Friday, December 20, 2013

Lotuschef Bercakap-cakap – Guru membahas mengenai Melenyapkan Hati dan Kesadaran


Ditulis oleh Lotuschef – 13 Desember 2013
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: Lotuschef in Chat – SZ on Extermination of Heart & Planes



Baca juga: Lotuschef Bercakap-cakap – Dukungan Dalam Bersadhana? :)

Kutipan:

[--- Mari kubagikan sebuah saran penting kepadamu semua:

Bila kamu punya Pertanyaan baik sedikit maupun banyak untuk ditanyakan kepada siapapun, berarti pelatihan dirimu masih sangat jauh, untuk benar-benar mampu mendengar dan memahami apa yang Guru telah dan sedang ajarkan kepadamu!

Untuk Yana pertama, bila kamu sendiri berpikir untuk menekan orang lain dan memaksa mereka untuk mengikuti caramu bersadhana atau bahkan mengenai hal-hal lainnya, kamu artinya menciptakan penderitaan bagi orang lain, dan tentu saja membuatmu gagal melewati Yana pertama ini!

Oleh karenanya, kini Siapa Mendukung Siapa? Hahaha! ---]


Berikut arsip percakapan dari Facebook:

[--- Thomas Chung (TC): Aku sebenarnya punya banyak pertanyaan hehe. Itulah kenapa aku mengandalkan blogspot-mu yang menjelaskan apa yang Guru sampaikan secara implisit (tak langsung) dalam ceramah-ceramah dharmanya.

Francesca Poon (FP): Hahaha! Tapi kamu bukan orang dengan pola pikir yang mencari kesalahanku dan berusaha menunjukkan kalau aku Tolol!

TC: Ah akulah yang paling tolol di antara mereka semua.

FP: Semuanya ada dibahas di ceramah Guru – 7 Desember 2013, yang aku juga baru saja tonton siang tadi! Kunci-kunci penting dalam Sadhana Maha Kesempurnaan! Orang yang Tolol adalah ia yang menunjuk orang lain sebagai Orang Tolol! Kalau kamu melihat Orang-orang Tolol berarti kamu juga seorang yang Tolol! Kalau tak melihat apapun, berarti kamu bukan seorang Tolol!

TC: Aku sudah mulai menonton video-video youtube mengenai ceramah Guru yang beliau sampaikan sekitar akhir tahun 1980-an dan akhir 1990-an. Aku bisa memahaminya dengan lebih baik. Tapi ceramah yang membahas Maha Kesempurnaan dan Sutra Altar masih terlalu sulit untuk kupahami.

FP: Dengan Pikiran yang Terbuka! Dan juga Ketulusan dalam menolong Diri Sendiri dan Insan Lain, adalah hal-hal yang kamu butuhkan untuk berlatih dengan baik. Banyak hal sederhana yang kebanyakan orang malah abaikan.

Mereka memilih untuk mengejar KEKUATAN, harta dan ketenaran, karena mereka pikir itu semua adalah “upah mereka” dengan “mengikuti tindakan Guru dalam bersadhana”! Hahaha! Sedih loh bila kamu mendengarkan apa yang dikatakan Guru di ceramah beliau tanggal 30 November dan 7 Desember 2013 ini!

Ingatkah kamu kalau aku pernah menulis: Tantrayana adalah mengenai kesederhanaan? Hahaha!

Aku juga menulis Orang Awam Mengukur Buddha! Makanya daripada mengukur Buddha, bukankah sebaiknya mereka “mengukur” diri mereka sendiri dengan tolokan panduan-panduan yang Guru berikan, terutama di dalam Maha Kesempurnaan!

Mengucapkan selamat kepadamu karena mau berusaha menonton rekaman ceramah dharma Guru! Itu merupakan satu langkah menuju Ketulusan dengan mau mempelajari bagian fundamental (dasar-dasar)! ---]


Salam semuanya.


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment