajra Guru yang sejati.
Atas dasar apa saya berkata demikian?
Saya katakan dengan dasar bahwa saya dengan sungguh-sungguh melatih Dharma Tantra Satya Buddha setiap hari. Satu hari pun tidak pernah terlewatkan.

Di dalam masyarakat jaman sekarang ada banyak Acharya yang palsu, dan mereka semua mengklaim,
“Dengan sekali pemberkatan, tiga kanal utama akan bersirkulasi dengan leluasa.”
“Dengan sekali pemberkatan, janin spiritual akan muncul.”
“Dengan sekali pemberkatan, Anda akan hidup hingga lebih dari seratus tahun.”
“Dengan sekali pemberkatan, Roda Dharma akan berputar dengan sendirinya, dan Anda tidak perlu melatih diri lagi.”

Seberapa benar klaim-klaim tersebut?
Jangan tanya saya.
Anda mengacu saja ke pernyataan Guru Padmasambhava:
“Hormatilah Guru-mu, hargailah Dharma, dan berlatihlah dengan tekun.”

Ingatlah hal-hal berikut:
Berlatihlah dengan tekun dan sabar.
Jangan pernah mengidamkan berbagai pendekatan (cara) gaib dan jangan mencari jalan pintas.
Pelatihan dirimu harus selalu praktis dan jujur!


Amituofo / Lotuschef / Pure Karma / True Buddha School

No comments:

Post a Comment