Thursday, May 10, 2012

Mata Mayura

Ditulis oleh Lotuschef – 2 Mei 2012
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: The Mayura’s Eye



Mayura (dalam Bahasa Sansekerta berarti ‘merak’) adalah salah satu burung keramat dalam mitologi Hindu. Ia sering disebut di dalam beberapa kitab suci Hindu dan juga merupakan sebuah nama Hindu masa kini yang digunakan di banyak tempat di India.



[caption id="attachment_5453" align="aligncenter" width="417" caption="Burung Merak"][/caption]

Mitologi

Legenda menyebutkan bahwa Mayura diciptakan dari bulu-bulu Garuda, yang juga merupakan burung mitos setengah-ilahi dalam mitologi Hindu. Garuda dipercaya sebagai kendaraan pengangkut (wahana) Dewa Wishnu, salah satu dari Trimurti. Mayura dalam penggambarannya sebagai burung mitos dilukiskan sedang membunuh seekor ular, yang menurut beberapa kitab suci Hindu, adalah simbol yang mewakili siklus waktu.



Arti Penting

Hubungan Mayura dengan beberapa dewata Hindu  adalah seperti berikut:

  • Dewi Kaumari umumnya digambarkan dengan seekor mayura, yang juga bertindak sebagai wahananya.

  • Seekor mayura yang juga sebagai wahana Dewa Kartikeya.

  • Krishna juga umumnya digambarkan mengenakan bulu merak di kepalanya.



[caption id="attachment_6028" align="aligncenter" width="496" caption="Maha Mayuri Vidyarajni"][/caption]

Mahamayuri (Bhs. Sansekerta: Mahāmāyūrī, Bhs. Mandarin: 孔雀明王 Kǒngquè Míngwáng, Bhs. Jepang: 孔雀明王 Kujaku Meiō, Bhs. Korea: 공작명왕 GongJakMyeongWang), adalah salah satu dari para Vidyaraja (Raja Kebijaksanaan) dalam kumpulan para dewata agama Buddha.

Mahamayuri mengejawantah dalam penampilannya yang damai, berbeda dengan para Raja Kebijaksanaan lainnya yang tampil dalam bentuk laki dan penuh angkara murka.

Mahamayuri mempunyai kekuatan untuk melindungi para umat dari keracunan karena masalah fisik maupun spiritual.



Pada umumnya, bulu-bulu mayura dianggap sebagai benda yang keramat dan digunakan untuk menyapu patung-patung dan peralatan ritual dalam agama Hindu.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Beberapa pelatih diri (sadhaka) yang punya jodoh yang besar dengan Maha Mayuri ternyata punya tanda-tanda eksternal yang bisa dilihat.

Tulang tengkorak kepala bagian depan seperti membentuk Mata Mayura – seperti mata yang berada di ujung setiap bulu Mayura.

Hahaha!

Coba teman-teman lihat sekeliling dengan lebih teliti!

Di beberapa tempat, ia juga merupakan hiasan kepala dan sering digunakan sebagai ornamen utama untuk menghiasi kepala kaum bangsawan.

:)



Amituofo
Pure Karma
Lama Lotuschef
True Buddha School

1 comment:

  1. [...] by lotuschef on May 2, 2012 Terjemahan Indonesia: Mata Mayura [...]

    ReplyDelete