Saturday, March 17, 2018

Biji Rudraksha 菩提子



Dibagikan dengan anotasi oleh Lotuschef – 17 Maret 2018
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: 菩提子 Rudraksha Seeds


菩提子(物名)是指西藏语之Bodi-ci果,可以作数珠,产于雪山地方,非菩提树之实也。
Biji Bodhi (kata benda) dalam Bahasa Tibet disebut juga Buah Bodi-ci, bisa dibuat menjadi japamala, mereka ditanam di pegunungan bersalju, dan bukan merupakan biji dari pohon Bodhi.

菩提,是梵语bodhi 音译,是觉悟、智慧、知识、道路的意思,
广义讲是断绝世间烦恼而成就涅盘的智慧
Bodi, dalam Bahasa Tibet terdengar seperti Bodhi yang berarti Penyadaran, kebijaksanaan, pengetahuan, Jalan, secara umum berarti memotong sepenuhnya semua masalah atau kekuatiran duniawi dan mencapai kebijaksanaan nirwana.

因佛祖释迦牟尼在菩提树下证道,菩提即为觉悟,成就佛果之意。
Berhubung Shakyamuni Buddha mencapai pencerahan di bawah pohon Bodhi, demikianlah Bodhi merupakan penyadaran dan pencapaian buah/jalan Kebuddhaan.

Rudraksha merupakan sebuah gabungan kata berbahasa Sansekerta: nama Rudra (“Shiwa”) dan akṣa (“Tetesan air mata”).
Sumber: Wikipedia – Rudraksha


Aku ingat beberapa tahun lalu pernah meletakkan beberapa biji Bodhi di altar sebelum memulai sebuah sesi homa, dan kemudian menghadiahkannya kepada orang-orang yang ingin punya anak.

Kemudian hari, salah satu dari mereka mendapatkan seorang bayi laki-laki!

Di sesi puja di Jakarta – 24 Maret 2018 nanti, juga akan meletakkan biji-biji Bodhi di altar untuk diberkati dan dibagikan kepada semua yang hadir di sesi Jakarta, dan selanjutnya di Batam dan Medan.

Adalah sebuah pemberian yang cukup bermakna karena ia menyimbolkan penyadaran/pencerahan, dan pencapaian Jalan/Buah Kebuddhaan.

Para sponsor boleh memohon sebutir biji Bodhi per nama.


Salam semuanya.

Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment