Sunday, February 19, 2012

Melebur / Beryoga 16-2-2012


16-2-2012 Merging/Yoga 合一/瑜伽
16-2-2012 Melebur/Beryoga


Diterjemahkan oleh Lotus Nino


Amitofo Fashi, di dalam artikel ini fashi menulis mengenai melebur dengan Mayura danditolak sebanyak 3x. Saya ingin bertanya khususnya mengenai bagian meleburdalam sesi sadhana yang kita lakukan. Saya ingin tahu kalau saya ternyatamelakukan kesalahan dalam bagian tersebut.

Bagaimana fashi bisa tahu kalau saat itu ditolak? Dan bagaimana kita tahukalau kita telah berhasil melebur? Jika ternyata kita gagal melebur, lalu apayang perlu kita lakukan? Dan setelah melebur (dalam sesi meditasi), apa yangperlu kita lakukan setelah itu?

Satu lagi pertanyaan mengenai sadhana. Saat ini saya belum punya Vajra dan Gantha (Lonceng).Apakah ini bermasalah? Terutama saat kita harus melakukan sesi “Hui Xiang” dimana kita membuat lingkaran api dengan vajra dan meneriakkan “Wen!” Apa yangharus saya lakukan?

Terima kasih J 14-2-2012Why does One goes for Retreat? Wisely14/2/2012


- - - - - - - - - - - - - - -


Fashi yangterkasih,

Berikutterjemahan untuk hari ini.
Anda telahberbagi banyak poin yang menarik dan penting untuk direnungkan di dalam artikelini J
Saya dengantulus berharap agar teman-teman pembaca bisa memahaminya.

Salam,
Nino


- - - - - - - - - - - - - - -


Wisely yang terkasih,

Kalau kamu membaca lebih banyakartikel di dalam blog saya, maka kamu bisa menemukan banyak petunjuk mengenaiMelebur/beryoga.

Topik tersebut juga telah banyak dijelaskandi berbagai ceramah dan tulisan Shizun.

Begitu juga dari naskah sadhana yangdipublikasikan oleh Komite Pusat. Di sana telah dituliskan urut-urutan sadhanayang perlu kamu ikuti, dan saat kamu melatihnya dengan tekun maka kamu akanmendapatkan KUNCI untuk melebur/beryoga.


Dalam ceramah dharma yang diberikanoleh Shizun baru-baru ini, Beliau berkata: Hanyadengan satu pikiran saja!

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah pernyataan Shizun:
Anda harus menjalankan tahap 1 hingga 7 (Tahap Pendahuluan) danjangan menambahkan apapun pada tahap-tahap pendahuluan tersebut. Setelah tahapke-7, Anda boleh menambahkan apapun yang Anda suka. Poin pentingnya adalahsupaya tidak memperpanjang waktu yang digunakan untuk menyelesaikan tahap 1hingga 7.


Kenapa Shizun menyarankan kita sedemikian rupa?

Untuk para pemula, melatihvisualisasi dari tahap 1 – Empat Batin Yang Tiada Batas (Apramana) [saya telahmenjelaskan hal ini dalam salah satu artikel saya baru-baru ini] hinggatahap-tahap selanjutnya itu menggunakan pikiran kita untuk berkonsentrasi padavisualisasi dan mempertahankan visualisasi tersebut. Oleh karenanya, pikiran sipraktisi tidak boleh lari kemana-mana atau ada banyak pikiran lain yangmengganggu emosi.

Seperti yang dikatakan oleh Patriak Zen ke-6: Semua pikiranadalah buruk! J

Kenapa? Karena berbagai macampikiran akan termanifestasi menjadi tindakan yang dilakukan oleh tubuh ataupunucapan.


Di tahap ke-2, kita belajarmembersihkan Tubuh, Ucapan dan Pikiran lewat penjapaan mantra.
Kita juga mengundang kehadiran paradewa bumi dengan mantra.

Di tahap ke-3, kita mengundang semuadewata lewat penjapaan mantra dan visualisasi.

Kuncinya adalah visualisasi Chakra Hati kita yang memancarkansinar putih yang kuat, jernih nan cemerlang ke arah Angkasa/Alam Semesta. Iniseperti kita mengulurkan kedua tangan kita dan dengan rendah hati dan penuhketulusan memohon para Mahluk Semesta untuk menerima undangan kita, untukmemuliakan acara sadhana kita, dan menerima semua persembahan kita, dan kemudianmemberkati kita agar sadhana yang kita lakukan menjadi manggala (penuhkeberuntungan) dan bermanfaat.

Anda seharusnya merasa nyaman dan bahagia bukan? Atau malahmengantuk? J

Sampai poin ini seharusnya kamu bisamerasakannya kalau kamu melakukan visualisasinya dengan baik.


Poin penting lain yang perlu diingat adalah “mengatur ritmepernafasan.”

Saya akan selalu memulai setiap sesidengan melatih Pernafasn Dalam untuk menenangkan dan menjernihkan pikiransebelum memulai sadhana.


Melebur/beryoga – artinya kita memasuki Samadhi dari adinatayang dipilih pada sesi sadhana tersebut.

Itulah mengapa saya selalumempelajari gambar dari dewata yang saya ingin latih. Saya coba mengingat semuafiturnya sebelum tiap kali memulai sadhana. Kamu dapat meletakkan gambar Shizundan Vajrasattva di hadapanmu dan pandanglah mereka saat kamu ingin meleburdengan mereka.


Metode Cermin: Disini kamu menatap gambar dewata yang ingin dilatih dan bayangkan kamu adalahdewata yang ada di dalam gambar tersebut, seperti melihat ke dalam cermin.

Setelah kamu terbiasa, maka kamusudah tidak perlu melakukannya lagi. Seperti yang dikatakan Shizun, hanyadengan satu pikiran saja dan adinata duduk ke dalam tubuh Anda, kemudianmelebur dengan Anda.


Shizun bilang bahwa pada Samadhi tingkat pertama, si praktisiakan merasa damai, nyaman, dan bahagia…

Kamu pasti akan merasakan semua haltersebut karena setiap adinata punya preferensi dan “kebiasaannya”masing-masing, kamu hanya perlu membuka diri dan mengikuti alirannya saja.

Hahaha! Tapi jangan sampai tertidurya! Di tahap ini, si praktisi akan merasa tenang, nyaman, damai dan bahagiahingga mudah tertidur.

Tontonlah ceramahdharma saya yang pertama [7-11-2009Seattle]. Di sana saya jelaskan mengenai melebur dengan Shizun beserta denganlangkah-langkahnya juga.


Lalu mengenai Vajra dan Lonceng,seperti halnya japamala 108 biji yang digunakan untuk menjapa mantra, adalahsyarat-syarat utama yang harus dimiliki untuk menjadi sadhaka tantra sepertiyang dikatakan oleh Shizun.

Mereka sebenarnya juga merupakansenjata yang hebat, bila kamu tahu cara menggunakannya!

Gantha/Lonceng dapat digunakan untukmenutupi dan melindungi kalau kamu dapat memvisualisasikannya membesar danmenutupi seseorang yang ingin kamu lindungi atau kamu ingin melindungiorang-orang lain dari seseorang tertentu.

Cobalah tonton lebih banyakceramah-ceramah Shizun dan bacalah buku-buku yang ditulis-Nya, kamu pasti akanmendapatkan banyak manfaat dari usahamu yang tekun.


Saya akan coba merekam danmengunggah video yang berisi cara melatih 7 Tahap Pertama bila teman-temanpembaca tertarik. [kita punya beberapa tapi harus disunting terlebih dahulu]


Teman-teman semua dipersilakanmelakukan sadhana bersama saya. Periksalah jadwal-jadwalnya di blog ini danhubungilah personil yang bertugas untuk mendaftar.

Teman-teman yang inginberpartisipasi wajib mendaftar, dan yang mendaftar lebih dahulu juga akandilayani terlebih dahulu, ini berhubung tempat Pure Karma tidaklah besar dantidak bisa menampung peserta yang terlalu banyak.


Selamat berlatih!



Amituofo
True Buddha School
Pure Karma
Lotuschef

No comments:

Post a Comment