Sunday, October 15, 2017

Rumus [Maha Kesempurnaan] – Ikrar Bodhicitta



Diterjemahkan dengan tambahan anotasi oleh Lotuschef – 14 Oktober 2017
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: 「大圓滿法」口訣 ~ 發菩提心 Key of [Maha Perfection Dharma] ~ Bodhicitta Vow



Diterjemahkan dari pranala berikut:



再講「大圓滿法」口訣部。
今天要講的口訣是甚麼?
就是發菩提心的口訣。
修「大圓滿法」也要發菩提心。
Di dalam bagian Petunjuk Utama [Dharma Maha Kesempurnaan] ~ Ikrar Bodhicitta merupakan salah satu faktornya. Kamu perlu membuat Ikrar Bodhicitta untuk bisa melatih [Dharma Maha Kesempurnaan].

為什麼?Mengapa?

只要是大乘的法,都要發菩提心。
Selama ia adalah dharma Mahayana, semua yang melatihnya harus membuat Ikrar Bodhicitta.
密教有三 個重點,一個是發菩提心,一個是出離心,一個是中觀正見。
Tiga poin penting di dalam Tantrayana adalah orang yang bersangkutan ~ membuat ikrar bodhicitta, mempunyai pola pikir renunsiasi, mempunyai pandangan jalan tengah yang benar.

發菩提心是一個重點,才叫做大乘。
Karena membuat Ikrar Bodhicitta merupakan sebuah hal yang penting, demikianlah disebut sebagai Mahayana.

如果是小乘佛教,就是度自己,不管別人。
Bila merupakan Hinayana, maka hanya menolong diri sendiri, tidak mengurusi orang lain.

大乘佛教是度自己,也 還要度眾生,才是菩薩。
Ajaran Mahayana adalah menolong diri sendiri, juga turut menolong para insan, demikianlah maka disebut sebagai seorang Bodhisattva.

通常菩薩從初地到第十地,千手千眼觀世音菩薩有十一個頭,代表祂是第十一地的菩薩,等於是佛。
十地菩薩到了等覺,等於是佛,妙覺就是佛了。
所以觀世音菩薩是第十一地的佛,只是化身為菩薩救度眾生而已,因為觀世音菩薩有菩提心,所以才稱為菩薩。所有受過菩薩戒的,都要發菩提心。
  菩提心有願菩提、行菩提、勝義菩提,重要的是這三個,這三個都有口訣

記得阿底峽尊者(Atisha) 從斯里蘭卡坐船出發到印尼爪哇,就是印尼的占碑,祂去跟金洲大師 學法。

金洲大師有一個號叫「{人+扁}斗」。
金洲大師主要傳給祂的就是發菩提心。
金洲大師教阿底峽尊者一個特別的方法,甚麼方法是發菩提心的方法?

大家記 住了:「自他互換Pertukaran rasa secara mutual,就是發菩提心的方法。

我們之所以不會發出菩提心,是因為我們沒有感覺到,如果你能感覺到你的苦,你就會發菩提心。
Alasan kita tidak mengembangkan Bodhicitta adalah karena kita tak pernah merasakan apa yang mereka rasakan. Bila kamu bisa merasakan penderitaanmu sendiri, kamu kemudian mengembangkan niat untuk membuat Ikrar Bodhicitta.
  這怎麼講? Bagaimana kiranya?
第一個,你到醫院看病人,你看病人躺在那裡,他病得很重,甚至已經是末期,你看著他,然後自他互換,你自己變成那個病人,病人變成你,就是 這樣。
Pertama, kunjungilah seorang pasien di rumah sakit, melihatnya berbaring di sana, menderita penyakit yang serius, bahkan ada yang sudah tak tertolong lagi, kamu melihatnya, lalu melakukan [Pertukaran rasa secara mutual], kamu berubah menjadi si sakit, si sakit menjadi kamu, itulah maksudnya.

你看一個老人,他很老了,很辛苦、很慢地在走路,你為什麼發起菩提心,要幫助那個老人帶他過馬路?
Kamu melihat seorang manula, sudah sangat tua, banyak melewati masa-masa sulit, menyeberang jalan dengan sangat lambat, mengapa kamu mengembangkan Bodhicitta untuk menolongnya menyeberang jalan?
.........
  金洲大師{人+扁}斗就是教阿底峽尊者「自他互換法」,
祂說:「阿底峽,你聽著,發菩提心最重要的一點──自他互換。
當你看別人痛苦,你自己本身要想 那個痛苦的本身就是你,你自然就發菩提心。」
<< Dharmakīrtiśrī (Bhs. Tibet: Serlingpa; Wylie: gser gling pa; Bhs. Mandarin: 金州大師, secara harfiah berarti "datang dari Suvarnadvīpa". Suvarnadvipa berarti tanah emas), juga dikenal sebagai Kulanta dan Suvarnadvipi Dharmakirti, adalah seorang guru Agama Buddha yang terkenal di abad ke-10, ia dikenal sebagai guru utama dari Atisa. Namanya mengacu pada tempat di mana ia tinggal, suatu tempat di Burma bagian bawah, Semenanjung Malaka atau Sumatra. >>

Serlingpa mengajar Atisa: Pertukaran rasa secara mutual.
Serlingpa: Atisa, dengarkanlah, membuat ikrar bodhicitta itu yang terpenting adalah [Pertukaran rasa secara mutual].
Saat kamu melihat penderitaan insan lain, kamu harus memikirkan bahwa penderitaan itu adalah penderitaanmu juga, maka kamu secara alamiah akan mengembangkan Bodhicitta.

你要罵人以前,你就要先想到,如果你被罵,你會怎麼樣?
Sebelum kamu memarahi orang, renungkan terlebih dahulu kalau kamu yang dimarahi, apa yang akan terjadi kepadamu?
你要傷害人,你就要想到,如果你被傷害,你會怎麼樣?
Sebelum kamu mencelakai orang, renungkan terlebih dahulu kalau kamu yang dicelakai, apa yang akan terjadi kepadamu?

我們不但不可以殺人、傷害人、罵人,都不可以。
Kita tak hanya tidak boleh membunuh, bahkan melukai dan memarahi orang lain, semua ini tidak boleh dilakukan.

反過來,我們還要發菩提心去同情。
Bertukarlah, oleh karenanya kita harus punya Bodhicitta untuk mampu berempati.

<<四梵住(梵語:चत्वारि ब्रह्मविहाराः,catvāri brahmavihārāḥ,巴利語:cattāri brahmavihārā),又譯四梵行,佛教名詞,即是修行與實踐慈、悲、喜、捨四種心境。源自於古印度婆羅門教,後為佛教所沿用。佛教究竟修行者需將這四種心境擴展至無邊無際,因此又稱為四無量心、四無量觀。>>

修行四梵住時,以慈心觀為入門,也可以慈心觀來統攝四梵住。
所謂發菩提心就是慈悲喜捨:
Perihal membuat ikrar bodhicitta, ia adalah Empat Hati Yang Tak Berbatas:
慈,就是給人快樂; Kebaikan hati – memberikan kebahagiaan kepada para insan;
悲,拔除人家的痛苦; Berempati – menghapuskan penderitaan para insan;
喜, 就是歡喜,隨喜的去做這些事情; Sukacita – adalah kebahagiaan, kamu melakukannya dengan bahagia.
捨,平等心就是捨,平等無差別的心就是捨。Adalah memberi dengan sepenuh hati, merupakan pola pikir Kesetaraan, setara tanpa membeda-bedakan adalah Upeksha (Keseimbangan Batin). 

<<捨(梵語:ऊपेक्खा,Upekkhā,或upekṣaka,adhyupekṣaṇā),佛教術語,是一種平等而安穩的心態。為四梵住與七覺支之一。它也是一種心所,說一切有部將其列入大善地法中。>>

這就是發菩提心的口訣。
Demikianlah poin penting dalam membuat ikrar bodhicitta.

為什麼會發菩提心?
Lalu mengapa membuat ikrar bodhicitta?
你經常想「如果他是我」,自他互換: 看到窮的人,自他互換,你就會產生布施的心;
Kamu sering memikirkan [Bagaimana bila dia adalah aku], menukar rasa secara timbal balik: saat kamu melihat orang miskin, bertukar rasa-lah, maka kamu akan mengembangkan mentalitas Berdana;
看到痛苦的人,自他互換,你覺受到那個痛苦,你就會發菩提心;
Saat melihat orang menderita, bertukar rasa-lah, kamu merasakan penderitaan mereka, maka kamu akan mengembangkan bodhicitta.;
看到很悲慘的人,你就會自他互換。這就是口訣。 
Melihat kepedihan orang yang begitu mendalam, kamu akan bertukar rasa dengan mereka.
Demikianlah poin utamanya.
遇到每一件事情,都要自他互換,這就是願菩提心。
Menemui berbagai macam persoalan, juga lakukan pertukaran rasa secara mutual ini, inilah yang dinamakan Bodhicitta Aspirasi.

你已經發願了,要做為一個菩薩。
Kamu telah berikrar untuk menjadi seorang Bodhisattva.
菩薩是為別人想,不為自己想。
Bodhisattva itu memikirkan kesejahteraan orang lain, bukan untuk dirinya sendiri.

我跟大家講,願菩提很簡單,自他互換,就結束了。

◎你看別人悲慘的人生,你設身處地為他想,眼淚就流下來,心裡非常地慈悲他們,就是發菩提心。你發願要幫助那些沒有飯吃的,幫助那些殘障的,幫助那些病苦 在床上的,你要特別去照料他們,像印度的Santa Teresa,祂就是發菩提心。

發菩提心以後,就是行菩提心,行,就是去做去實現,你發了願,你就是要去做。
Setelah membuat ikrar bodhicitta, selanjutnya adalah melaksanakan bodhicitta. Melaksanakan adalah merealisasikan ikrar yang telah kamu buat. Berhubung kamu telah berikrar, maka kamu harus melaksanakan dan merealisasikannya.
為什麼要去做呢?
這時候,你因為發菩提心,願菩提出來了。
在佛來講,眾生平等,都是一樣,大家都有佛性,我珍惜你的佛性,你珍惜我的佛性,大家一律都 是平等的;
誰也不侵犯誰,誰也不辜負誰,我不辜負你,你也不辜負我。

這就是平等無差別的心,叫做行菩提心
簡單的講,因為你看眾生都是平等了
自然你產生 大慈大悲的菩提心,你給人家的不是痛苦,是給人家快樂,
解決人家的痛苦,你歡喜的去做,以這歡喜心去做就是平等無差別。
你沒有衣服穿,我給你衣服;你沒有 飯吃,我就給你飯吃。
轉一個身來想,如果,你是一個病人,在冬天洗冷水澡的話,你會怎麼樣?
所以,到了行菩提就是自他平等沒有差別
Dengan demikian, inti dari Melaksanakan Bodhicitta adalah diri sendiri setara dengan insan lain. Sama sekali tiada perbedaan.
.....
所以發菩提心,既然發了菩提心的願,當你看到別人怎麼樣,你馬上行動幫助他,這 就是行菩提心。
行菩提心的口訣,很簡單,就是平等視眾生。Melaksanakan Bodhicitta sangatlah mudah, kamu melihat semua insan secara setara.
............
和尚說:「在這個世界上,沒有甚麼事情是放不下的,只要痛了,你自 然會放下。
Reverend mengatakan: Di dunia ini, tiada satu hal pun yang tak bisa direlakan, hanya saat kamu merasa sakit barulah kamu akan melepaskannya secara alamiah.

師尊是 感受到眾生的苦,這就讓我想到維摩詰大士講的一句話,祂說:「眾生有病,我有病。」
大家搞不清楚,為什麼維摩詰大士會講這句話,這就是自他互換,發菩提 心,維摩詰大士在教大家發菩提心。別人有病我有病,就是要發菩提心。有一隻老烏龜訓練一群小烏龜做伏地挺身,其中有一隻很容易地做完一百個,並且馬上跟老 烏龜講:「這算甚麼呢?」
老烏龜就藐視牠說:「你有這麼大的能耐,那麼,你去那邊做兩個仰臥起坐看看。」
烏龜做伏地挺身是很容易的,做一百下是很容易的, 但是叫牠做仰臥起坐,龜殼根本沒有辦法動。
所以,人是有能有不能,這裡也就是講人是有能有不能,人是有樂有不樂,能設身處地為人想,就是要發菩提心,要平等無差別。

  最後一個,勝義菩提心的口訣,甚麼是勝義菩提心的口訣?
就是「空」。
Yang terakhir, poin penting dari Bodhicitta Absolut yang Melampaui Segalanya adalah [Kekosongan].
願菩提就是「自他互換」;Bodhicitta Aspirasi adalah [Bertukar rasa secara mutual];
行菩提就是「眾生平等」,平等的智慧;Bodhicitta Pelaksanaan adalah [Semua Insan adalah Setara], Kebijaksanaan Kesetaraan;
勝義菩提心就是 「空」,做菩提事業不為什麼而做就是「空」;不為什麼而做才是真正的做。
Bodhicitta Yang Melampaui Segalanya adalah [Kekosongan], menjalankan bodhicittamu tanpa ada motif apapun barulah disebut [Kosong]; tanpa ada maksud tersembunyi saat melaksanakannya barulah merupakan pelaksanaan yang sesungguhnya.

你為甚麼而做?
就不是真正的做。
勝義菩提就是做了就忘了
Bodhicitta yang melampaui segala hal berarti melaksanakannya kemudian melupakannya.

師尊看蓮極上師,師尊看了,覺得心有悽悽之感,雖然蓮極上師的眼睛經常這樣瞟來瞟去,但是他的心還是豆腐心;口是很利,但是是豆腐心。
.........
你要 發願菩提,做一個菩薩;
你要行菩提,盡力去做你的善業,你要去救度眾生;
然後,你要將這些救度跟你做的善事歸於空,你不是為甚麼而做的。

所謂功德,就不是功德,因為沒有功德想才是功德,這是勝義菩提心。
Yang dinamakan pahala itu bukanlah pahala, karena yang tak ada pahala barulah merupakan pahala, inilah maksud dari bodhicitta yang melampaui segalanya.

凡是你所做的都歸於空;凡是你所做的並不是為甚麼而做的;
並不是為了要揚名立萬,做善事要讓人家知道。 
「我是一個善人」,到處講:「我是一個善人」,這就不是善,
因為你是為了做一個善人才做善事。

不為甚麼而行了善,這就是勝義菩提心,就是空。
Berbuat kebaikan tanpa pamrih, merupakan Bodhicitta yang melampaui segalanya, inilah [Kekosongan].

所以,「大圓 滿」發菩提心的口訣就是自他互換、平等無差,最後是空。
Demikianlah petunjuk penting mengenai ikrar bodhicitta di dalam [Maha Kesempurnaan] ~ bertukar rasa secara mutual, setara tanpa membeda-bedakan, dan pada akhirnya [Kekosongan].

嗡嘛呢唄咪吽。

~~~~~~~~~~~~~~~~

http://www.dalailamaworld.com/topic.php?t=187
如經所云: 
遠離諸實物,蘊界以及處,色與執等滅; 
法及我無等,自心從無始,空之體性成。 

【釋菩提心論 Pūrvabhāvanākrama (Guang Shi Putixin Lun) 】是解釋【密集金剛Guhyasamâja vajra】的論典,內中也有一句「遠離諸實物」。

釋序分為四法:依意而釋,依共而釋,依隱而釋,究竟解釋。
這在月稱菩薩【密集金剛】的釋論【明炬釋】中有這幾句話。
龍樹菩薩在本論是依共解釋,將顯教密教共同承許的基礎作解釋,就是共同承許的中觀正見為基礎。

空之體性成」,除了解釋空性以外,配合密續解釋,是依具生原始光明心性;就是遠離了一切妄念,現証空性的勝義光明

龍樹菩薩在此以勝義菩提心 (Bodhicitta yang melampaui segalanya) 及
世俗菩提心 (Bodhicitta Dunia Fana) 二者解釋;
世俗菩提心的解釋如下: 
如覺悟薄伽凡及諸大菩薩等發大菩提心,我今亦為諸眾生等:未離令遠離、未脫令解脫、未息得歇息、未涅槃證涅槃故,從今起乃至無上菩提前,定發菩提心。
現行密咒門之眾菩薩由此世俗相故,發起世俗菩提願心者後,觀修勝義菩提心力令生起。今說此性: 

本論按次第是先說勝義菩提心,再說世俗菩提心,將在下面廣釋部分就可以了知。
這種次第主要是針對利根者,因為勝義菩提心,是解釋現証空性的智慧,所以空性為先,菩提心在後;如果以上根者的生起次第,是先有空正見,其次菩提心,這是大乘不共根器。
當然大乘所度化眾生,不一定都是上根者,但是屬於大乘不共的所度眾生,一定是上根者。
龍樹菩薩不但是上根者,而且是上上根者,最頂尖的大乘聖者,以他習慣方式著作這部論典,所以安排的次第先說空正見,後說菩提心。
如果是中根者或下根者,通常是佛說什麼,他們立刻接受;如說修菩提心很好,你們必須觀修,他們立刻尋求菩提心法門,沒有任何疑惑,完全接受修行。 

可是上根者,先觀察佛說的菩提心,如何修?可行嗎?無上菩提可以証得嗎?為利一切有情可以成辦正遍知嗎?一連串問題,經過仔細觀察之後,真正獲得知見,讓自己心滿意足時,才會真正去修行;爾時心念堅信不移,對修菩提心勝解,深信不動搖如須彌山,這是上根者的修行方式。因此以上根者的根器,先說空正見,其次說菩提心,這是大乘不共的度化眾生而說。如果以西藏所著作的【修心七義】來說,修心前先了知空正見,勝義菩提心,再修學世俗菩提心,有此說法;但在【修心日光】(解釋修心七義的論典)中,先說世俗菩提心,再說勝義菩提心。有此二種不同次第,這是我們必須先要了解的。
~~~~~~~~~~~~~~~

Aku menambahkan sebagian kutipan yang menjelaskan perbedaan antara mentalitas “awam” dan mentalitas “ilahi” perihal bodhicitta.
Bodhicitta yang melampaui segalanya masuk dalam kategori “ilahi”, ia juga disebut sebagai bodhicitta yang mampu [mengosongkan segalanya].

Seseorang pernah memohon kepadaku untuk menolong suaminya, dan inilah yang dikatakannya: Suamiku adalah orang yang baik, ia mensponsori edukasi anak-anak yang kurang mampu sebanyak USD 500.
Aku ingin dia supaya bisa hidup lebih lama.
[Dana sebesar USD 500 ternyata hanyalah donasi SEKALI SAJA!]

Aku bilang: Bila dia berjanji untuk beramal setelah aku “memperpanjang” umurnya, maka aku akan mengusahakan yang terbaik untuk menolongnya.

Orang ini sembuh dari kanker stadium akhir hanya dalam waktu 3 bulan.
TAPI! Ia hanya SEKALI SAJA pergi ke tempat penampungan tuna wisma dan tidak melakukan apa-apa di sana, malah istri dan anaknya yang bekerja.
Ia menghabiskan [waktu yang diperpanjang] itu untuk menikmati hidup dengan bertamasya berkeliling dunia!

Hanya dalam 2 tahun langsung serangan penyakit itu datang kembali!
Ia meninggal karena penyakitnya kambuh kembali dan adanya tambahan penyakit yang muncul dari kambuhnya penyakit lama tersebut!
Ia memohon umurnya diperpanjang 10 tahun, dan aku bilang kalau dia berbuat kebaikan demi memberi manfaat bagi banyak orang, ia akan bisa hidup 20 tahun lebih.

Ia tidak menepati janjinya untuk melaksanakan bodhicitta!
Saat penyakitnya kambuh, aku benar-benar tak bisa berbuat lebih jauh lagi.
Aku menyarankannya untuk mencari Mahaguru Lu di Seattle atau Taiwan, tapi ia juga tak melakukannya.

Teman-temanku yang terkasih, adalah hal yang sangat sulit untuk mewakili seseorang bernegosiasi dengan musuh karmanya, terutama mereka yang menderita pernyakit yang sudah tak bisa disembuhkan lagi
Aku sarankan kamu mencari Mahaguru Lu dan juga Berbuat Kebaikan kepada para insan untuk menyelamatkan dirimu sendiri!

Jangan menuduhku tak punya welas asih untuk berempati denganmu bila ternyata kamu sendiri tak menepati ikrar yang kamu buat!

DAN, kamulah yang pada akhirnya harus “Menyelamatkan” dirimu sendiri sesuai dengan pilihan yang kamu buat sendiri!
Aku juga belajar untuk tidak menolong seseorang berkali-kali saat ia tak mau menolong dirinya sendiri!


Salam Metta,

Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment