Tuesday, November 13, 2012

Tanya Jawab Seputar Pencerahan – Kekuatan Transendental [1]


Diringkas dan diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh Lama Lotuschef – 10 November 2012
Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh Lotus Nino
Sumber: Enlightening Interviews – 神通 Transcendental Powers [1]


[Catatan: Penerjemah telah berusaha sebaik mungkin untuk menjaga keakuratan dari naskah asli. Bagaimanapun juga, kami menghargai berbagai kemungkinan perbedaan interpretasi teman-teman pembaca. Dengan rendah hati memohon semuanya untuk membaca dengan Pikiran Terbuka.]

蓮生活佛著作盧勝彥文集227_悟境一點通 第十一問:神通從何來?
蓮生活佛著作盧勝彥文集227_悟境一點通 第十二問:神通是開發的嗎?

Berikut adalah dua buah pertanyaan yang diajukan kepada Guru mengenai Kekuatan Transendental/Astral. Sub pranala-nya mandarinnya tertera seperti di atas, atau di dalam buku No.227  mulai dari halaman 52 – 59.

Pertanyaan ke-11: Kekuatan Transendental datang dari mana?
Pertanyaan ke-12: Apakah Kekuatan Transendental itu dikembangkan?


問的人說:「盧師尊的成就顯見在您為眾生的消災解厄、賜福解惑上。您所創辦的真佛宗,每天在上演著感人的真實事蹟,這是個人人都有故事的大家庭。那麼是不是明心見性者,自然而然地就會有神通濟世的能力?」

Pertanyaan ke-11 – Banyak orang telah melihat pencapaian Mahaguru Lu dalam mengentaskan penderitaan, memberikan pemberkatan dan menghapuskan keraguan. Ordo Satya Buddha yang Anda dirikan adalah sebuah keluarga besar dengan berbagai peristiwa penyelamatan yang nyata dalam kehidupan para umatnya; oleh karenanya, apakah ini berarti bahwa mereka yang telah tercerahkan dengan sempurna – dalam teori dan praktik – bisa secara alamiah memiliki Kemampuan Transendental untuk menolong para insan?

Guru kemudian memberikan contoh mengenai acara wisatanya ke Hokkaido. Ia bertanya kepada pemandu wisata di manakah lokasi [Mingqi] berada? Si pemandu yang telah berpengalaman lebih dari satu dekade menjawabnya bahwa selama bertahun-tahun ia melakukan pekerjaannya belum pernah mendengar tempat dengan nama itu.

Namun, setelah itu datanglah kereta yang berhenti di dekat mereka dan di sana tertera tulisan [Mingqi] dan juga ada angka [627] pada plat nomornya, dan pemandu wisata mereka bernama [Sheng Yen]!
Sepertinya [Mingqi] adalah sebuah kota kecil di ujung Utara Hokkaido yang hanya punya beberapa bulan cuaca baik, sisanya kota itu akan tertutup salju.
[627] adalah tanggal ulang tahun Guru dalam sistem penanggalan barat: 27 Juni.
[Sheng Yen] adalah bagian dari nama Guru.


我答:「巧合的不可思議,就是神通!」

Guru berkata ketika suatu kebetulan terlihat terlalu aneh untuk bisa dipercayai (karena terbukti nyata), maka itu adalah Kekuatan Transendental.


我答:密教行者,修風入於中脈,在中脈入、住、融。用水下火上於「命脈」中,開啟了心輪,見證了佛性,自然產生了神通。
密教開啟「眉心輪」、「喉輪」、「心輪」、「臍輪」、「密輪」均會產生神通力。這就是密教「生起次第」及「圓滿次第」的真正神通力的產生。是自然而然的,不是強求的。

Guru menjelaskan: Sadhaka yang berlatih Tantra, akan melatih prana (qi) yang masuk ke nadi tengah (lalu tinggal dan melebur di sana). Menggunakan Api untuk Melebur Air yang berada di atas di dalam [Nadi Kehidupan], membuka [Chakra Hati], dan kemudian mengafirmasi sifat buddha yang sejati, otomatis secara alamiah akan menghasilkan “Kekuatan Transendental”.

Di dalam Tantrayana, membuka chakra [mata ke-3], [tenggorokan], [hati], [solar plexus], [sakralis rahasia] maka akan memiliki Kekuatan Transendental. Inilah tahapan yang di dalam Tantrayana di namakan sebagai [Tahap Pembangkitan / Kye-rim / Utpattikrama] dan [Tahap Penyelesaian / Dzog-rim / Sampannakrama] beserta dengan Kekuatan Transendental yang dihasilkan darinya. Ini semua muncul secara Alamiah, dan bukan Dipaksakan.




其實神通也是一時之幻,真正「明心見性」者,不會去執著神通。因為:
一切諸法,皆悉空寂,無生無滅。

Kenyataannya, Kekuatan Transendental juga hanyalah sebuah ilusi gaib sementara saja, ia yang telah tercerahkan sepenuhnya tak akan terpaku atau melekat padanya, karena:
Semua dharma, adalah Kosong dan Sunyi, Tidak Bertambah (Berkembang) Tidak Mati (Berhenti).

{Bersambung}


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef


Related Posts:

No comments:

Post a Comment