Monday, March 19, 2018

Kemanunggalan Yoga 瑜伽



Diterjemahkan ke Bahasa Inggris dengan tambahan anotasi oleh Lotuschef – 18 Maret 2018
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: 瑜伽 Yoga



.....
我當然也學會靜慮九支。毘盧七支坐大家會嗎?
當然會啦!
五個東西朝天(五心朝天),第一個是頭頂朝天,兩隻手持彌陀定印,這是兩隻手朝天,或持於兩個膝蓋上,兩隻腳相盤,腳心朝天,叫做跏趺坐,這就是五個朝天,兩個腳心朝天,兩隻手朝天,頭上頂著天。脊椎骨要打直,眼睛要45度看前面的地上。
另外,壓喉結,舌頭抵上顎,你的兩個眼睛憶想到眉心,精神憶想眉心,然後還要提肛。這就是靜慮開始的方法。

◎瑤池金母有講,跟大家教一點「瑜伽」。
「瑜伽」是甚麼東西?就是相應。
你要跟你的本尊相應,這是非常的重要。所謂相應,我們用平時世俗的話講就是天人合一,人跟天能夠合一,就叫做相應,就是「瑜伽」。

有人問:「世界上到底甚麼是最偉大的?」釋迦牟尼佛曾經講:「與道合者大。」你跟道能夠合一了,你就最大,那種大,不是有侷限的大,是無限的大;只要你能夠與道合一了,你的功力,你的法力就是無限大。密教講相應,就是瑜伽。我今天講的跟我平時講的可能稍微有點不同。

◎瑜伽最重要的就是沒有自我,沒有我。第一個,你先吸進一口氣,想念一句話:「吸氣的人不是我。」其實,這就是「無我」;吐氣的時候要想念一句話:「這念頭也不是我。」第一個念頭,吸氣進來的時候,你要想:「吸氣的人不是我。」就是「無我」;「吐氣的人也不是我」,吐氣的這種想念,那就是「無念」。吸進來「無我」,吐出的氣是「無念」,這是修行靜慮第一重要的一件事。你要「無我」跟「無念」才能夠跟你的本尊相應。

◎第二個瑜伽,當你吸氣進來的時候,你觀想你的心輪打開,觀想有個「阿」字,呼氣的時候,就觀想「阿」,唸「阿」,或者你用默唸的,「阿」,沒有聲音的,振動你的全身,將這個「阿」,從鼻孔呼出去,當然是梵字,「阿」的梵字要呼出去。咒語裡面的「嗡」就是宇宙(至上),「阿」就是(你的)本尊,「吽」就是所有一切眾生。你要呼吸這個「阿」七次出去,放到虛空之中,放到虛空做甚麼?就是你自己呼喚你自己的本尊,跟你合在一起,所以要呼七次的「阿」。

◎最後一個瑜伽是這樣的,你完全不做甚麼,調好你自己心平氣和,毘盧七支坐,靜慮九支,稍微仰一下頭,專注在你的眉心之上一點的地方,這就是專一瑜伽。這一點也很重要。當你學會這三樣就是瑜伽。

然後,再教你「九節佛風」,我們都會的,再來是「金剛誦」,最後是寶瓶氣。你這樣修,到了第一項,你已經無我了,也沒有念頭了,所有宇宙的法流、至上的意識,你的本尊就會進到你的身體裡面來;當你沒有雜念的時候,意念清淨,當你的口唸著本尊咒語的時候,就是口業清淨,當你結著手印的時候,就是身清淨,身口意清淨,當你達到完全清淨的時候,你就「無我」跟「無念」,也就能夠跟你的本尊相應。這是瑤池金母今天要教大家的瑜伽。

◎《真佛經》裡面有幾句話:「以無念為正覺佛寶。」為什麼「無念」?「無念」的時候你就「無我」了,既然沒有念頭,還有我嗎?沒有我,沒有眾生,沒有山河大地,沒有一切的時候,就是你跟本尊相應天人合一、跟宇宙至上合一的時候。

◎這是真正的修行方法。所以我曾經跟大家講,你們要修行,要找一個安靜的地方,出家人每天可以修四座法,一次二十分鐘就可以,你漸漸地跟你的本尊相應。修行是這樣,如果你是在家人有俗務的,有些出家人也是有俗務,你可以每天修兩壇法,實在不行,你要對得起自己,你每天至少要修一壇法。沒有俗務專修出世的四壇,有入世、出世的兩壇;真的對得起自己,一壇。你如果沒有修靜慮法,算是甚麼修行?那是修錢。


Diringkas dari arsip percakapan:

Mahaguru mengatakan sungguh penting untuk ber-yoga. Berulang kali dikatakan, namun berapa banyak yang benar-benar mendengarkannya.
Kali ini beliau mengajarkan teknik pernafasan untuk meniadakan ego… kemudian dengan menggunakan bija aksara [AH]. Terkesan mudah sekali?

Langkah pertama untuk beryoga adalah menarik nafas dengan pola pikir bahwa bukanlah ‘aku’ (diri sendiri) yang sedang menarik nafas. Begitu juga dengan saat menghembuskan nafas.

Dimulai dari duduk dengan postur teratai, telapak kaki dan tangan menghadap ke atas, 5 sisi kepala menghadap ke atas, mata menatap ke depan dengan arah 45 derajat. Kepala menekan ke bawah untuk menekan titik tenggorokan. Lidah menyentuh langit-langit mulut. Mata berfokus pada titik sedikit ke bawah dari titik tengah antara kedua alis mata. Kencangkan anus. Inilah langkah pertama penyucian diri.
Langkah pertama ini adalah meniadakan ego, kemudian visualisasikan menarik nafas dan chakra hati terbuka. Bija [AH] ada di chakra hati.

Kemudian japa AH dengan kencang atau tanpa suara untuk menggetarkan seluruh tubuh, lalu hembuskan AH dari hidung.
Mahaguru mengatakan bahwa di dalam mantra – OM adalah alam semesta, AH adalah yidam, dan HOM adalah para insan.

Hembuskan AH sebanyak 7x ke dalam kekosongan semesta, hal ini untuk mengundang yidam supaya melebur denganmu sehingga MANUNGGAL!
Setelah itu jangan lakukan apa-apa, cukup selaraskan batin dan qi (prana) supaya harmonis.
Kemudian fokuskan kedua bola mata pada titik di atas antara kedua alis mata.
Inilah yoga yang berfokus pada satu.
Menguasai tiga langkah ini berarti beryoga. Kemudian dilanjutkan dengan 9 Tahap Pernafasan, Penjapaan Vajra, dan terakhir adalah Pernafasan Botol Pusaka.

Menyelesaikan tahap pertama – berarti telah tiada ego.
Demikianlah aliran energi dharma dari alam semesta dan yidam akan memasuki tubuhmu.
Saat pikiranmu tidak bercampur aduk, atau punya pikiran buruk, maka ia menjadi suci. Saat kamu menjapa mantra yidam, ucapanmu menjadi suci. Saat membentuk mudra, tubuhmu menjadi suci. Keberhasilan ini berarti tiada ego dan tiada pikiran, sepenuhnya suci maka akan mampu beryoga dengan yidam.

Mahaguru mengatakan inilah yang Jin-mu ingin ajarkan kepada kita semua perihal Yoga.

Kemudian Mahaguru merujuk pada Sutra Satya Buddha, dan menunjukkan bagian Kesucian di mana tiada pikiran adalah ratna bodhi.

Tiada pikiran dan tiada diri sama sekali bukan hal mudah untuk dicapai.

Saat tiada pikiran, maka diri juga menghilang. Tiada diri, tiada para insan, tiada bumi sungai gunung, maka kamu beryoga dengan yidam-mu dan pikiran alam semesta yang terunggul.

Mahaguru juga membahas sadhana harian dan pentingnya melatih metode Penyucian. Selain hal ini maka bukanlah bersadhana.

Sebenarnya metode yang kuajarkan sewaktu homa, untuk menyucikan diri dengan api juga merupakan salah satu metode penyucian yang bagus. Intinya berada pada FOKUS!

~~~~~~~~~~~~~~~

Hahaha!
Aku menemukan transkripsi ceramah Mahaguru Lu dalam Bahasa Mandarin setelah mendengarkan ceramahnya kembali dan menerjemahkannya pelan-pelan!

Dengarkanlah Mahaguru Lu demi kebaikanmu sendiri!


Salam Metta,

Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment