Friday, November 25, 2011

25-11-2011 [8-2-2011 Kebodohan]



8-2-2011 Ignorance
8-2-2011 Kebodohan
Translated by Lotus Nino
Sumber:

Tanggal 6 pagi saya menerima telepon dari seorang saudari sedharma yang meminta bantuan. Dia meminta saya untuk membantu melakukan prosesi pembacaan sutra dan penyeberangan bardo untuk seseorang yang baru saja meninggal, berhubung vihara-vihara sedang tutup sampai sekitar tanggal 15 (penanggalan bulan) Tahun baru China. Itu salah satu alasan yang dikemukakannya.

Tapi saya akhirnya menemukan alasan lain YANG LEBIH LUCU: KETAKUTAN bahwa mereka (bakal) harus menanggung beban karma dari orang yang meninggal dan keluarganya.

Ya sudahlah, saya juga bahagia karena masih ada beberapa orang yang baik dan ‘tercerahkan’ yang mau datang untuk membantu melakukan prosesi tersebut.


---Kebodohan---

Shizun telah memberitahu berkali-kali bahwa membacakan sutra dan melakukan pelimpahan jasa-jasa baik untuk orang yang baru saja meninggal adalah salah satu bentuk Bodhicitta.

Dengan sukarela, seseorang berbagi kualitas Dharma yang menakjubkan kepada ia yang baru saja meninggal dunia, kepada para leluhurnya, keluarganya dan semua yang hadir di sana. Semua pahala kebaikan dari sesi tersebut akan dilimpahkan kepada ia yang meninggal untuk ‘digunakan’ di Tanah Suci.
Bagian penyeberangan bardo juga merupakan cara beramal Dharma.


Orang yang beramal, selamanya mampu memberi tanpa berharap pamrih, adalah orang yang tidak serakah.
Di dalam sutra hati tertulis: Karena mengetahui bahwa sebenarnya tidak ada sesuatupun untuk dicapai, Bodhisattva, dengan bersandar pada Prajna Paramita, mendapatkan keleluasaan di dalam hatinya. Karena tidak ada rintangan, maka ia TIDAK TAKUT, dan ia meninggalkan JAUH-JAUH SEMUA MIMPI YANG MENYIMPANG. Akhirnya mencapai Nirvana!

Saya dengan tulus berharap semua teman sedharma dan semua insan paham akan hal ini dan belajar untuk tidak takut.

Jangan menciptakan BENTUK-BENTUK dan Anda malah kemudian memberinya KEKUATAN untuk bisa mencederai diri Anda sendiri!


Amituofo / Lotuschef / Pure Karma / True Buddha School

No comments:

Post a Comment