Thursday, January 19, 2012

19-1-2012 Pengertian (Pandangan) Benar


Diterjemahkan oleh: Lotus Nino

Petikan artikel dari buku Shizun No.154: Aura Kebijaksanaan, 智慧的光環.
Ditulis oleh: Buddha Hidup Sheng-yen Lu
Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh Tim Penerjemah True Buddha Foundation (Cheng Yew Chung, Victor Hazen, Dance Smith)


BAB 7 – Pengertian (Pandangan) Benar


Pandangan Benar diletakkan pada urutan pertama dalam Jalan Utama Berunsur Delapan. Hal ini sendiri menunjukkan betapa pentingnya aspek tersebut.
Pandangan Benar sama artinya dengan mempunyai perspektif yang benar: di sini ia mengacu pada seorang pemeluk agama Buddha yang mempunyai iman, penerimaan dan pemahaman akan kebenaran sebab dan akibat, praktek dan doktrin agama Buddha, Tiga Segel Dharma, Empat Kebenaran MuliaJalan Utama Berunsur Delapan, dan  Dua Belas Sebab-Musabab Yang Saling Bergantungan.

Dalam ajaran-ajaran Tantra, sungguh penting untuk menjaga Pandangan Benar.
Oleh karenanya, menjadi hal yang mendasar dan penting bagi seorang praktisi Tantra untuk berlindung (bersarana) pada seorang vajra acharya yang memegang silsilah sejati.
Di sini berarti praktisi tersebut harus menjadi bagian dari dan mengikuti Sang Guru Akar. Ia harus mempercayai-Nya sepenuhnya dan berfokus pada pelatihan dirinya sendiri. Hanya dengan memusatkan perhatian pada Sang Guru Akar dan merenungkan diri-Nya sesering mungkin barulah si praktisi dapat sampai pada kondisi yang tenang dan tak bergeming. Inilah definisi Pandangan Benar dalam ajaran Tantra.

Perpaduan ajaran-ajaran agama buddha saat ini belum tentu mencerminkan doktrin sejati dari agama Buddha itu sendiri.
Berbagai kelompok ataupun individu telah bermunculan dan aktif mempromosikan diri mereka untuk menarik pengikut dengan berbagai macam cara: menonjolkan kemampuan masing-masing, kemampuan untuk berkomunikasi dengan roh, penggunaan qigong, atau bahkan dengan menggunakan hantu untuk menipu orang-orang.
Ordo-ordo semacam ini menarik massa pengikutnya dengan menggunakan berbagai cara yang jahat dan tak bermoral untuk mendapatkan persembahan dari mereka dan memperluas wilayah kekuasaannya. Mereka yang tidak mempunyai Pandangan Benar banyak yang terjatuh di jalur yang salah seperti ini dan tidak dapat melepaskan diri dari pengaruh-pengaruh ajarannya. Mereka merasa telah menemukan  guru yang telah tercerahkan di mana mereka dapat mempelajari berbagai ajaran yang maha tinggi. Saat mereka merasa telah mendekati kebuddhaan, ternyata mereka telah lama terjatuh dalam jerat Mara.
Orang-orang seperti ini harus merenungkan pentingnya mempunyai Pandangan Benar mengenai agama Buddha Tantra di mana mereka harus memiliki satu Guru Akar, satu Yidam Utama, dan satu Pelindung Dharma Utama, dan dengan demikianlah mereka melatih diri.

Jangan mendambakan kekuatan spiritual dan ilmu-ilmu sesat.
Hindari mendambakan ilmu-ilmu khusus dan mencoba berbagai macam hal.
Hindari kemelekatan pada penglihatan dan suara yang bersifat ilusi.
Jangan takluk oleh fitnahan dan jangan menjadi ragu.
Jangan mempercayai sesuatu dengan membabi buta, hindarilah tahyul.
Sungguh penting untuk menggunakan akal sehat.
Tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu telah Berpandangan Benar?
Bila kamu berharap untuk mendapatkan keberhasilan dalam Tantra dan pembebasan dari samsara, kamu harus terus menjaga dan mempertahankan Pandangan Benar di sepanjang perjalananmu!

- - - - - - - - - - - - -

Haha! Saat ada orang yang berkata kepada saya bahwa mereka ingin belajar cara mencapaiTingkat Yang Tertinggi, saya segera menutup diri dan berhenti berbagi dengan orang-orang seperti ini.
Begitu juga kepada mereka yang ingin punya “Kekuatan Dharma”!

Jalan teraman adalah dengan HANYA MENDENGARKAN SHIZUN!


Amituofo / Lotuschef / Pure Karma / True Buddha School

No comments:

Post a Comment