Pages

Thursday, March 13, 2014

Sangat Penasaran Akan Keberadaan Tubuh Bardo Selama 49 Hari


Ditulis oleh Lotuschef – 11 Maret 2014
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: Lotuschef in Very Curious About 49 Days of Bardo Existence



Teman-temanku sekalian yang terkasih,
Lihatlah foto-foto di atas yang menampilkan figur-figur asap, mereka merupakan beberapa wujud Bardo atau sering disebut arwah ataupun hantu.

Saat seseorang meninggal dunia, tubuh bardonya seringkali akan “berkeliaran” selama kira-kira 49 hari sebelum “diadili” sesuai dengan tingkat Karmanya.

Mereka bisa dikirim ke berbagai macam Neraka sesuai dengan beban karma mereka.

Namun, mereka dengan jodoh yang baik dengan Buddha, atau yang telah mengumpulkan pahala kebajikan, akan menuju ke alam Surga hingga pahalanya habis. Setelah itu, mereka akan kembali memasuki siklus reinkarnasi 6 alam samsara.

Ada beberapa yang memilih untuk melakukan Pelarungan Abu (setelah dikremasi, abu mendiang dilarung di laut), sambil berpikir bahwa mereka (si arwah) bisa santai dan tak terlacak.
Sayangnya, para arwah tersebut kemudian tahu sendiri lewat gosip dari seputar dunia arwah di sana bahwa hal-hal yang mereka awalnya pikirkan ternyata bertolak belakang!

Benar sekali! Masing-masing insan harus menanggung karma negatifnya sendiri.
Oleh karenanya mereka akan bepergian menjalani “tugas demi tugas” dari berbagai belahan dunia arwah.

Ingatkah kisah dibalik Dharani Usnisa Wijaya yang pernah kuunggah di sini?
Dewa tersebut menghabiskan semua pahalanya dengan bersenang-senang dan sebuah suara kemudian memberitahunya bahwa ia akan meninggal dalam beberapa hari, dan setelah itu ia akan mengalami berulang kali reinkarnasi yang tak menyenangkan sama sekali.

Dan saat ia akhirnya “mendapatkan kembali” tubuh Manusianya, ia akan menjadi seorang yang buruk rupa dan cacat.

Jadi tubuh bardo almarhum yang abunya dilarung di laut segera datang untuk mencari bantuan, karena ia tahu bahwa berbagai hal tak akan seindah yang ia bayangkan setelah lewat dari masa peralihan bardo 49 hari!

Oh, saat aku membentuk formasi mudra, aku juga membantu menyeberangkan mereka yang berjodoh ke tangan Guru.
Aku juga bantu membebaskan para roh janin yang terperangkap serta mengantarkannya ke tangan Guru.

Kini, seperti mereka di kasus baru-baru ini, mereka mendapatkan rangkulan welas asih Guru, dan seorang anggota keluarga ada yang tanya, apakah si arwah akan kembali pada hari ke-7?

Hahaha!  Lalu juga masih ada upacara untuk 7 x 7 hari (hari ke-49) dan upacara di hari ke-100...

Teman-temanku sekalian yang terkasih, kalau kamu tak percaya pada Guru, maka terus saja lakukan semua hal duniawi yang menurut pikiran awammu perlu dilakukan!

Beberapa tahun lalu, aku melayat seseorang dan para praktisi di sana bahkan melakukan upacara hari ke-49 pada hari ke-4!

Jadi memang Harus Dilakukan atau demi proses yang harus dilakukan para praktisi tersebut berhubung mereka telah memasang ongkos selangit untuk pelayanan mereka?

Oh, terlebih lagi mereka juga menakut-nakutimu dengan mengatakan: kalau kamu tak melakukan ini dan itu, maka kamu akan tertimpa masalah besar.....

Saat Guru membawa tubuh bardo, berarti beliau membawanya ke Tanah Suci.
Kenapa kamu masih kuatir?
Dan kamu masih perlu kuatir apa lagi?


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

Disunting dari Jurnal Lotuschef

Related Posts:


No comments:

Post a Comment