Friday, July 27, 2012

Triloka – Tiga Tingkat Alam

Pranala Sumber: Three Realms, 5 Definition(s), AKA: Triple Realm, Three Worlds
Ditulis oleh Lotuschef – 19 Juni 2012
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: Triloka – Triple Realm

 

Guru sedang sering-seringnya membahas hal ini di sesi ceramah dharma-Nya akhir-akhir ini. Saya kira artikel ini bisa membantu teman-teman untuk mendapatkan informasi mengenai apa yang sedang dibagikan oleh Guru.

Salam semuanya.

Om Guru Lian-sheng Siddhi Hom.

Lama Lotuschef

[caption id="attachment_8546" align="aligncenter" width="383"] Trailokyavijaya Raja (Raja Kemenangan Atas Tiga Tingkat Alam)[/caption]

 

Bahasa Sansekerta-nya adalah Triloka. Ia adalah ekuivalen metafisik dalam agama Buddha untuk tiga tingkat alam: bumi, angkasa, dan surga.

  1. Alam Nafsu Sensual (Bhs. Sansekerta: Kamadhatu) akan seks dan makanan. Ia meliputi Enam Alam Surga Nafsu, Alam Manusia dan Neraka.

  2. Alam Berwujud (Bhs. Sansekerta: Rupadhatu) berisi materi yang besar dan berdaya tahan. Konsepnya adalah semi material. Ia berada di atas dunia nafsu dan terdiri dari tubuh-tubuh, tempat-tempat dan benda-benda, yang semuanya bersifat mistis dan menakjubkan. Ia terdiri dari 18 surga, termasuk Surga Empat Zen (Bhs. Sansekerta: Brahmaloka).

  3. Alam Tiada Wujud (Bhs. Sansekerta: Arupadhatu) dari roh yang murni, di mana tidak ada lagi tubuh dan materi yang bisa dinyatakan dengan kata-kata. Ia adalah tempat di mana pikiran tinggal di sana di dalam perenungan mistik; luasnya tak terhingga, namun bisa dibagi menjadi Empat Tingkatan / Tempat Kekosongan dalam dunia tanpa materi tersebut. Ia terdiri dari empat surga, dan “Surga yang bukan persepsi ataupun tanpa persepsi” berada di tingkatan paling tinggi.


 

Tiga tingkatan di dalam alam samsara: Alam Nafsu, Alam Berwujud, dan Alam Tanpa Wujud.

Alam Nafsu adalah tempat para mahluk neraka, setan kelaparan, binatang, manusia, asura, dan dewa yang menikmati lima obyek nafsu.

Alam Berwujud adalah tempat para dewa yang mempunyai wujud.

Alam Tanpa Wujud adalah tempat para dewa yang tidak mempunyai wujud.

 

Para mahluk dari Alam Nafsu punya delusi/khayalan yang sungguh kuat, sedangkan mereka di Alam Berwujud khayalannya sudah lebih halus, dan mereka yang di Alam Tanpa Wujud punya khayalan yang sangat halus.

Alam Nafsu (dunia kita), Alam Berwujud (alam untuk dewa tingkat rendah), dan Alam Tanpa Wujud (untuk dewa yang lebih tinggi). Tanah Suci Surga Barat (Sukhavati) berada di luar Alam Tiga Tingkat ini – ia melampaui samsara dan tidak mengalami kemunduran.

No comments:

Post a Comment