Tuesday, March 15, 2016

Instruksi Oral untuk 4 Apramana – Tiada Aku (Anatman)



Karya tulis Mahaguru Lu: 蓮生活佛 > 師尊文集 > 75_真佛法中法 > 四無量心的口訣 - 無我
Diterjemahkan ke Bahasa Inggris dengan anotasi oleh Lotuschef – 3 Maret 2016
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: 四無量心的口訣 – 無我 4 Immeasurable Heart's Key Secret – Selfless


Beberapa bagian dipilih dan diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh Lotuschef.



Di atas ini adalah Lotuschef saat memberikan ceramah dharma pertamanya di Seattle, Amerika Serikat, 7 November 2009. Topik utama yang dibagikan: [4 Apramana] yang menakjubkan.


蓮生活佛 > 師尊文集 > 75_真佛法中法 > 四無量心的口訣 - 無我

密宗的「四無量心」,其意義如下

  令一切眾生之樂,及樂因,永永不失,是慈無量。

  令一切眾生之苦,及苦因,永永脫離,是悲無量。

  令一切眾生永遠不斷喜樂,及喜樂之因,是喜無量。

  令一切眾生,遠離分別愛憎,苦樂善惡,悉皆平等,是捨無量。

  這「四無量心」就是「慈、悲、喜、捨」的心

  簡單的解釋「四無量心」又如下

  與一切眾生樂,名慈無量。

  拔一切眾生苦,名悲無量。

  見人行善或離苦得樂,深生歡喜,名喜無量。

  以上三心,捨之而不執著,或怨親平等,不起愛憎,名捨無量。

  這四無量心,能依禪定而修,可達色界梵天,因而被稱為「四梵行」,由無量心,引來無量之福。

  「蓮生活佛」在「密藏奇中奇」中有一文,即「無量心之觀」,這是發願度眾生的行者,所須修的「圓滿大覺」。
Buddha Hidup Lian Sheng telah menyebutkan di dalam [Keanehan di dalam Keanehan Tantrayana], bahwa [Visualisasi Batin Yang Tak Terkira (Apramana)] merupakan pelatihan [Realisasi Agung yang Bulat Sempurna] yang harus dilatih oleh seorang sadhaka yang bersumpah untuk menyelamatkan para insan.

  無量心就是「廣大平等」的心。
Apramana merupakan hati/pola pikir yang [Luas dan Setara].

  我要大家密修「四無量心」,是將自身轉成等同微塵身,一一父母,一一冤親,一一眾生,均化為自己。

  其實這是自己,也即是「一一父母」,「一一冤親」,「一一眾生」。
當自己變化成一一眾生時,也就是「無我」
Saat Diri Sendiri berubah menjadi semua Insan, inilah yang dinamakan [Tiada Aku].

  這「無我」,確確實實是四無量心的大口訣。

  要知道,一個人能忘卻自己,就無有私心,合於三法印之一的「諸法無我」印,能慈悲喜捨的人,一定是無私心的人,因無私,忘卻自己,自然而然終成了無量心。

  要進入無量心的無我思想,其依序是
Ingin punya mentalitas Apramana Tanpa Keegoisan, harus paham bahwa:

  第一,先明白世事無常。
Pertama, memahami bahwa semua hal mengalami perubahan (tak ada yang permanen).

  第二,再細思諸法無我。
Kedua, barulah merenungkan dengan teliti bahwa semua dharma bersifat tiada aku.

  第三,想想無始以來,父、母、兄、弟、子女、朋友,以及六親眷屬,尚在輪迴之中,不知出離苦海,枉受痛苦,尚等待我去救援。
眾生「我執」太重了。
Ketiga, merenungkan bahwa sejak dahulu kala, ayah, ibu, saudara tua dan saudara muda, anak, teman, kerabat dan keluarganya, masih di dalam perputaran transmigrasi, tak tahu cara meninggalkan samudra derita ini, menderita dengan sia-sia, masih menunggu diriku untuk menyelamatkan.
[Kemelekatan diri] para insan sungguh berat sekali.

  第四,我及眾生,為無明所覆,因惑造業纏使循環,今已識破因緣,固當次第修行,達即身成佛,然後運想自己與父母六親眷屬及一切眾生合一,求佛加被,普度脫困。
Keempat, diri sendiri dan para insan diliputi kebodohan, karena kebingungan maka mereka menciptakan karma yang menjeratnya sendiri di dalam berbagai siklus; kini menyadari sebab-musabab, seharusnya bersadhana setingkat demi setingkat dengan sungguh-sungguh, menggunakan tubuh ini untuk menjadi Buddha, kemudian menggunakan visualisasi untuk melebur diri dan semua sanak saudara serta para insan menjadi Satu, memohon pemberkatan Buddha, menyelamatkan semua insan supaya mereka mampu melepaskan diri dari berbagai jeratan.

  何謂「無我」?

我們可以想想,我的一切名字,是真實的我嗎?
當然不是的。
我的肉身就是我嗎?
當然不是。
這一切悉皆不實。

人的身體是因緣所成,其心識上的變化,亦是五陰所成,離識非有

  「我」根本非獨立性的實有。

  「我」是假有實無的。
「有我」是一切煩惱的根源

  明白了「無我」之道,「四無量心」可成。

  過去,常常有人問我,如何改變命運
Dahulu, orang-orang sering menanyaiku, bagaimana caranya merubah nasib?

  我答:「心若廣大平等,可以改運。」
Kujawab: Kalau hati bisa luas dan setara, maka nasib bisa diubah.

  「如何廣大平等?」
Lalu bagaimana caranya supaya bisa luas dan setara?

  「無我。」我答。
[Tidak egois]. Aku menjawabnya.

  坦白說,若有一個人,能修行達於「無我」的境界,其人之心已無量,周遍天界,自然諸天均是護法,引生無量之福,一切災厄自當逸去而不著身。
Sejujurnya mengatakan, kalau seorang individu mampu bersadhana hingga mencapai tingkat [Tiada Aku], hati si individu tersebut sudah tak bisa diukur, menyebar luas hingga ke seluruh alam surga, maka secara alamiah seluruh surga merupakan para dharmapala, mendapatkan keberuntungan dan kemanggalaan yang tak terkira, segala malapetaka secara alami menyingkir dan tak akan menyentuh/menempel di badan.

因為修行「四無量心」的人,不起顛倒妄想.無我無私,一切災厄不會著身。
Karena individu ini melatih [4 Apramana], maka Vikalpa tak akan muncul, tiada aku dan tak egois, segala malapetaka tak akan menyentuh/menempel di badan.

同時了知一切法理,通達無礙的境界。
Di saat yang sama, memahami segala teori dharma, pemahamannya mencapai tingkat tak terintangi.

  修成「無我」,身子已化為無,所以可以小至如微塵一般,任何細緻之地均可入。
Mencapai [Tiada Aku] ini, wujud tubuh bisa berubah menjadi Kosong, bisa juga menjadi kecil sekali bagaikan butiran debu, sehingga bisa memasuki ruang-ruang yang kecil.

  修成「無我」,身子可以變大,大至如宇宙上下十方,皆可包容。
Mencapai [Tiada Aku] ini, wujud tubuh bisa berubah menjadi besar, sebesar jagat raya yang paling atas hingga paling bawah di sepuluh penjurunya, semua bisa dicakupi.

  「無我」的境界,是述說不盡的,本來自性清淨涅槃,湛然如虛空,四無量心,離諸一切分別之相,言語道斷,心行處滅,聖者可親證之。
(Empat Apramana ini menjauhkan dari segala wujud dualistik)

  「無我」至小。

  「無我」至大。

  「無我」者,一切罪業全部滅除,既已「無我」,何為罪業?
Individu yang [tidak egois] ini,  telah menghancurkan segala dosa, karena sudah [tiada aku], apa yang disebut sebagai dosa?

  「四無量心」的大口訣,就是「無我」。
Instruksi oral agung untuk [Empat Apramana] adalah [Tiada Aku].

~~~~~~~~~~~~~~

Mengutip dari 盧勝彥文集 > 235_虛空來的訪客 - 慈心的光芒

我問廣才菩薩:Aku bertanya kepada Bodhisattva Guang-cai:

「為什麼仍然有眾生無法感應到慈心的光芒呢?」
Kenapa masih ada insan yang tak mampu merasakan kecemerlangan hati yang penuh kasih sayang?

廣才菩薩答:Bodhisattva Guang-cai menjawab:

「有些眾生的心中,充滿了吃醋、嫉妒、憤怒、仇恨等等負面的心思。
Ada beberapa insan yang pikirannya penuh dengan iri hati, dengki, amarah, kebecian, dll… berbagai macam pikiran negatif.

    更有些是非常驕傲和自負的,他們整個人是虛榮的堡壘。
Masih ada pula yang congkak dan angkuh, mereka ini bagaikan sebuah benteng kesombongan.

    這些人顯得可怕又可憐。
Orang-orang ini terlihat menakutkan dan menyedihkan.

    這一等人,當然無法感應到慈心的光芒。」
Orang-orang seperti ini sudah pasti tak akan mampu merasakan kecemerlangan hati yang penuh kasih sayang.

~~~~~~~~~~

Mengutip dari artikel 千变万化 Immeasurable Transformation [2]:

2009-11-07 要廣傳真佛密法 - 师尊开示
Harus membabarkan Dharma Tantra Satya Buddha secara luas – Ceramah Dharma Mahaguru Lu.


什麼叫做「大乘佛法」?

大乘佛法就是說視眾生重於自己的,叫做「大乘佛法」。
什麼叫做「小乘佛法」呢?小乘就是視自己重於眾生的,就是「小乘佛法」。
大小乘是這樣子分的。


所以,剛才蓮廚法師講的,「四無量心」、「菩提心」、「利他的心」最重,就是大乘佛法,可以成就佛
Oleh karenanya, baru saja yang dikatakan oleh Reverend Lotuschef mengenai [4 Apramana], [Bodhicitta], [Hati yang Memberikan Manfaat bagi Insan Lain], adalah yang paling penting dan merupakan Buddha Dharma Mahayana, MAMPU mencapai Kebuddhaan.

小乘佛法不能成佛,為什麼不能,因為他利己,沒有利他,沒有菩提心。
佛菩薩是有菩提心的,沒有菩提心只能夠證到阿羅漢,只能夠證到緣覺。
嗡嘛呢唄咪吽。

~~~~~~~~~~~~

Hahaha!
YA!
「四無量心」[4 Apramana]!

Perubahannya juga tak terbatas pula!
Menanggapi segala hal sesuai dengan situasi yang ada, mengaplikasikan secara relevan untuk menyelamatkan para insan!

Cobalah memahami mengapa Mahaguru Lu meletakkan visualisasi 「四無量心」[4 Apramana] di bagian awal sadhana.

Kamu tak bisa melangkah maju kalau tak paham apa yang kamu sedang lakukan dari awal!

Aku membagikan keagungan apramana ini hampir 7 tahun lalu, dan Mahaguru Lu menuliskan artikel tersebut di bulan Maret 1988.

Sampai di sini kamu masih mempercayai mereka yang menuduh Lotuschef berbohong tentang teknik-teknik sadhana?


Salam semuanya.


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment