Tuesday, December 11, 2012

Lotuschef – Mengenai Kejujuran


Aku tak punya kekuatan supranatural:
Aku menjadikan kejujuran sebagai kekuatan supranaturalku.
Aku tak punya rahasia:
Aku menjadikan kepribadianku sebagai rahasiaku.
~ diambil dari sebuah kredo prajurit - kidung samurai tak bernama - abad ke-14

Ditulis oleh Lotuschef – 10 Desember 2012
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: Lotuschef in Honesty
Image © Shotaro Honda



Ini kejadian nyata di Seattle tahun 2009 kemarin saat aku sedang menjalani sesi pelatihan dasar di sana.

Suatu malam setelah acara makan bersama dan mengikuti rutinitas Guru dalam sesi menjapa mantra dan Tinju Vajra, kami semua berada di luar Mi-yuan (Taman Tantra) setelah berjalan-jalan di sepanjang jalan masuk menuju Vajragarbha Seattle; Guru lalu bertanya kepada seorang murid wanita: “Shijie, kamu sekarang tinggal di mana?”

Shi-mu juga bertanya: “Oh! Kamu tinggal bersama dengan teman-teman, gratis ya?”

Sebenarnya murid wanita ini berasal dari XX dan sudah menikah, tapi tinggal bersama dengan seorang murid pria lain dan berzinah. :)

Hahaha! Cara mereka berdua saling melempar pandangan saat “membantuku” mencuci peralatan makan setelah acara makan malam, lalu bagaimana mereka saling menyenggolkan pinggul saat berdiri bersebelahan sambil mencuci peralatan makan; semuanya sudah sangat jelas menggambarkan apa yang mereka berdua lakukan.


Saat Guru mengajukan sebuah pertanyaan, inilah waktu untuk bercermin atas segala kelakuan atau kebiasaanmu.

Beliau sungguh tahu apa yang kamu sedang lakukan!

Tapi kebanyakan orang justru tidak menyadari kalau Guru mengetahui semua hal yang telah mereka lakukan dan akan lakukan juga!


Teman-teman sekalian yang terkasih, coba bacalah artikel-artikel yang aku tulis dengan lebih teliti. Aku juga mengajukan berbagai pertanyaan juga di sana.

:) Malah sangat spesifik untuk beberapa orang bila mereka menyadarinya.

Aku bukannya ingin berkata kalau aku tahu akan segala hal, tapi ada tanda-tanda yang terlihat saat kamu berbohong dan “berperilaku buruk” juga.

Jadi, sebagai ganti dari “berkonsultasi” denganku atau bertanya berbagai pertanyaan pribadi, cobalah berpikir dengan lebih teliti dan aku selalu menyarankan teman-teman untuk “bercermin” secara teratur untuk melihat kebiasaan dan cara-cara yang kalian jalankan. Bertobatlah juga secara teratur seperti yang Guru sarankan.


Kita ini sering melakukan banyak hal yang tidak penting atau yang malah tak sepantasnya yang pada akhirnya malah membawa kemunduran dalam pelatihan diri kita.

Tanda-tanda dari beberapa tindakan yang kita lakukan malah sangat jelas terlihat dalam penampilan kita saat hal-hal tersebut sering dilakukan terus-menerus untuk merugikan insan lain dan juga diri sendiri.


Lain kali saat ada pertanyaan yang diajukan kepada siapa saja, pikirkan dan renungkanlah pertanyaan tersebut juga.

Menjadi orang yang jujur sebenarnya menunjukkan kepadaku bahwa kamu sadar akan apa yang kamu lakukan dan pada saat yang sama aku juga akan mencoba melakukan yang terbaik untuk membantu membersihkan pengaruh karma-karma burukmu. :)

Dalam kata lain, berbohong hanyalah merintangi dirimu sendiri, bukannya orang lain!

Hahaha! Banyak yang berbohong saat berbicara kepadaku baik secara langsung ataupun tertulis.
Mendengar atau membaca pernyataanmu semua malah menunjukkan siapa kamu sebenarnya! :)


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment