Monday, July 29, 2013

Kenapa Kamu Menemui Kebuntuan?


Ditulis oleh Lotuschef – 27 Juli 2013
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: Lotuschef in Why Are You Stuck?



Musuhmu yang sesungguhnya adalah Kemelekatan dan Keterpakuan – itulah kenapa kamu menemui jalan buntu dalam perjalanan pelatihan dirimu! :)



Coba lihatlah foto-foto di atas.

Di sana tak ada peserta yang hanya duduk dan menonton satu orang melakukan persembahan. Setiap peserta mendapatkan giliran untuk melakukan persembahan masing-masing.

Mengenai mengenakan jubah upacara yang berwarna kuning dan selempangan berwarna coklat – pada awalnya juga banyak yang mengeluh: tak nyaman lah, terlalu panas lah, kelihatan lucu atau aneh lah, ...

Hahaha! Tapi lihatlah teman-teman murid di sana, mereka akhirnya menjadi terbiasa juga.

Bila kamu melihat fotoku yang mengenakan celana panjang di atas, menurutmu:
Apa ada perbedaan dalam Ketulusanku dalam memberikan persembahan?
Apa ada halangan dalam kemampuanku untuk bermeditasi?

Bila kamu ingat yang Guru katakan mengenai pakaian Guru Rinpoche: kain yang beliau kenakan adalah kain bekas untuk membalut mayat, khan?

Dan ingatlah juga saat Guru mengajarkan Meditasi Visualisasi Tulang Belulang Putih – dengannya kamu perlahan-lahan akan melebur elemen Tanah, Air, Api dan Anginmu dengan cara mengosongkannya, bukan?

Serta ingatlah bahwa SAAT kamu telah berhasil beryoga, berarti kamu berada dalam samadhi dengan yidam/para yidam yang kamu pilih.
Guru katakan bahwa kamu bisa saja sedang duduk, berjalan, berbicara,... namun tetap mempertahankan kondisi kemanunggalan ini saat kamu Beryoga dengan Sang Yidam. Ingatkah?

Oh ya, Patriak Zen ke-6, Hui Neng, juga mengatakan: Saat menulis jangan dibuat-buat. 不立文字.
Pikiran duniawi ini punya tendensi yang besar untuk BERMAIN-MAIN dengan KATA-KATA, dan akhirnya malah tersesat sendiri. :)

Kamu sudah mendapatkan KUNCI-KUNCINYA?

Salam semuanya.

Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment