Saturday, January 14, 2012

14-1-2012 [10-5-2011-- 4-5-2011 Permohonan untuk Pelimpahan Jasa Khusus] [1]


10-5-2011-- 4-5-2011 Request for Special Dedication [1]
10-5-2011-- 4-5-2011 Permohonan untuk Pelimpahan Jasa Khusus [1]
Translated by Lotus Nino
Sumber:
Diterjemahkan dari Bahasa Mandarin ke Bahasa Inggris oleh Lotuschef


Tanpa nama menulis…
Kenapa Anda mematok harga untuk upacara pelimpahan jasa? Apakah terlalu sulit bagi Anda untuk mengikuti apa yang diminta oleh Shizun sebagai ‘sui yuan’?
5 Mei 2011, 8:30 AM


Tanpa nama menulis…
[Dia mengutip sebuah artikel dari Shizun]

Gelar Direktur Kehormatan Satu Juta.

Baru-baru ini, beberapa orang murid memberikan Saya sebuah majalah, Fa Gu / Tambur Dharma,  yang diterbitkan oleh Venerable Sheng Yen. Ada satu artikel yang sangat menarik dengan judulnya yang besar, “Gelar Direktur Kehormatan Satu Juta”.

Salah satu murid membuat analisanya untuk-Ku: setiap Gelar Kehormatan ini harganya 1 juta NTD, kalau ada 2.000 berarti 2 miliar NTD.

Saat mendengar 2 miliar, Aku kaget sekali!

Sejauh yang Aku tahu, ide gelar “Direktur Kehormatan” dari Venerable Sheng Yen ini bukanlah yang pertama. Ia mengikuti apa yang telah dilakukan oleh Tzu Chi dan belajar dari mereka. Kalau dianalogikan dengan ‘ekor’, dia hanya menggenggam beberapa helai dari bulu di ekor tersebut. Tzu Chi kini punya berapa banyak Direktur Kehormatan? Aku tidak tahu. Aku pikir hanya Langit yang tahu.

Mengenai hal tersebut, murid-Ku menatap-Ku dengan kedua matanya yang terbuka lebar. Dia memikirkan sesuatu yang mendalam. Namun, Aku pura-pura menjadi seorang bhiksu tua yang tidak tahu menahu dan segera bermeditasi. Aku bertindak seakan-akan tidak ada yang terjadi. Aku tetap berkelakuan dengan penuh martabat dan kekuatan serta tidak panik.

Si murid kemudian berkata: Apa kita bisa membuat Direktur Kehormatan Satya Buddha?

Dia melanjutkan: Kita tidak perlu membangun universitas, rumah sakit, atau stasiun televisi. Tapi kita bisa membangun panti jompo, pusat layanan terakhir untuk mereka yang akan meninggal dunia, dan rumah pelayanan Satya Buddha lainnya; semua hal ini membutuhkan dana untuk menjalankannya!

Lalu murid yang lain datang dengan ide lain: Berhubung setiap Direktur Kehormatan berharga 1 juta, dan sudah ada 2 kelompok lain yang menjalankannya, kita ganti saja namanya! Menjadi “Warga Negara Kehormatan Surga Barat” bagaimana?

Jadi semua yang turut serta dalam program tersebut dapat bersandar pada sertifikat warga negara itu di mana Shizun akan menjamin mereka pasti akan masuk ke Surga sebelah Barat setelah meninggal.

Saat Aku mendengar mereka memperdebatkan alat-alat terbaik untuk mengumpulkan dana, Aku merasa sedih bukan main. Kedua mata-Ku berkaca-kaca dan ekspresi-Ku menunjukkan kesedihan yang mendalam.

Aku berkata: Saya mohon maaf kepada Ordo Satya Buddha karena Saya tidak mengikuti seperti yang direkomendasikan. Ini karena Saya telah berjanji kepada Venerable Liao Ming, bahwa Saya akan mendedikasikan hidup Saya ini untuk menyelamatkan para insan, dan oleh karenanya Saya tidak mematok harga tertentu untuk layanan Saya berikan. Saya menerima berapapun yang diberikan.

Saya menepati janji Saya dan hingga kini tidak ada penyesalan.

Saya sepenuhnya sadar bahwa segala urusan keagamaan akan membutuhkan uang, tapi Saya tetap berpegang pada janji Saya. Saya juga tidak meminta para murid untuk patuh pada janji yang Saya buat, juga tidak meminta hal yang sama kepada semua anggota ordo, acharya dan venerable. Oleh karenanya, kalian lakukanlah apa yang ingin kalian lakukan, HANYA SAJA Jangan Melakukannya Atas Nama Saya!

Semua yang mendengarnya langsung terdiam.

6 Mei 2011, 2:19 PM


- - - - - - - - -


Tanpa nama yang terkasih, artikel yang dikirimkan oleh seseorang tanpa nama lainnya telah menjawab pertanyaanmu.

Artikel itu sangat bagus karena ia menyentuk topik mengenai orang-orang yang menggunakan berbagai macam alat untuk mengumpulkan dana, seperti menerbitkan Warga Negara Kehormatan Tanah Suci Surga Barat dan meminta Shizun untuk menjamin para donor/sponsor yang KAYA ini akan terseberangkan ke tanah suci setelah mereka meninggal.

Saat mendengar para murid berdebat mengenai alat yang akan dipakai untuk mengumpulkan dana, Shizun sedih sekali dan kedua matanya berkaca-kaca, ekspresinya penuh kesedihan.

Beliau telah berjanji untuk tidak mematok harga untuk layanan yang diberikan-Nya, namun Beliau tidak meminta setiap orang mengikuti langkah-Nya tadi karena Beliau mengerti bahwa kelangsungan hidup merupakan sebuah hal penting bagi mayoritas organisasi.


Vihara Pure Karma memberikan layanan amal bagi mereka yang miskin, tapi para insan yang berperasaan pada dasarnya punya sifat SERAKAH dan kami telah dimanfaatkan oleh mereka berkali-kali sampai sekarang.

Jadi kami harus membatasi sumber daya kami sehingga kami bisa melayani mereka yang miskin dan benar-benar membutuhkan bantuan kami.

Kami tidak mendorong orang-orang yang serakah untuk memanfaatkan sifat amal kami dan menghalangi mereka yang miskin.

Bila harga yang kami patok tidak sesuai dengan Anda, Anda bisa mencari lainnya yang lebih sesuai dengan anggaran Anda.


Saya dengar ada seorang Vajra Acharya veteran yang melakukan sebuah puja api homa untuk didedikasikan kepada seorang yang meninggal dengan harga yang telah disepakati sebesar $2000, tapi akhirnya dia malah meminta $6000. Keluarga almarhum sempat meributkan masalah ini berhubung mereka tidak siap untuk membayar lebih dari harga yang telah disepakati.


Administrasi Vihara Pure Karma juga bukan di tangan saya karena saya tidak punya sumber daya untuk menentukan siapa yang akan diberi bantuan donasi.

Kalau Anda bisa berdana sumber daya untuk membiayai layanan-layanan amal Vihara Pure Karma, kami bisa meng-gratis-kan biaya untuk acara-acara yang Anda sponsori secara penuh.


Ingatlah bahwa saya adalah seorang lhama dan tidak bekerja. Saya bergantung pada orang lain untuk kelangsungan hidup saya juga.

Bacalah kata-kata Shizun di atas dengan teliti dan Anda akan paham akan cara pandang-Nya.

Anda juga membuat kesalahan dalam pernyataan Anda. Kami tidak mematok harga tertentu untuk acara pelimpahan jasa yang kami adakan.

Kami hanya mematok harga untuk Permohonan Pelimpahan Jasa Khusus. Yang ini tidak termasuk dalam lingkup amal kami.

Saat orang-orang sanggup membayar dan mereka malah mencoba berbohong atau menipu untuk mendapatkan sesuatu dengan gratis, maka mohon maaf sekali, mereka telah Melanggar berbagai sila yang telah tercantum dalam doktrin-doktrin Buddhis dan lainnya.

Menipu para lhama dan lainnya, sama halnya dengan menipu Buddha.

Saya yakin Anda tidak ingin melakukan hal tersebut.

Dengarkanlah Shizun karena Beliau selalu memberikan jawaban untuk Anda.


Amituofo / Lotuschef / Pure Karma / True Buddha School

No comments:

Post a Comment