Monday, July 2, 2012

Lotuschef Bermain-main – Kenapa tak berhasil beryoga?


Ditulis oleh Lotuschef – 1 Juli 2012

Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: Lotuschef at Play – Why Can’t Yoga?



Emas di dalam Sutra Satya Buddha adalah Sinar Kebijaksanaan nan Agung!

Dan mari kita manfaatkan Kebijaksaan Agung ini – untuk menemukan masalah mendasar mengapa banyak orang sepertinya tak pernah berhasil mencapai Yoga seperti yang mereka klaim meski telah melatih diri secara teratur dan bahkan sudah sebegitunya berusaha pula.

Mampu ber-Yoga atau tidak, bukan bergantung pada seberapa lama maupun seringnya seseorang melatih diri.

Mari mulai berjalan-jalan bersama dengan Mahaguru kita yang terkasih, untuk mencari jawabannya...


Sebenarnya Mahaguru beberapa hari lalu memberiku sebuah petunjuk, namun terulur beberapa saat karena aku masih memikirkan cara menuangkannya ke dalam tulisan.

Kuharap pikiranku cukup jernih untuk mampu berbagi dan menjelaskan petunjuk yang cukup membingungkan ini.


Mereka yang telah mendapatkan, yang kamu sebut sebagai “Kontak Batik” dalam melatih diri, cobalah perhatikan mereka baik-baik.

Masalah paling umum yang menghinggapi orang-orang yang telah melatih diri dalam jangka waktu tertentu, dan yang mengaku telah mendapatkan kontak batin, adalah mereka berhenti di sana dan tak bisa meneruskannya lagi ke atas. Hahaha! Yang kumaksud adalah jatuh ke dalam perangkap Kemelekatan dan terus Terpaku di sana.

Kenapa aku menjelaskannya dengan cara seperti ini?

Dalam melatih sadhana, banyak orang yang mendapatkan penglihatan dan kemudian selalu teringat akan penglihatan-penglihatan tersebut. Jadi saat mereka mencapai suatu tingkat dalam pelatihan dirinya, mereka sendiri akan menghasilkan penglihatan-penglihatan semacam itu!

Teman-teman paham maksudku?

Dipikirnya kalau penglihatan-penglihatan tersebut adalah titik akhir pencapaiannya, dan mereka selalu berusaha mendapatkan kembali penglihatan semacam itu saat mencapai tahap tertentu di dalam Sadhana. Dimulai dari Melekat dan kemudian menjadi Terpaku oleh penglihatan tersebut, lalu Terkunci di tahap itu! Bagi mereka, ini dianggap sebagai Hal Tertinggi yang terakhir (baca: aku telah mencapai berhasil)!


Teman-temanku sekalian,  ingatkah kalau aku pernah menuliskan banyak visualisasi untuk Sutra Maharaja Avalokiteshvara (Sutra Gao Wang)?

Begitu kamu telah berhasil menguasainya, lepaskanlah semuanya dan bersantailah di dalam Kekosongan Semesta... tak perlu lagi memaksakan diri untuk terus berkonsentrasi dalam satu visualisasi.

Kadang kamu juga akan ditunjukkan cara-cara lain untuk memvisualisasikan sutra yang sama.


Jadi janganlah terperangkap dalam satu dimensi, kita perlu terus mengingatkan diri sendiri untuk mengalir dan melepaskan berbagai bawaan yang tak diperlukan lagi.

Kalau kamu terus-menerus belajar untuk merelakan berbagai hal duniawi yang sudah tak lagi diperlukan untuk kelangsungan hidupmu, maka kamu perlahan-lahan sedang berjalan menuju Yoga yang Sejati!

Oleh karenanya, dalam rangka membantu teman-teman sekalian belajar melepaskan hal-hal duniawi, aku tak mendukung adanya konsultasi pribadi (wenshi). Marilah kita semua belajar melepaskan EGO!

Bila EGO tak mampu direlakan, maka kamu pasti tak akan berhasil ber-Yoga dengan para dewata! Kamupun perlu mempelajari berbagai karakteristik para Dewata dengan baik supaya bisa ber-Yoga dengan mereka!


Cobalah renungkan apa yang kutuliskan ini dan sampai jumpa lagi. Salam semuanya.

Selamat melatih diri!


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom.

Lama Lotuschef



1 comment: