Pages
▼
Thursday, March 3, 2016
Bersarana Kepada Kodrat Diri Sendiri
Karya tulis Mahaguru Lu: 蓮生活佛 > 師尊文集 > 75_真佛法中法 > 皈依的口訣─皈依自性
Diterjemahkan ke Bahasa Inggris dengan anotasi oleh Lotuschef – 2 Maret 2016
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: 皈依自性 Refuge in Self Nature
Beberapa bagian dipilih dan diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh Lotuschef.
蓮生活佛 > 師尊文集 > 75_真佛法中法 > 皈依的口訣─皈依自性
皈依的含義,就是皈向、依靠、救度。
密教有四皈依,就是皈依金剛上師,皈依佛,皈依法,皈依僧。
而梵語的「南摩」,就是「皈依」。
其四皈依即是:
南摩古魯貝。
南摩不打耶。
南摩達摩耶。
南摩僧伽耶。
為什麼要皈依?
Kenapa Berlindung (Bersarana)?
因為有了皈依才有師父來教你佛法,若無師傳法,就無法可修。
Karena dengan Bersarana, seorang guru barulah boleh mengajarimu Buddha Dharma. Tanpa abhiseka dari seorang guru, maka tak ada yang bisa dilatih.
這是很簡單的道理。
佛法的禪宗、密宗、律宗,很重視師父。
禪宗,是師父來印證。
Aliran Zen – di mana Guru memberikan afirmasi pembuktian.
律宗,是師父來傳戒。
Aliran Vinaya – di mana Guru mentransmisikan berbagai disiplin sila.
密宗,是師父來傳法。
Aliran Tantra – di mana Guru mentransmisikan Dharma.
西藏密宗,其教理,首重根本金剛上師,是重傳承尊師法的,從「多傑羌如來」至傳法的根本上師,是根本中之根本。
我認為皈依的根本,在一個「信」字上,「信」是一切的開始,也就是「信為道元功德母,增長一切諸善法,除滅一切諸疑惑,示現開發無上道。」
Aku merasa bahwa hal mendasar dari Sarana adalah sebuah kata [Percaya], dan dimulai dari [Percaya] yang merupakan [Percaya sebagai ibu sejati sumber pahala dari jalur yang ditempuh, yang menumbuhkan segala dharma yang bajik, yang menghancurkan segala keraguan, dan membuka jalan hingga pencapaian yang terunggul].
有信才有樂,信心之體,必有歡喜之相,高高興興的皈依「蓮生活佛」。
Memiliki Rasa Percaya maka akan memiliki Sukacita, tubuh dengan hati yang penuh kepercayaan akan menampilkan Sukacita, dengan senang hati bersarana kepada [Buddha Hidup Lian Sheng].
淨土宗的法門是皈依「信」念。
Pintu Dharma Aliran Tanah Suci menggunakan ideologi [Percaya] dalam bersarana.
天台宗的法門是皈依「一」念。
Pintu Dharma Aliran Tendai menggunakan ideologi [Satu Manunggal] dalam bersarana.
密宗真言法門是皈依「阿」字。
Pintu Dharma Mantrayana Aliran Tantra menggunakan bija aksara [AH] dalam bersarana.
有信,才有「皈依」,有了皈依,才有「行」,是依密宗之法而行也,如此才有真正的歸向。
「皈依」,是信解行證之始,先信樂其法,次了解其法,依其法而實際修行。
最後是得證其果。
所以,皈依的根本,就是「信」。
皈依觀想的方法是:
Metode visualisasi untuk Bersarana adalah sebagai berikut:
先觀想上師形容,天心白光迸現,射入行者的天心,喉際紅光迸現,射入行者喉際,心際藍光迸現,射入行者心際。
Mulai dari merenungkan wujud Sang Guru, sinar putih memancar dari chakra “Tian-xin”-nya, memancar ke chakra Tian-xin si sadhaka; sinar merah memancar dari chakra Tenggorokannya ke arah chakra Tenggorokan si sadhaka; dan begitu juga sinar biru dari chakra Hatinya memancar ke chakra Hati si sadhaka.
行者恭唸「四皈依咒」:「南摩古魯貝。南摩不打耶。南摩達摩耶。南摩僧伽耶。」三遍。
Sadhaka dengan hormat menjapa [4 mantra sarana]: [Namo Guru Bei. Namo Buddhaya. Namo Dharmaya. Namo Sanghaya] sebanyak 3 kali.
隨即觀想,「上師」出現虛空,「佛」出現虛空,「法本」現光出現虛空,「僧寶」出現虛空,互相融合,化為五色的大光明,這五色的大光明灌入行者的頂竅,注滿全身。
Kemudian dilanjutkan dengan memvisualisasikan [Guru] muncul dari Jagat Raya yang kosong, begitu juga dengan [Buddha], [Literatur Dharma], dan [Sangha], memancarkan sinar dan melebur menjadi satu, berubah menjadi 5 cahaya cemerlang nan agung yang tercurahkan kepada si sadhaka, masuk lewat ubun-ubun kepalanya hingga memenuhi seluruh tubuhnya.
再觀想自覺一切的業障,惡業,不淨業,罪業,全部化為黑色的氣,從毛細孔排了出去,自己變得光明透澈,身心輕安,充滿福慧。
Lalu visualisasikan diri sendiri merasakan segala rintangan karma, perbuatan jahat, perbuatan kotor, dosa-dosa, semuanya berubah menjadi qi/udara hitam dan dikeluarkan lewat semua pori-pori tubuh. Diri sendiri menjadi jernih dan bersinar cemerlang. Badan dan hati menjadi ringan nan damai, dipenuhi kebijaksanaan dan kemanggalaan.
如此,即是真實的「皈依觀想法」的內明。
Demikianlah yang merupakan [Metode Visualisasi Sarana] yang sejati yang menyalakan batin.
蓮生活佛現在開示「無上的皈依口訣」如下:
「自己實是因緣和合之體,是有佛性常住自心,這佛性是不生不滅,不斷不常,不來不去,不一不異。
原來是佛,原與煩惱業緣均無交涉。
凡夫因妄想執著而不知也。
如今師尊特別指出,這是真實的大智慧,『自己是佛』,一切佛法,無非權巧方便,最主要的皈依,是『皈依自性』,這才是皈依口訣,豁破了無明之後,回復本來常住真心,圓滿其清淨光明之法身。」
這樣子的口訣,正是:
譬如靈丹藥。
點鐵成金寶。
誦持陀羅尼。
變凡作賢聖。
常常持四皈依咒,觀想上師三光加被,五色大光明灌頂,可以入於無相定中,得皈依口訣,堅固自己的道心,永遠身語意三業清淨,就是堅固的「金剛幢如來」。
師尊傳下權巧的法門。(寶輪)
開啟你自心的佛性。(啟藏)
迷時師度。(外皈依)
Guru menyelamatkan saat diri ini tersesat. [adalah Sarana Luar]
悟時自度。(內皈依)
Menyelamatkan diri sendiri saat tercerahkan. [adalah Sarana Dalam Batin]
你就是佛。(密皈依)
Kamu sendiri adalah Buddha. [adalah Sarana Rahasia].
~~~~~~~~~~~~
Hahaha!
Bila kamu telah bersarana kepada Mahaguru Lu selama lebih dari 10 atau 20 tahun, sudahkah kiranya melakukan riset-riset seperti ini setelah kamu bersarana?
Seharusnya kamu telah sadar kenapa tak mampu bersadhana dengan baik hingga mencapai keberhasilan [Guru Yoga]?
Ya!
Jangan menyalahkan siapapun! Justru salahkanlah Dirimu Sendiri! :)
Karya tulis Mahaguru yang ini diambil dari bukunya ke-75 dan telah ada sejak Maret 1988.
Bila kamu termasuk orang yang membuang-buang waktu untuk mengurusi desas-desus dan kebohongan ciptaan orang-orang awam, bukankah ini saat yang tepat untuk bangun? Untuk menggunakan waktumu mempelajari dasar-dasar yang diperlukan supaya landasanmu menjadi kuat dan mampu melangkah maju setahap demi setahap dalam melatih Buddha Dharma?
DAN, jangan pula berdalih “Tak ada yang memberitahumu tentang …”!
Kalau kamu tak mampu berfokus dan menjalani hidupmu, maka Tak Ada Seorangpun yang mampu menolongmu!
Sampai di sini, apakah tuduhan terhadap Lotuschef benar?
Sadarkah kamu siapa yang sampai saat ini mewartakan Kebenaran? :)
Salam semuanya.
Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef
No comments:
Post a Comment