Saturday, September 19, 2015

Ajaran Lamdre dari Ordo Sakya – Jalur & Pencapaiannya



Dibagikan dengan anotasi oleh Lotuschef – 7 September 2015
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: 萨迦派道果法 Sakya's Lamdre – Path & Its Fruit



《道果》 - “道果”的意义

"道果"乃萨迦派最高的且最特殊的法门,"道果"法系源自第九世纪印度那烂陀佛学院之住持毗瓦巴上师。
经由其自身多年的精进禅修,喜金刚智慧本尊亲现,并予其喜金刚灌顶。得灌的当天,他立即证得初地菩萨的果位:
其后五天,由于思维而证得六地菩萨,
并将此经验述写为《金刚歌集》,内为《喜金刚密续》的秘密口传,此即"道果"的基础。

其后"道果"经由印度许多大师代代相传而延续至今,萨迦派祖师萨千贡噶宁波则在十一世纪当其传至西藏时获得此一传承,由于全套的"道果"法十分广博,他花了八年时间来跟随其上师终能获得完全的教导;其后自修十八年,毗瓦巴亲现并直接传予"道果"。

自此之后,萨迦祖师才开始公开教授,初为口传之笔述,后着论释,并由萨迦派多位上师传承九百多年至今。

"道果"浓缩了经典及密续的教导,以《喜金刚密续》为基,而与喜金刚本尊之修持有关

"道果"的传法分为两部分

第一部分为《三现观》,为小乘修习以求解脱及大乘菩萨行以众生、了知空性及现象(法界)真义的总结。

第二部分为《三密续》,包括《喜金刚密续》的前行与正行灌顶以加持行者之证悟过程的转化,为金刚乘修持之集要。

《三现观》解释之不同精神层次对事物现象的不同觉知,包括对平凡众生、对修行者、对证悟者的三种觉知。

而《三密续》则解释在不同精神层次,此一现象的觉察者其心或相续性的不同,亦包括对平凡众生、修行者、证悟者的三种觉知;
同时并详述之修持四种灌顶的意义,包括上师相应法、拙火、肪气明点及大手印。
总括而言,道果"包括了有佛法的修持,自起初阶段至果熟证悟,故称为"道果"。

Ordo Sakya (Bhs. Tibet: ས་སྐྱ་, Wylie: sa skya, "Tanah Putih") adalah salah satu dari empat ordo utama agama Buddha aliran Tibet. Yang lainnya adalah Nyingma, Kagyu, dan Gelug. Ia termasuk dalam kategori Topi Merah bersama dengan Nyingma dan Kagyu.

Sachen, yang pertama dari 5 guru terunggul, mewarisi begitu banyak doktrin tantra dari berbagai penerjemah Tibet (lotsawa) yang telah mengunjungi India: yang utama adalah dari Drokmi Lotsawa, Bari Lotsawa dan Mal Lotsawa.

Dari Drokmi muncul ajaran Sakya yang unggul, dengan sistem Lamdre “Jalur dan Pencapaiannya”-nya yang berasal dari Mahasiddha Virupa dengan berlandaskan Tantra Hevajra.
Mal Lotsawa memperkenalkan garis silsilah esoterik Vajrayogini kepada Sakya, yang dikenal sebagai “Nari Khachoma.”
Dari Bari Lotsawa muncul sadhana-sadhana tantra yang banyaknya tak terhingga, yang terutama adalah siklus sadhana yang dikenal sebagai Seratus Sadhana.
Transmisi penting lain yang membentuk kurikulum spiritual Sakya meliputi tantra Vajrakilaya, Mahakala, dan Guhyasamaja.

Sakya Pandita, patriak Sakya ke-4, dikenal akan ilmu pengetahuannya dan menulis banyak naskah penting dan berpengaruh seputar sutra dan tantra, termasuk di antaranya:
“Sarana Kognisi (konsekuensi psikologis dari persepsi, pembelajaran dan penalaran) yang Sahih: Sebuah Harta Pemikiran” (Wylie: tshad ma rigs gter),
“Menjelaskan Niat Suciwan” (Wylie: thub pa dgongs gsal) dan
“Membedakan Tiga Sumpah (Wylie: sdom gsum rab dbye).

Sistem dharma utama dari Ordo Sakya adalah “Jalur beserta dengan Hasil Pencapaiannya” (Wylie: lam dang 'bras bu bcas), yang dipecah menjadi 2 silsilah: “Penjelasan untuk Jemaat” (Wylie: tshogs bshad) dan “Penjelasan untuk Murid-murid Utama” (Wylie: slobs bshad).

Sistem utama lain dari Ordo Sakya adalah “Penjelasan Naropa untuk Para Murid”  (Wylie: nā ro mkha spyod slob bshad).

~~~~~~~~~~~

Berikut ini adalah daftar isi dari buku “Menggunakan Buah Pencapaian sebagai Jalur”.

Sumber: Taking the Result as the Path: Core Teachings of the Sakya Lamdre Tradition










~~~~~~~~~~~

Mahaguru Lu menyebutkan hal ini pagi tadi di dalam ceramahnya.
Beliau bilang kalau ada waktu nanti akan mencoba membabarkan ajaran agung Mahamudra dari Ordo Sakya ini.

Teman-temanku sekalian yang terkasih,
Kalau kamu ada waktu, gunakanlah waktumu untuk membaca dan memahami materi-materi yang relevan untuk membantumu dalam melatih diri.

Menjalankan dengan leluasa 任运 ?
Hahaha!
Kamu perlu belajar konsep-konsep, prinsip-prinsip yang relevan, dan kemudian MENGGUNAKANNYA!


Salam semuanya.


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment