Sunday, April 28, 2013

Lotuschef Bercakap-cakap – Skenario Ideal


Ditulis oleh Lotuschef – 9 April 2013
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: Lotuschef in Chat – The Ideal Scenario


Berikut ini ekstrak tulisan dari grup di Facebook yang menamakan dirinya “Maitreya Family Members” (Anggota Keluarga Maitreya).

遠離塵垢
身雖在世 道心中養 意識行修 菩提之中
真善來自於潛在意識的憫念 呼應內心而形成慈悲 菩提滋長能啟覺智慧之眼 悟性是空無所有 雖生不生非念 眼前所見不留生戀 無意識不入想行意識 無念不生 寂靜在盤盤之中

謙卑 是最好的善待
禮讓 是最好的造福
恭敬 是最好的禮物
慈悲 是最好的良藥

遠離塵垢 身雖在世 道心中養 意識行修 菩提之中 真善來自於潛在意識的憫念 呼應內心而形成慈悲 菩提滋長能啟覺智慧之眼 悟性是空無所有 雖生不生非念 眼前所見不留生戀 無意識不入想行意識 無念不生 寂靜在盤盤之中謙卑 是最好的善待禮讓 是最好的造福恭敬 是最好的禮物慈悲 是最好的良藥

遠離塵垢 身雖在世 道心中養 意識行修 菩提之中 真善來自於潛在意識的憫念 呼應內心而形成慈悲 菩提滋長能啟覺智慧之眼 悟性是空無所有 雖生不生非念 眼前所見不留生戀 無意識不入想行意識 無念不生 寂靜在盤盤之中謙卑 是最好的善待禮讓 是最好的造福恭敬 是最好的禮物慈悲 是最好的良藥
遠離塵垢
Seperti biasa tulisan di atas cakupannya sangat luas dan menyarankan semua untuk Meninggalkan Debu-debu Duniawi Jauh-Jauh.

身雖在世 道心中養 意識行修 菩提之中
Meski tubuh ini berada di alam samsara, namun Hati Jalan Bodhi mengayomi dari dalam; Pikiran dan Pengetahuan dalam Pelatihan Diri; semuanya berada dalam Jalan Bodhi.

Sayangnya banyak orang yang sering bicara hal-hal umum seperti di atas SEAKAN-AKAN MEREKA BISA MELAKUKANNYA!
Hahaha!

Jadi itu adalah Skenario Ideal mereka, dan mereka menggunakannya untuk berkotbah, bahkan beberapa fanatik akan memaksamu untuk menerima semua doktrin tersebut atau mengharapkanmu untuk menelan MENTAH-MENTAH! :)

Aku ingat pepatah bahwa dalam Ajaran Taois, Kita Melatih “Tubuh”.
Dalam Ajaran Buddha, Kita Melatih “Hati”.
道修身,佛修心!

Hahaha!
Biasanya aku menghindari para fanatik yang menyarankanku untuk membaca sutra tertentu, tapi saat aku tanya balik ke mereka apa yang sutra ini bicarakan, mereka tak bisa menjawabnya! :)

Sama halnya saat Guru bertanya “kapan bunga mawar yang asli dan palsu akan setara?”, banyak yang menuliskan atau mengutip berhalaman-halaman sutra.
Akhirnya Guru pasti tanya: Intinya kamu mau omong apa?

Kujawab pertanyaan seorang umat dengan [SUDAH TAHU BEGITU KENAPA MASIH TANYA?], sepertinya terkesan sangat kasar.
Tapi kalau si umat ini sendiri merasa sungguh menggelikan bila menanyakan hal tersebut, lalu kenapa masih melakukannya? :)

Kamu menjadi orang yang melatih batin, selamanya butuh “Kejernihan dalam Berpikir”; dan hal tersebut hanya bisa didapatkan lewat ketekunan dalam melatih diri dengan tulus dan merubah sifat-sifat diri yang tidak baik.

Ia yang melatih batin tidak bisa sekedar BERTINDAK tanpa berpikir terlebih dulu akan efek dari TINDAKANNYA.

Oh ya, bila kamu merasa CUKUP BERKUALIFIKASI untuk berbagi ajaran dan konsep-konsep Buddha Dharma, maka DIPIKIRKAN LAGI!
Lihat-lihatlah lagi apa yang telah kamu bagikan terus-menerus dan berulang-ulang, apakah kamu mengerti dan benar-benar memahami apa yang kamu bagikan? :)

Bahkan yang dinamakan Nasihat Baik seperti yang tertulis di atas bisa saja menjadi sebuah bentuk kebencian bagi beberapa orang saat kamu terus-menerus menjejali mereka dengannya, sementara kamu sendiri tak mampu menjelaskan atau mengajarkan mereka CARA MENGGUNAKANNYA! :)

Mengapa mereka yang berpikir telah mempraktekkan Mahayana, merasa diri mereka tinggi – tak terkalahkan – suci, sedangkan mereka yang dari Tantrayana adalah jahat/tak suci serta mempraktekkan Ilmu Hitam untuk merugikan orang-orang?

Padahal?
Kesucian juga merupakan hal dan komoditas pribadi yang sangat privat yang PERLU DILATIH OLEH PRAKTISI YANG BERSANGKUTAN, bukannya otomatis dihadiahkan kepada mereka yang mengaku umat praktisi Mahayana!!!

Dan menurut Praktek Jalan Tengah, tak ada SKENARIO YANG IDEAL PULA!

Salam semuanya :)

Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment