Monday, April 11, 2016

Mengenai Tragedi VM Lian-ge



Karya tulis Mahaguru Lu: 蓮生活佛 > 師尊文集 > 75_真佛法中法 > 有關「蓮格上師」的慘劇
Diterjemahkan ke Bahasa Inggris dengan anotasi oleh Lotuschef – 21 Maret 2016
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: 有關「蓮格上師」的慘劇 Pertaining to Tragedy of VM Lian-ge



Cuplikan di atas: Mahaguru Lu saat memimpin Upacara Homa Usnisa Wijaya di Vajragarbha Caotun, 19 Maret 2016.

蓮生活佛 > 師尊文集 > 75_真佛法中法 > 有關「蓮格上師」的慘劇

CATATAN: Berikut ini adalah secarik surat yang ditulis oleh Reverend Lian-xin (hati), dan ditujukan kepada Mahaguru Lu. Ia menuliskan dengan detil pertemuannya dengan VM Lian-ge yang masuk ke dalam jalan Mara.

「蓮格上師的慘劇」一文刊出後,諸弟子諸多回響,而且議論紛紛,很多的人替他惋惜,認為一步走歧,便入魔道矣!
[Tragedi VM Lian-ge], sebuah artikel yang dipublikasikan dan menimbulkan perdebatan serta penolakan dari banyak murid. Banyak yang merasa kasihan kepadanya, merasa bahwa salah langkah akan menyebabkan terjatuh ke dalam jalan Mara!

  因此,特別再刊出「蓮心」的來信,再申明之:

師尊慈鑒:

  謝謝回信!

  昨日收到蓮邦第廿一期,看到「蓮格上師的慘劇」一文,感慨萬千,他給我的印象很深,是一位使我對「真佛宗」信心動搖的人。
Menerima Lian-bang edisi ke-21, dan membaca artikel [Tragedi VM Lian-ge], aku merasakan emosi penyesalan yang amat mendalam. Ia memberiku kesan yang mendalam, dan karena itulah yang membuat imanku kepada [Ordo Satya Buddha] menjadi goyah.

  記得一九八六年祈福法會的前一天,那天早上當我進入「雷藏寺」,見有四人坐在佛前修法,我全不認識他(她)們,但因自己沒有事情做,就坐下與他們一齊同修,修完後,我覺得指導我們的人教得很好,我是初修法,什麼都不懂,當我稱讚他領導得好時。
(Reverend Lian-xin bergabung dengan sebuah grup yang terdiri dari 4 orang yang bersadhana bersama di Vihara Vajragarbha, dan setelah sesi sadhana selesai, ia merasa orang yang memimpin sesi tersebut mengajarkan dengan baik. Berhubung ia baru dalam hal bersadhana, dan tak tahu apapun, ia pun memuji bimbingannya yang baik tersebut.)

  他自我介紹一番:「……我是蓮格上師……紅蓮花童子轉世……我修了兩年就拿到上師……。」
Orang tersebut memperkenalkan diri seperti berikut: “……. Aku adalah VM Lian-ge……. Reinkarnasi Padmakumara Merah……. Aku bersadhana selama 2 tahun dan mendapatkan gelar VM…….”

  一聽是紅蓮花童子上師,我更敬佩他,但「修了兩年就拿到上師」,我覺得不對勁,顯然他修法的目的全為了「上師」之名。
Saat mendengar VM Padmakumara Merah, aku semakin mengaguminya, TAPI [bersadhana selama 2 tahun dan mendapatkan gelar VM], aku merasa ada yang salah, jelas sekali motif bersadhananya adalah untuk mendapatkan gelar [VM].

  當我回飯聽吃早餐的時候,他又在堂中自己練各種啟靈,動作殊多怪異,引得周圍人人群聚看他,看得目瞪口呆,然後,又自動的推介自己,紅蓮花童子,二年就拿到上師云云。
Saat aku kembali ke ruang makan untuk sarapan, ia sedang berada di tengah-tengah ruangan melatih berbagai macam ilmu pembangkitan roh, ada banyak gerakan aneh, menarik perhatian dari semua orang di sekitarnya untuk berkumpul dan menontonnya dengan terperangah, kemudian dia serta merta memperkenalkan dirinya sebagai Padmakumara Merah, mendapatkan gelar VM dalam 2 tahun…….

  當他練完後,卻到餐廳邀我同他們一起去逛街,我不便拒絕他的好意,即同去,一路他所談的無不是神通靈感,無不是自誇,還說:「將來真佛宗的上師會跟師尊拚。」
Setelah sesi praktiknya selesai, ia datang dan mengundangku untuk bergabung dalam acara outing grupnya, dan aku tak bisa menolak niat baiknya, jadi aku ikut saja. Di sepanjang perjalanan, ia tak henti-hentinya bicara tentang kesaktian dan kontak batin, tak ada satupun dari kata-kata yang diucapkannya yang tak menyombongkan dirinya, dan juga masih mengatakan: “Di masa mendatang, para VM di Ordo Satya Buddha akan berkompetisi dengan Mahaguru.”

  那時我真是搞糊塗了,紅蓮花童子會跟白蓮花童子拚,天哪!
Wah! Aku jadi bingung, Padmakumara Merah akan bertanding dengan Padmakumara Putih!

我誤認真佛宗好像是搞權利鬥爭的宗派
Aku salah melihat sepertinya Ordo Satya Buddha ini bagaikan ordo yang isinya perebutan kekuasaan.

但又想到宗主本人,我相信不會是那麼一回事,本著關懷「真佛宗」的心,當晚我寫了一篇文章。
Namun aku memikirkan sang pemimpin ordo, aku percaya beliau bukanlah orang yang seperti itu. Karena prihatin akan Ordo Satya Buddha, maka aku menulis sebuah artikel di malam itu.

「……我無天眼,但一對凡眼,我看到蓮格上師的兩種光。
一是傲氣逼人的光。二是嫉妒的光。……我盼望大家先學師父的慈悲及做人……。」
[….. Aku tak punya Mata Langit, hanya ada sepasang mata orang awam saja, dan aku melihat 2 macam sinar pada VM Lian-ge. Yang pertama, sinar kesombongan yang menekan. Kedua, sinar kecemburuan
….. Aku mengharap supaya semua orang pertama-tama belajar dari welas asih Guru dan menjalani hidup layaknya seorang manusia…….]

  文章沒有發表,但感觸良多。
Artikel tersebut tidak dipublikasikan, tapi benar-benar ditulis dengan tulus!

  想到「蓮格上師」,使我不敢再有度眾生之念,先度自己為要,他學法最初動機,也是為弘法度眾生,前世的根基如此的好,卻落到如此的下場,是否該怪他祇重於修法神通,而不知修心,不重視內心的修養
(Akhir si VM yang mengenaskan, salah karena mementingkan pelatihan komunikasi transendental, dan bukannya melatih Hati, tidak melihat pentingnya melatih Hati Batin.)

  到目前,我對密法一知半解。

  一法也無。一法也不知。

  也無法可修。只知修心觀心。

  但願依傳承加持力,使我修心得成就。

  敬祝  佛安

弟子蓮心合十
一九八七、十二、三十

  蓮心的來信,我有幾點申明
Menanggapi surat dari Lian-xin, aku perlu menjelaskan poin-poin berikut:

一、蓮格上師有自己的心咒,他也收弟子,但,收弟子,竟全是師尊的弟子,這是混亂傳承的。
1. VM Lian-ge punya mantranya sendiri, ia menerima murid, namun semua murid tersebut adalah murid Mahaguru Lu. Hal ini mengacaukan silsilah yang telah ditransmisikan.

按密教儀軌:「事師法五十頌」第四十三條:
  「傳承法統,不可亂,同拜一位上師,不可再互為師或徒,這是法統。」
Di dalam sadhana Tantrayana: [50 Bait Bakti Guru] nomor 43:
“Standar dharma dari silsilah yang ditransmisikan tidak boleh dikacaukan, mencari guru yang sama untuk belajar darinya, tak boleh menjadi guru orang lain dan kemudian menjadi murid dari yang lainnya. Inilah yang dimaksud sebagai Standar Dharma.]

  蓮格上師也教師尊弟子唸其心咒,這也是混亂傳承的。
Dengan memiliki mantranya sendiri dan mengajar sesama murid Mahaguru Lu untuk menjapanya, VM Lian-ge telah mengacaukan silsilah yang telah ditransmisikan.

  我認為:蓮格上師可以收弟子,但,不得收師尊的弟子。
Aku merasa bahwa: VM Lian-ge boleh menerima murid, TAPI, tidak boleh para murid Mahaguru Lu.

  可以教心咒唸誦。皈依他的弟子可以唸誦他的心咒及供像。
Boleh mengajarkan untuk menjapa mantra. Mereka yang berlindung (bersarana) kepadanya boleh menjapa mantranya dan bernamaskara kepada wujudnya.

二、真佛宗不是權利鬥爭的宗派,宗主也是有其名,並無其實,空名而已,誰願當宗主,可以讓與誰。(由蓮生活佛傳法認可而付託之)
2. Ordo Satya Buddha bukanlah ordo yang isinya perebutan kekuasaan, dan pemimpinnya mempunyai gelar namun bukanlah gelar yang solid, cuman sekedar gelar yang kosong saja. Siapapun yang ingin menjadi pemimpin ordo juga akan diberikan jalan.

三、修法要修心,未修心光修法,會成魔。魔的本性是「驕傲與嫉妒」的綜合體。慈悲才是菩薩,正覺就是佛
3. Melatih dharma haruslah dengan melatih hati, karena tanpa melatih hati dan sekedar melatih dharma saja nanti bisa menjadi mara. Kodrat Mara adalah gabungan dari [Kesombongan dan Kecemburuan].
Bila bajik dan welas asih maka akan menjadi Bodhisattva, dan dengan Persepsi/Realisasi yang Benar maka akan menjadi Buddha.


四、真佛宗的上師要好好度眾生,向外去度眾生,眾生何其多也。不要向內搞小圈圈,在師尊的弟子中分派系。
4. Para VM Ordo Satya Buddha harus menyelamatkan para insan dengan benar. Di luaran menyelamatkan para insan yang jumlahnya tak terbatas. Jangan menciptakan lingkaran-lingkaran kecil yang justru memecah belah para murid Mahaguru Lu.

五、若上師妄為,金剛護法必誅,入金剛地獄。這是因果循環,慎之,慎之啊
5. Bila VM berbuat jahat, Vajra Dharmapala akan menghukumnya, dan akan masuk ke dalam Neraka Vajra. Inilah siklus karma, waspadalah, waspadalah!

~~~~~~~~~

Dualisme, Pembedaan, Pemisahan … :)

Saat seseorang selalu menekankan bahwa “Aku adalah …” untuk membuatmu merasa rendah diri, dan kamu merasa tak akan mampu menandinginya, maka tertawalah dengan riang dan pergilah menjauh!

Seperti yang Mahaguru Lu katakan, para Vajra Dharmapala akan “mengurus” mereka!

Jadi tak ada hubungannya dengan siapapun juga! :)

Jangan ikut-ikutan orang banyak dan mengotori dirimu sendiri!

Di dalam artikel di atas:
Rev. Lian-xin bercerita bahwa VM Lian-ge membimbingnya dengan baik di dalam sadhana, dilihat DARI sudut pandang orang baru. :)

Dan kemudian belajar dan melupakan kata-kata VM Lian-ge yang terkesan pamer dan tak mengenakkan!

Kini cobalah renungkan:
Saat ada orang yang berusaha untuk menjadi berbeda, ia justru sedang menjerat dirinya di dalam lumpur dunia ini, memenjarakan dirinya sendiri di dalam gelar dan “keuntungan” yang didapatkannya!

Hahaha!
Namun sungguhkah ia mendapatkan manfaat keuntungan?

Oh! Perihal berbagai Padmakumara Merah atau Oranye, dan yang Besar maupun kecil?

Tak ada hubungannya denganmu!

Di sini, ada seorang reverend setempat yang dulu sering menyebarkan berita kalau Mahaguru Lu bilang ia adalah “Padmakumara Oranye Kecil” …. Dan ia menjadi seorang VM sekitar 7 bulan setelah ditahbiskan.
Memangnya kenapa!!!

Kalau kamu sampai dibuat bingung oleh siapapun juga, hentikanlah dan hanya dengarkan Guru Akarmu saja!

Melatih Hati (melatih batin) adalah yang terpenting dan tak ada siapapun yang bisa melakukannya untukmu!

Demikianlah kamu harus mempersenjatai dirimu dengan berbagai pengetahuan mendasar, barulah kamu bisa bersadhana dengan lancar hingga berhasil.

Sungguh!
Semua orang bisa berhasil kalau saja mereka tulus dan tekun berusaha!

Bukan hak istimewa beberapa orang tertentu saja!


Salam semuanya.


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment