Wednesday, October 12, 2016

Bagaimana Menyikapi [Murid Pembangkang]?



Karya tulis Mahaguru Lu: 蓮生活佛 > 師尊文集 > 256_拜訪大師 對『逆徒』如何是好?
Diterjemahkan ke Bahasa Inggris dengan tambahan anotasi oleh Lotuschef – 6 Oktober 2016
Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh Lotus Nino
Sumber: 對『逆徒』如何是好? What to do with [Disloyal Student]?


蓮生活佛 > 師尊文集 > 256_拜訪大師

有『阿闍梨』來問,盧大師如何應對『逆徒』?有何對策?
Ada seorang [Acharya] yang datang dan bertanya, Mahaguru Lu bagaimana berurusan dengan [murid yang tidak setia]? Tindakan apa yang akan diambil?

問:『有叛逆弟子,不敬師、不重法、不實修、好名、好色、好利、妄語…。問大師,如何應對這種弟子?』
Bertanya: Ada murid pembangkang yang tidak menghormati guru, tidak menghargai dharma, tidak berlatih dengan tekun & sungguh-sungguh, menyukai ketenaran, seks, keuntungan, berdusta… Bertanya kepada mahaguru, bagaimana berurusan dengan murid semacam ini?

答:『裝聾、作啞。』
Menimpali: Pura-pura tuli dan bisu.

問:『豈不是得寸進尺?』
Bertanya: Bukankah malah bertambah satu inci dan maju satu kaki? (maksudnya: malah bertambah parah atau serakah).

答:『送給他她整個地球,量他她也沒有這種能耐。』
Menimpali: Berikan kepadanya seluruh dunia, mereka juga tak punya kapasitas kemampuan seperti itu.

問 Bertanya :『罵師?』  Mengutuk guru?
答 Menimpali:『裝聾!』 Pura-pura tuli!
問 Bertanya:『打師?』 Memukul guru?
答 Menimpali:『作啞!』 Membisu saja!
問:『何不祭出「事師法五十頌」、「密教十四大戒」?』
Bertanya: Mengapa tak memilih untuk menggunakan [5o sajak pengabdian kepada Guru], [14 disiplin sila utama Tantrayana]?

答:『久旱無甘雨,田中稻穗枯。雨不來,什麼頌、什麼戒,都無用。』
Menimpali: Musim kemarau yang panjang tanpa hujan yang cukup, semua tangkai gandum di ladang menjadi kering dan layu. Hujan tidak datang, mau berbuat apa dengan sajak, apa pula gunanya sila, semua tak berguna.

問:『你對叛逆弟子知否?』
Bertanya: Anda sendiri mengetahui para murid yang membangkang?

答:『啞巴吃湯圓,心中有數。』
Menimpali: Orang bisu makan pangsit, tentu dalam hati mengetahui.

問:『送去法辦?』
Bertanya: Apa tidak digugat saja?

答:『我從不告人!』
Menimpali: Aku tak akan pernah menggugat siapapun!

問:『由長老們決定懲罰?』
Bertanya: Biarkan para tetua yang menjatuhkan hukuman?

答:『非干我事。』
Menimpali: Tak ada hubungannya denganku.

問:『大師!不懊惱、不緊張?』
Bertanya: Mahaguru! Tidak kecewa, tidak menjadi cemas?

答 Menimpali:『因果自負。』Masing-masing insan bertanggung jawab atas karmanya sendiri-sendiri.

問:『逆徒懺悔時?』
Bertanya: Saat mereka yang membangkang kemudian bertobat?

答:『直得天垂瑞彩,地擁貞祥,微微細雨洗寒空,淡淡春光籠野色。』
Menimpali: Cahaya surgawi yang manggala bagaikan pelangi langsung turun memberkati, bumi menampilkan pertanda baik dan suci, gerimis mengucur membasahi dinginnya udara, terlihat cahaya lentera musim semi yang redup.

問:『逆徒不懺悔?』 Bertanya: Murid tak setia masih tetap tidak bertobat?

答:『我睡大覺。』(我帶你去看鳥,可惜連鳥也無)
Menimpali: Aku tidur nyenyak. (Kubawa dirimu untuk melihat burung, sayangnya bahkan burung juga tidak ada)

問:『逆徒說一切都是菩薩佛指點的?』
Bertanya: Murid pembangkang bilang bahwa semua ini merupakan petunjuk dari Buddha & Bodhisattva?

答:『管他她吹什麼牛皮。』
Menimpali: Siapa peduli kulit sapi apa yang ditiupnya.

問:『大師!不認為他她有神通嗎?』
Bertanya: Mahaguru! Apakah tidak merasa kalau ia memiliki kesaktian?

答:『從來就沒有欺師滅祖的佛及菩薩。』
Menimpali: Tak pernah ada satupun Buddha maupun Bodhisattva yang menipu Guru-nya dan melenyapkan leluhurnya.

問:『神通是假?』
Bertanya: Jadi kesaktiannya palsu?

答:『鬼也有神通。』(很多動物皆有神通,例如狗子)
Menimpali: Hantu juga punya kesaktian. (Banyak binatang yang juga punya kesaktian, seperti anak anjing/paparazzi)

~~~~~~~~~~~~
逆徒 – Bisa berarti murid yang membangkang atau berkhianat atau tidak setia atau tidak menurut.
祭 (jì): Acara yang meriah, 2. Melakukan kurban, 3. Berkurban kepada, memuja.
狗子 – anak anjing ataupun paparazzi

Percakapan menarik yang pas sekali dengan krisis yang dihadapi TBS saat ini?

Intinya adalah <<答 Menimpali:『因果自負。』Masing-masing insan bertanggung jawab atas karmanya sendiri-sendiri.>>

Apa aku perlu bicara lebih lanjut?

Pikiran orang awam menginginkan Mahaguru Lu menuliskan ke dalam KATA-KATA supaya bisa mereka gunakan sebagai Senjata Maklumat (Dekrit)!

Hahaha!
Aku suka sikap Guru yang tenang dan tak acuh!

Dekatlah selalu dan tetaplah berpegang erat pada Guru Akar-mu (Mulaguru-mu)!


Salam Metta.


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment