Monday, March 7, 2016

Berdana Tanpa Pamrih



Karya tulis Mahaguru Lu: 蓮生活佛 > 師尊文集 > 75_真佛法中法 > 大供養的口訣 - 佈施無求
Diterjemahkan ke Bahasa Inggris dengan anotasi oleh Lotuschef – 3 Maret 2016
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: 佈施無求 Dana Without Motive


Beberapa bagian dipilih dan diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh Lotuschef.


Di atas ini: Kantong-kantong berisikan persembahan untuk para arwah terlantar, dewa kota dan dewa bumi. Dana persembahan yang selalu ada di setiap sesi upacara Pure Karma.


Di atas: Menambahkan persembahan Wewangian ke dalam dana persembahan. :)
Di bawah: Membakar dana persembahan setelah upacara selesai.


Dana bukanlah pembayaran atas barang atau layanan yang diberikan; ia diberikan dari lubuk hati.

Mengutip dari artikel Meaning of the Pali Word "Dana":

Praktik Dana (Kemurahan Hati)
Di dalam tradisi agama buddha, berbagai ajaran diberikan secara Cuma-Cuma karena mereka dianggap tak ternilai; di dalam tradisi agama buddha kita juga mempraktikkan dana, atau kemurahan hati, dengan memberikan persembahan berupa uang untuk ajaran yang diberikan.

Dana bukanlah pembayaran atas barang atau layanan yang diberikan; ia diberikan dari lubuk hati. Kemurahan hatimu adalah pemberian yang bukan hanya mendukung para guru saja, namun juga Sangha, komunitas Dharma yang lebih luas, dan praktikmu sendiri pula.

Dana [daana]: Pemberian, kerelaan hati, persembahan, sedekah.
Secara khusus adalah memberikan salah satu dari 4 kebutuhan ordo monastik.
Pada umumnya, berarti kecenderungan untuk memberi, tanpa mengharap pamrih dalam bentuk apapun dari si penerimanya.
Dana adalah topik pertama di dalam pelatihan bertahap dari sistem yang dibuat oleh Buddha, yang pertama dari 10 paramita, salah satu dari 7 harta berharga, dan yang pertama dari 3 bhumi perbuatan yang berpahala.

~~~~~~~~~~~~

蓮生活佛 > 師尊文集 > 75_真佛法中法 > 大供養的口訣 - 佈施無求
Kunci Rahasia di dalam Persembahan Maha Mandala – Berdana tanpa pamrih.


 供養就是奉養的意思,對上的供養,含有親近、奉事、尊敬的意思,對下含有同情、憐憫、愛護的意思。

  我們的供物,一般是六種,即花、塗香、水、燒香、飯食、燈明。此六種表示佈施持戒忍辱精進禪定智慧。

  密宗的八供,再加「如意螺」、「沐浴水」即是。

  另外,尚有七供、廿七供、卅七供,依次第是「須彌山、東洲、南洲、西洲、北洲、日、月、八小洲、輪寶、象寶、馬寶、珠寶、將軍寶、玉女寶、主藏寶、寶藏瓶、寶山、寶樹、寶牛、粳米、大寶蓋、小寶蓋、持花女、持香女、持燈女、持塗女、嬉女、鬘女、歌女、舞女。」

  這其中的「八小洲」等於八供,合計卅七供。

  密宗的大供養法是:

  手結供養手印。

  觀想供品,印在腦海之中,先化為一排,再化為一面,再變為宇宙十方上下均是供品,無量無盡。

  心中默唸供養咒加持之:

  「嗡。沙爾娃。打他架打。衣打木。古魯拉那。面渣拉。堪。尼里耶。打耶咪。」

  再將手印觸天心散印。

  我們學佛者,當先修廣大供養,以這供養,供養上師三寶金剛護法,求其加被成就。其原則是天下所有須彌山、日月、四大部洲、七珍八寶。用想念的力量,加持咒語手印,一一化現如雲如海,重重無盡。

  這種供養是勝妙殊特。

  這種供養是清淨莊嚴。

  這種供養是廣大供養。

  供養印如下:二無名指相背立,次二中指平伸相叉,二小指平伸相叉,次以二食指鉤二中指,二大指按二小指之端。

  供養結束,所唸的「讚」是:

  須彌四洲並日月。

  化諸珍寶供養佛。

  種種莊嚴諸功德。

  願共眾生證菩提。

  我們學會「大供養的方法」,更要明白「大供養的口訣」,其實大供養的口訣,就是「佈施」與「無求」

  「佈施」就是以自己之所有施捨於人,
[Berdana] adalah dengan segala kepunyaan sendiri, diberikan kepada para insan dengan segala kemurahan hati,

第一種是財施,就是用財物去救濟疾病貧苦的人。
Jenis pertama adalah Berdana Kekayaan/Uang – menggunakan kekayaan untuk menolong yang miskin papa dan sakit-sakitan.

第二種是法施,就是用正法去勸人修善斷惡。
Jenis kedua adalah Berdana Dharma – menggunakan dharma yang benar/otentik untuk mengajar para insan supaya melatih kebajikan dan melepaskan kejahatan.

第三種是無畏施,就是不顧慮自己的安危去解除別人的怖畏。
Jenis ketiga adalah Berdana Keberanian, tiada rasa takut – adalah tanpa mengkuatirkan keselamatan diri sendiri, membebaskan para insan dari ketakutan.

  「佈施」就是為了度慳貪。
 [Berdana] adalah untuk menyelamatkan orang-orang yang pelit dan serakah.

  而「蓮生活佛」以為「無求」就是真正大供養的口訣,因為要度慳貪,就是「無求」也。

  如果「無求」,即心無所心,無求就無心,心無所依,因為心無依,也就妄念不起,不住不著,洞然清淨。

  「無求」是大供養中的無盡供養。

  「有求」是大供養中的有限福報。

  「蓮生活佛」請大家注意金剛經 (Sutra Intan) 的「妙行無住分」
第四:復次:「須菩提!菩薩於法,應無所住,行於佈施。所謂不住色佈施,不住聲、香、味、觸、法佈施。須菩提!菩薩應如是佈施,不住於相。何以故?

  若菩薩不住相佈施,其福德不可思量。須菩提!於意云何?東方虛空可思量不 ?」「不也。世尊!」「須菩提!南、西、北、四維、上、下虛空,可思量不?」「不也。世尊!」「須菩提!菩薩無住相佈施,福德亦復如是,不可思量。須菩提!菩薩但應如所教住!」

  「無住相佈施」就是「無求佈施」,是不可思量的。
[Berdana yang tak melekat pada wujud] adalah [Berdana tanpa Pamrih], sungguh tak terkira.

  「蓮生活佛」明白,我們行大供養法,若能無求供養,所得的福報也就像虛空 這樣的不可限量

  降伏妄心,在於「無求」。
Menekan hati yang pongah dan tak bertanggungjawab, adalah [Tanpa Motif/Mengharap Pamrih].

  大供養的真實口訣在於「佈施無求」。

~~~~~~~~~~~~

SUTRA INTAN 金刚经
Vajracchedika-prajna-paramita Sutra
金刚般若波罗密经


Kutipan:

妙行无住分第四
PRAKTIK YANG LUAR BIASA ADALAH DENGAN TAK BERSANDAR KEPADA APAPUN, Bagian ke-4

Lebih lanjut lagi, Subhuti,
复次,须菩提!

Pikiran seorang Bodhisattva jangan menetap di manapun saat memberikan sedekah;
菩萨于法,应无所住,行于布施,

yang maksudnya adalah, ia memberi tanpa pikirannya menetap di dalam wujud,
所谓不住色布施,

atau ia memberi tanpa pikirannya menetap di dalam suara, atau di dalam bebauan, atau di dalam rasa, atau di dalam sentuhan, atau di dalam berbagai hal.
不住声香味触法布施。

Subhuti, demikianlah bagaimana seorang Bodhisattva seharusnya memberikan sedekah, tanpa pikiran yang menetap di dalam pandangan yang salah mengenai wujud (laksana).
须菩提!菩萨应如是布施,不住于相。

Mengapa?
何以故?

(Karena) bila pikiran seorang Bodhisattva tak menetap di dalam wujud (laksana) saat mempraktikkan amal (dana),
若菩萨不住相布施,

Pahalanya akan tak terbayangkan dan tak terukur.
其福德不可思量。

Subhuti, bagaimana menurutmu? Mampukah kamu memikirkan dan mengukur luasnya ruang angkasa di sebelah Timur?
须菩提!于意云何?东方虚空可思量不?

Aku tak mampu, Bhagavan!
不也,世尊!

Subhuti, mampukah kamu memikirkan dan mengukur (semua) luas ruang angkasa di sebelah Selatan, Barat dan Utara, begitu juga di kiblat-kiblat peralihan, termasuk Zenith dan Nadir?
须菩提!南西北方四维上下虚空可思量不?

Aku tak mampu, Bhagavan!
不也,世尊!

Subhuti, (saat) seorang Bodhisattva melatih amal tanpa pikirannya menetap di dalam wujud,
须菩提!菩萨无住相布施,

maka pahalanya tak terbayangkan dan tak terukur.
福德亦复如是不可思量。

Subhuti, pikiran seorang Bodhisattva hendaklah berdiam seperti yang diajarkan.
须菩提!菩萨但应如所教住。

~~~~~~~~~~~~

Teman-teman berusahalah untuk menerjemahkan sisa artikel Mahaguru Lu ini!

Tiap kata ada makna pentingnya!

Jangan sampai terlewatkan!

Hahaha!

Ingatlah: Persembahan yang tulus dan sepenuh hati, tanpa mengharap pamrih!

Ingatlah: Bodhicitta – 3 Roda Kesunyataan 菩提心之三轮体空?

Hahaha!
Sudahkah kini kamu paham apa arti Persembahan?

Partisipasi di dalam homa puja, upacara memberikan persembahan, ataupun sesi sadhana bersama sungguhlah membawa manfaat buatmu, bukan Pure Karma.
Kita hanya berbagi kesempatan supaya kamu bisa memberikan persembahan dengan tulus!
Pure Karma tak butuh dukunganmu!
Juga Tak Berkewajiban mensubsidi partisipasimu pula!
Supaya tak menimbulkan Hutang lebih banyak, pastikanlah kamu selalu membayar penuh segala kebutuhanmu juga! :)

Mau melakukannya atau tidak, terserah pada pilihanmu!
Selalu, kembali pada pilihanmu sendiri!


Salam semuanya.


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef


No comments:

Post a Comment