Saturday, October 29, 2016

Aku Menyadari [Tiada Keterlibatan]



Karya tulis Mahaguru Lu: 蓮生活佛 > 師尊文集 > 256_拜訪大師 >「無干涉」是我參出來的
Diterjemahkan ke Bahasa Inggris dengan tambahan anotasi oleh Lotuschef – 28 Oktober 2016
Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh Lotus Nino
Sumber: 「無干涉」是我參出來的 I Realised [No Interference]




有人問我,你盧勝彥圓寂之後,留下那一偈子教示眾生?
Ada seorang yang bertanya kepadaku, Anda, Lu Sheng Yan, setelah Parinirvana, akan meninggalkan sajak apa untuk mengajar para insan?

我答:「無干涉。」
Aku menimpalinya: “Tiada Keterlibatan.”

人問:「為什麼無干涉?」
Orang-orang bertanya: “Mengapa tiada keterlibatan?”

我答:「其實我創辦了真佛宗,這個宗教派別與我毫無干涉。」
Aku menimpalinya: “Sesungguhnya, aku mendirikan Ordo Satya Buddha, aku tak ada keterlibatan dengan ordo religius ini.”

人問:「怎有可能?」
Orang-orang bertanya: “Bagaimana mungkin?”

我答:「真佛宗是我幻化出來的,是無心意識,也就是我無心,宗旨也無心,寺、堂、會也無心,自然生,自然滅,有緣則生,無緣則滅,我無經營之意,任其生滅,故無干涉。」
Aku menimpali: “Ordo Satya Buddha merupakan ilusi buatanku, di sana tiada penyertaan hati, demikianlah aku juga tanpa penyertaan hati, aliran ini mau dibawa kemana juga tiada penyertaan hati, vihara, rumah ibadah cabang, dan paguyuban yang berhubungan dengannya juga tiada penyertaan hati, muncul dan musnah secara alami, muncul karena ada jodoh dan musnah saat jodoh telah habis, aku tak pernah berpikiran untuk mengelolanya, biarlah ia lahir ataupun musnah secara alami, demikianlah maka tiada keterlibatan.”

人問:「宗旨不是度眾生嗎?」
Orang-orang bertanya: “Bukankah tujuan dari ordo adalah untuk menyelamatkan para insan?”

我答:「自古以來,佛教是釋迦牟尼佛創立的,其後演化,有原始佛教、部派佛教、大乘佛教、金剛乘佛教。我的宗旨也是如此,將來演化,亦如是。由不得創辦人。又,自古自今,人是古人,人也是今人,上下古今,也不多,也不少,度來度去,亦是如此。故無干涉。」
Aku menimpali: “Sejak jaman dahulu, Agama Buddha dirintis oleh Shakyamuni Buddha, kemudian bertransformasi menjadi Agama Buddha primitif, berbagai sekte Agama Buddha, Mahayana, Vajrayana. Ordo-ku juga hampir sama, di masa mendatang akan bertransformasi dengan cara yang sama. Bukan sesuai kehendak si perintisnya. Kemudian juga, dari jaman dahulu hingga sekarang, orang-orangnya juga orang jaman dulu, orang jaman sekarang, jaman dulu hingga sekarang, tidak banyak dan tidak sedikit, diselamatkan dan diseberangkan bagaimanapun, ya tetap seperti itu. Makanya tiada keterlibatan.

人問:「既然如此,修什麼啊?」
Orang-orang bertanya: “Berhubung yang terjadi adalah seperti itu, mengapa repot bersadhana?”

我答:「因無心,故對山河大地,不見差殊。因無干涉,十方世界不起貪、嗔、痴。悟無所得,頓斷煩惱,這就是修。」
Aku menimpali: “Karena tiada penyertaan hati, jadinya melihat gunung sungai bumi yang agung sebagai hal yang sama. Karena tiada keterlibatan, maka berbagai dunia di 10 penjurunya tak akan menimbulkan Keserakahan, Amarah, dan Kebodohan. Mencerahi tiada apapun yang dicapai, langsung memotong segala kekuatiran, inilah bersadhana.

人問:「修不是要守戒律嗎?」
Orang-orang bertanya: “Bukankah bersadhana berarti mematuhi disiplin sila?”

我答:「當頭,不起貪、嗔、痴,這也就是無所住,澈澈底底了。」
Aku menjawabnya: “Titik pentingnya, tidak timbul Keserakahan, Amarah, dan Kebodohan; inilah yang dimaksud Tidak Berdiam di manapun dan di segala kondisi.”

人問:「無干涉果然是最高的悟境了?」
Orang-orang bertanya: “Tiada Keterlibatan apakah memang pencerahan yang tertinggi?”

我答:「平常活計而已。不受外界的干擾,一心不亂而已。」
Aku menimpali: “Hanya gaya hidup biasa saja. Tak terpengaruh oleh dunia luar, hati ini selalu kokoh (tidak galau).”

人問:「盧師尊如何無干涉?」
Orang-orang bertanya: “Bagaimana caranya Mahaguru Lu mencapai Tiada Keterlibatan?”

我答:「不用踌蹰,不用疑懼,直心而已,知幻離幻,無干涉。」
Aku menimpali: “Tak perlu bimbang, tak perlu ragu-ragu dan takut, hanya hati yang lurus, mampu melihat menembusi ilusi dan meninggalkan ilusi, tidak terlibat.”

人問:「聲色你又如何說?」
Orang-orang bertanya: “Bagaimana Anda menyikapi Suara dan Wujud Rupa?”

我答:「一切聲是一切聲,一切色是一切色。無心,聲不是聲,色不是色。只見自心光照,就如同碧天雲外月華清。」
Aku menimpali: “Segala macam suara merupakan segala suara, segala macam wujud rupa merupakan segala wujud rupa. Tiada hati, maka suara bukanlah suara, wujud rupa bukanlah wujud rupa. Hanya melihat kecemerlangan hati sendiri, bagaikan bulan purnama yang memancar terang di langit yang biru di balik awan.”

人問:「你不想想真佛宗未來如何?」
Orang-orang bertanya: “Apakah Anda tidak memikirkan masa depan Ordo Satya Buddha?”

我答:「未得悟時真佛宗,若已悟了本無無,何有干涉。」
Aku menimpali: “Sebelum tercerahkan ada Ordo Satya Buddha, setelah tercerahkan pada dasarnya tiada apapun, mana mungkin ada keterlibatan.”

人問:「吐登達吉上師圓寂時說了一句:「清淨」,試問,這清淨是空嗎?」
Orang-orang bertanya: Saat Master Thubten Dhargye parinirvana, beliau mengucapkan sepatah kata: [Suci Bersih], hendak bertanya, inikah yang dimaksud kekosongan yang suci bersih?”

我答:「無干涉,即清淨也。說空不空,說有不有。」
Aku menimpali: “Tiada keterlibatan adalah suci bersih. Dibilang kosong juga tidak kosong, dibilang ada juga tiada.”

人問:「那些貪名、貪利、貪寺、貪堂、貪會、貪地盤,你認為如何?」
Orang-orang bertanya: “Mereka yang serakah akan ketenaran, keuntungan, vihara, rumah ibadah, paguyuban, wilayah kekuasaan, bagaimana Anda melihat mereka ini?”

我答:「瞎!」
Aku menimpalinya: “Buta!”

~~~~~~~~~~~~

Bila kamu mengacu ke artikel: Bodhisattva Tanah Lempung – Serangan & Serangan Balik!
Bisakah kamu mencerahi apa yang Mahaguru Lu sedang ajarkan kepadamu dalam artikel di atas?

Mengenai cara orang-orang berurusan dengan $$$ mereka, apakah kini masih berarti bagimu?

Hahaha!

Mohon sadarlah dan teruslah sadar!


Salam Metta,


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment