Monday, November 21, 2011

21-11-2011 [21-7-2011 Doa-doa Pertobatan] [2]



21-7-2011 Repentance Prayers [2]
21-7-2011 Doa-doa Pertobatan [2]
Translated by Lotus Nino

Sumber:


Ini dari Hary-Indonesia...

Lian Chu Fashi,

Beberapa orang perlu mengetahui apa yang mereka lakukan itu salah sebelum mereka merasa menyesal dan mau berpikir untuk bertobat.

Di dalam teks Pertobatan Kaisar Liang tertulis berbagai macam pelanggaran yang kita telah/mungkin telah lakukan.

Teks tersebut mengingatkan kita mengenai banyak hal (tindakan) yang kita pikir tidak bermasalah, tapi ternyata malah menciptakan karma buruk.

Di sana dijelaskan mengapa ada orang yang dibakar dengan api sampai mati, terlahir dengan penampilan yang menjijikkan, beberapa dengan patah tulang, diasingkan oleh keluarganya dan teman-temannya, ada yang terlahir sebagai manusia tapi dengan berbagai macam penyakit atau organ tubuh yang tidak lengkap.

Kemudian juga dijelaskan mengenai penyebab takdir yang buruk, yaitu dendam.

//

July 21, 2011 – 1:26 PM

Haha! Hary yang terkasih,

Mereka yang menghadiri doa pertobatan seperti ini adalah mereka yang seperti kamu yang dengan sadar mengamati tindakan-tindakannya supaya tidak menciptakan berbagai karma buruk.

Beberapa malah berpikir bahwa mereka sebegitunya berdosa hingga harus memohon maaf terus menerus. Beberapa juga berusaha menanamkan perasaan bahwa betapapun banyaknya pertobatan yang dilakukan masih tetap tidak dapat menolong diri kita – yang membuatmu jadi paranoid juga.

Tapi coba deh beritahu mereka yang merupakan fans berat Mara!

Saya telah melihat banyak orang yang seperti itu dan bahkan bertemu secara pribadi dengan beberapa dari mereka saat saya mulai memeluk agama Buddha 6 tahun yang lalu.

Banyak orang yang masih terus berbohong, menipu dan menyakiti lainnya meski mereka sudah tahu konsekuensi karma dari tindakan-tindakannnya.

Para pengacara yang terus-menerus berbohong untuk kliennya demi uang dalam jumlah besar jelas-jelas tidak menghiraukan kerugian yang mereka jatuhkan kepada mereka yang tidak bersalah.

Saya secara pribadi tidak percaya bahwa menanamkan rasa takut dalam diri seseorang akan membuatnya mau bertobat. Ini tidak akan berjalan.
Lalu saya juga tidak melakukan campur tangan saat karma buruk mereka telah matang.

Saya masih memilih pertobatan dengan mantra 100-aksara Vajrasattva di atas berbagai macam pertobatan yang ada karena Shizun telah membabarkan manfaat-manfaatnya dengan detil.

Sebagai tambahan, pertobatan ini mudah dilakukan dan dijapa. Saya telah melihat efek baiknya secara langsung dalam diri para murid saat mereka mulai menjapa mantra ini setelah membaca bait dan mantra pertobatan.

Hal ini juga yang membuat saya mau mencoba melakukannya secara teratur, setidaknya sekali dalam sebulan dan juga sebelum sesi-sesi puja api homa.

Dalam melatih diri, saya percaya bahwa kita harus bisa melakukannya dengan senang hati, tanpa paksaan.

Oh ya, selamat menikmati pertoban Kaisar Liang-nya ya!


Amituofo / Lotuschef / Pure Karma Vihara / True Buddha School

No comments:

Post a Comment