Sunday, September 9, 2012

Keberhasilan Pencapaian Tubuh Pelangi, Buku 1 – Tantrayana



by LOTUS NINO on SEPTEMBER 9, 2012
Diringkas dan diterjemahkan oleh Lama Lotuschef – 8 September 2012
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: Rainbow Body Attainment Book 1 – Tantrayana
Berikut adalah ringkasan artikel dari halaman 11-13.
Guru menjelaskan mengenai perbedaan antara Tantra Timur dengan Tantra Tibet.
Aliran Tantra Timur atau Jepang lebih berkonsentrasi pada aspek pelatihan Eksternal (luar) dibanding Internal (dalam). Para praktisinya akan menghias dan mengatur altarnya sedemikian rupa dengan indah, begitu juga dengan peralatan Puja Api Homa dan Sadhana mereka.
Sebagai contoh, di dalam puja api, kita melakukan persembahan kepada para Dewata, ini disebut sebagai Tantra Eksternal.
Namun saat kamu menyalakan api kundalini untuk membakar semua masalah/penderitaanmu bersama dengan mereka yang mengganggu di dalam sistem sirkulasi dan nadimu hingga akhirnya berubah menjadi Sinar, inilah yang disebut sebagai Puja Internal.
Puja Internal atau Tantra Internal adalah pelatihan internal atau pelatihan Hati; sedangkan Tantra Eksternal atau Puja Eksternal adalah untuk memohon pemberkatan, membersihkan pengaruh negatif/menyingkirkan musibah [santika], mendatangkan rasa segan (penghormatan) dan cinta kasih [wasikarana], menekan/menaklukkan [abhicaruka]; dan juga meningkatkan keberuntungan [paustika].
Sungguh penting untuk melatih Internal bersama dengan Eksternal karena tubuhmu akan bersih dari pengaruh karma buruk dan semua nadi akan bersih dan lancar hingga menyala dengan adanya Api dan kemudian dengan adanya Sinar. Dengan menggunakan Sinar ini kemudian melebur dengan Sinar Alam Semesta. Inilah yang dinamakan metode Pembersihan dan Penyucian, lewat pelatihan Hati atau Internal.
Namun bagaimanapun juga, tanpa eksekusi Tantra Eksternal, kamu tidak akan tahu cara untuk menjadi Berwibawa.
Orang-orang mengunjungi rumah ibadah dan duduk sebentar saja, lalu mengaku telah melatih diri satu sesi.
Ini hanya sisi eksternal saja.
Sesi Pelatihan Diri yang benar harus menggabungkan metode eksternal dan internal.
Saat bagian dalam dirimu Bersinar Terang, yang mirip dengan Kecemerlangan Semesta, dan melebur dengan penuh keharmonisan, maka inilah Samadhi yang sejati. Selain ini berarti bukanlah samadhi dan bukanlah ketenangan meditatif.
Teman-teman pembaca yang terkasih,
Aku harap kalian bisa memahami bahwa setiap sesi sadhana yang kalian lakukan, kalian perlu menggabungkan sadhana Tantra Internal dan Eksternal.
Aku membagikan artikel ini karena di puja api homa minggu kemarin aku sempat membahas mengenai cara berpakaian dan duduk dengan benar saat bersadhana.
Yang perlu ditutup janganlah dipamerkan (diekspos)!
Hormatilah para dewata dan hiasilah tubuhmu dengan baik serta duduklah dengan penuh kewibawaan. Ini akan menunjukkan bahwa kalian benar-benar berkomitmen kepada sesi sadhana dan persembahan yang bersangkutan.
Masih ada artikel-artikel lain yang menarik di dalam buku ini. Aku akan mencoba menyisihkan waktu untuk berbagi bersama kalian lebih banyak lagi.
Salam semuanya. :)

Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment