Pages

Monday, February 22, 2016

Mengapa Sering [Tidak Berkomentar]



Karya tulis Mahaguru Lu: 蓮生活佛 > 師尊文集 > 74_無形之通 > 為何常『不語』
Diterjemahkan ke Bahasa Inggris dengan anotasi oleh Lotuschef – 18 Februari 2016
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: 為何常『不語』Why Often [No Comment]



Beberapa bagian dipilih dan diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh Lotuschef.

蓮生活佛 > 師尊文集 > 74_無形之通 > 為何常『不語』

對於一些爭辯,我常常保持緘默。
Dalam menyikapi beberapa argumen, aku seringkali diam saja.

對於世人的一些誣陷,一些誤解,一些誹謗,我經常不發一語。
Dalam menyikapi berbagai tuduhan, kesalahpahaman, dan fitnah dari para insan, aku seringkali tak mengucap sepatah katapun.

很多人要我裁決一些問題,指示與指導如何做,我也經常默默無語。
Banyak orang yang menginginkanku mengeluarkan peraturan mengenai masalah-masalah tertentu, memberikan arahan dan perintah mengenai apa yang harus dilakukan, di sini aku juga seringkali bungkam.

很多人要我發出「聲明」或「通告」,我也沒有做。
Banyak orang yang menginginkanku mengeluarkan [Deklarasi] ataupun [Pengumuman], aku juga tak melakukannya.

我常『不語』。不說一句話。
Aku seringkali [Tak Berkomentar]. Tak ingin mengucap sepatah katapun.

為何如此?
Mengapa demikian?

因為這是「不言而教」,「無言勝有言」,是「潛移默化」。
Karena ini adalah [Mengajar tanpa berkata-kata], [Tanpa ucapan yang melampaui ucapan], adalah [pengaruh yang tak kentara untuk diam-diam mempengaruhi].

  每一個星期六,晚上八時,我固定的在雷藏寺講經說法。也曾面對著千萬人的場面開講。這是在美國期間。

  我亦固定每天清晨,寫一篇文章。

  「說法」及「文章」,均是「教導」。
[Ceramah Dharma] dan [Karya Tulis], semuanya ini merupakan [Pengajaran].

  我已經說了如此多的話,寫了如此多的文章,假如還有人不明白,我又有何話可說,不如「不發一語」。
Aku sudah bicara mengenai banyak hal, menulis begitu banyak artikel, kalau masih tak paham, aku harus berkata apa lagi, bukankah lebih baik [tak mengucap apa-apa].

  開悟的人,明白「自然」的道理,也就喜歡「不言而教」與「潛移默化」,這就變成我處理世事的態度了。
Ia yang tercerahkan akan paham arti [Alamiah], juga lebih menyukai [Mengajar tanpa berkata-kata] dan [pengaruh yang tak kentara untuk diam-diam mempengaruhi]. Inilah caraku dalam menghadapi berbagai persoalan duniawi.

  有人要我寫出:
Ada yang menginginkanku menulis:

  「真佛宗的上師戒律」--上師的標準規範。
[Disiplin Sila bagi para Vajra Master Ordo Satya Buddha] --- standar kriteria yang spesifik untuk para Vajra Master.

  「真佛宗戒律」--真佛弟子的戒律。
[Disiplin Sila Ordo Satya Buddha] --- Disiplin Sila untuk para murid Ordo Satya Buddha.

  「真佛宗組織條規」--層層的管制條理。
[Tata tertib organisasi Ordo Satya Buddha] – berlapis-lapis peraturan.

  但是,我認為:
Tapi pertimbanganku adalah:

  我實實在在的不想寫,因為加諸與世人的戒律,實在已經夠多了,人所設定的法律,佛教有形式的條規已經密密麻麻了。
我再寫出「戒律」及「條規」,豈不是令人喘不過氣來嗎?
Aku benar-benar tak ingin menulis, karena hanya akan menambah daftar sila yang telah ada dan sudah cukup banyak dikenakan kepada orang-orang, orang-orang juga sudah membuat banyak peraturan hukum, lagipula peraturan di dalam agama Buddha sudah begitu padat.
Kalau aku menulis tambahan [Sila] dan [Peraturan], bukankah orang-orang malah jadi tercekik?

  我想告訴弟子的是:
Aku hendak memberitahu para murid:

  真佛宗的真正戒律祇有七個字:「順其自然,不妄為。」
Sila sejati Ordo Satya Buddha hanya terdiri dari 7 karakter:
[Biarkan semuanya alamiah, jangan bertindak secara sembarangan.]

  違反戒律就是:「違背自然,太妄為。」
Yang namanya melanggar sila adalah: [Melanggar/bertentangan dengan kodrat, sembarangannya keterlaluan].

  如此而已。
Hanya ini saja.

  這七個字,實在也已經夠多了,算起來,我又多饒舌了一次。
Tujuh karakter ini sudah benar-benar mencukupi, dengan mempertimbangkannya, aku kembali mengulanginya lagi.

  蓮生活佛的常『不語』,是因為「說了也等於白說」,不說反而好。我已經說了很多,再不明白,也沒有辦法。
我對世事已淡然,說與不說,均是一樣。
Buddha Hidup Lian Sheng seringkali [Tak Berkomentar], itu karena [kalau dikatakan juga sia-sia saja], jadi lebih baik tidak berbicara.
Aku sudah banyak berkata-kata, kalau masih tak paham, juga tak bisa ditolong.
Aku tak peduli dengan masalah-masalah duniawi, mau bicara atau tidak, juga sama saja.

  我明白:
Aku sendiri memahami:
  
要犯戒律的,你去說他,他仍然犯戒律。
Kalau memang mau melanggar sila, kamu mau beritahu dia, dia tetap akan melanggar sila.

不犯戒律的,你不去說,他依然守戒律。
Kalau tak bermaksud melanggar sila, kamu tak mengatakan apapun, ia akan selalu mematuhi sila.

  蓮生活佛也不標榜自己是如何的守住戒律,一切的功名也不希罕,心思極為清明,無權也無欲。

  這「活佛」或「宗主」均可拋棄,如同垃圾。
[Buddha Hidup] atau [Pemimpin Ordo] ini bisa dibuang bagaikan sampah.

  也無偽詐。
Tiada tipu muslihat belaka.

「真佛宗」可以消失,也可以存在。
存與不存,隨其「任運」。
[Ordo Satya Buddha] bisa menghilang, juga bisa hadir (ada).
Ada ataupun tiada, biarlah terjadi dengan [leluasa dan alamiah].

  我這是「順其自然」,「不妄為」啊!
Aku memang seperti inilah [biarkan semuanya berjalan dengan alamiah],  [tidak bertindak secara sembarangan]!
    
﹙四﹚

  當我從圓光中昇起,坐八葉蓮花座,在寶蓋華縵的飛舞之中,我結蓮花童子手印,召示大眾:

  人們的追逐名利的太過,是「貪念」太過,人們的混亂與衝突,互鬧互爭,是「瞋心」的太過。
人們的巧詐及偽作,是「癡心」的太過。
這「貪」、「瞋」、「癡」果然是三毒啊!
要消解「貪、瞋、癡」,正是佛教的作為。

  大公無私,是化解「貪」的。
Tidak membeda-bedakan dan tidak egois, adalah untuk mengatasi [Keserakahan].

  順其自然,是化解「瞋」的。
Biarlah semuanya berjalan/terjadi dengan alamiah, adalah untuk mengatasi [Amarah].

  無為而為,是化解「癡」的。
Bertindak tanpa melakukan tindakan, adalah untuk mengatasi [Kebodohan].

  「大日如來」--「佛眼佛母」--「蓮花童子」--「蓮生活佛」。
常坐蓮花座,放大光明照世間,結真實的印契,莊嚴而無語,祇是在這「爭鬥」的人間,再放一次光明吧了!

~~~~~~~~~~~~

蓮生活佛 > 師尊文集 > 74_無形之通 > 天馬行空(序)
一九八八年正月.蓮生活佛于美國華勝頓州雷門市真佛密苑
Artikel ini adalah salah satu dari kumpulan tulisan yang dipublikasikan di awal tahun 1988.

~~~~~~~~~~~~

Rekaman video: 20160116聖尊蓮生活佛盧勝彥法王首次展現「金剛身」演化金剛拳1-TBSN高清版

Rekaman video ini adalah setelah Mahaguru Lu mengomentari orang-orang yang menuduh dirinya lemah dan berbohong tentang kondisi kesehatannya.

~~~~~~~~

Dari artikel-artikel:

Kutipan:

[--- AA: Orang-orang memukul balik dengan sila samaya?
Kemarin aku membaca terjemahan Bahasa Indonesia mengenai Samaya telah dipublikasikan.
Tentang Guru yang memberikan ceramah di tanggal 22 September 2012 setelah acara makan siang di Vajragarbha Seattle.
Mungkin kamu sudah baca versi Mandarinnya.
Inti utamanya yang mungkin aku bisa rangkum adalah “melupakan gurumu”.

......

AA: Oh ini pranalanya dalam Bahasa Mandarin:
http://tbsn.org/chinese2/news.php?id=2402&classid=1
{Komentar per 13 November 2014: Sepertinya pranala di atas sudah tidak aktif lagi! Hahaha!}

.......

LC: Juga tak ada video Guru yang memberikan ceramah pada saat itu. Ini karangan belaka.

[**Berikut ini hanya terjemahan tahap awal saja. Teman-teman pembaca silakan membaca versi aslinya dan menganalisanya sendiri. Gunakanlah pengetahuanmu akan Buddha Dharma dan apa yang Guru telah bagikan. :) ]

  • Tak boleh berbicara lebih dari 3 kata dengan mereka yang mengkhianati Mahaguru!
    [Wah aku mati liao lol!!! Hahaha! Mereka katakan supaya tidak terpengaruh!!!]
  • Memberikan salinan berisi sila-sila kepada semua murid baru.
  • Tak boleh menyentuh Guru dan segala benda miliknya seperti pakaian atau ranjang, dan tak boleh menilai tingkat pelatihan Sang Guru.
  • Mengenai Raja Tibet Trisong Deutsen yang mengkhianati Padmasambhava dan bagaimana ia melepaskan roh banteng merah dari cincinnya sehingga bereinkarnasi menjadi cucunya dan melenyapkan Agama Buddha (di Tibet).
  • Di masa lampau, saat guru tidak menginstruksikan murid untuk membaca suatu buku, maka membaca buku tersebut merupakan pelanggaran sila dan harus bertobat. Guru kita lebih liberal.
  • Mengenai Atisha dan Serlingpa yang saling mempelajari karakter masing-masing sebelum saling menerima; oleh karenanya perlu melakukan pertimbangan dengan baik sebelum berlindung (bersarana) karena setelah bersarana ada sumpah samaya yang harus dijaga.
  • Mereka yang melayani Guru jauh lebih berpahala daripada mereka yang melatih diri dengan baik.
  • Melanggar samaya akan menyebabkan diri terjatuh ke dalam neraka vajra.
  • Selalu pastikan Guru berada di atas kepalamu sebelum memberikan ceramah dharma, bila tidak maka ceramah dharma tak akan berarti.
  • Mereka yang merasa dirinya telah melatih diri dengan baik dan sangat pintar, mereka sudah berada di dalam cengkeraman mara.

Waktu itu aku hanya melihat sepintas saja dan tak ingin membacanya dengan detil karena memang benar-benar bukan dari Guru.
Hahaha!
Komite pusat dan YY ini suka menggunakan kekuasaannya untuk membohongi orang-orang.
Ia berusaha menutupi dirinya yang kurang melatih diri juga.

Hahaha!
Ya kalau melihat ini semua berarti aku terpanggang di dalam neraka dong lol???

Aku juga berbagi ajaran dan wejangan-wejangan emas dari para rinpoche lain! Jadi aku harus digantung?
Buddha tak membuat aturan-aturan seperti ini lol.
Mereka katakan supaya tak terpengaruh!!! Jadi tak ada seorangpun yang akan melatih diri hingga mencapai pencerahan?
Tanpa melewati berbagai rintangan di jalan yang ditempuh, bagaimana bisa belajar dan mengatasinya?


Dibaca-baca lagi, teman-teman pasti tahu ini bukan kata-kata dari Guru, atau orang yang telah tercerahkan!
Sungguh berisi Kekuasaan & Kontrol!

Apakah aku kemudian terpengaruh oleh YC atau bahkan oleh orang-orang yang mengaku dirinya baik?

Hahaha! Artikel yang kutulis mengenai guru yang menempatkan mereka yang beracun di sisinya – pasti akan membuat mereka sungguh jengkel dan ingin membunuhku!

Aku kerasukan setan?
Peduli setan...}

---

Teman-teman pembaca yang terkasih, berapa kali kalian mendengarkan Guru mengatakan: mereka yang melatih diri dengan baik sama halnya dengan berada di sisiku, namun mereka yang secara fisik berada di sebelahku tapi tak melatih diri dengan baik malah sungguh sangat jauh dariku.

Pernyataan Guru tersebut mencoret Pernyataan di poin 7 dan 10 di atas, bukan?

Guru berkata beliau juga membaca banyak buku sebagai rutinitas hariannya juga! Akankah beliau melarang para muridnya untuk melakukan hal yang sama?

Apakah bersarana kepada TBS lantas otakmu tercuci dan hanya menerima masukan dari mereka yang “berakting seperti Guru”? Hahaha! Menggelikan!

Ini mirip sekali dengan Guru yang mempunyai hak cipta atas Buddha Dharma yang dibagikannya?


Akhirnya, karena tak ada rekaman video dari ceramah yang katanya diberikan oleh Guru, maka kembali  pada masing-masing individu, terserah bagaimana kamu memahami poin-poin tersebut. ---]

~~~~~~~~~~~

Teman-temanku sekalian, Mahaguru Lu menulis artikel 為何常『不語』ini dan dipublikasikan di awal tahun 1988.

Komite Pusat mempublikasikan [Guru memberikan ceramah di tanggal 22 September 2012 setelah acara makan siang di Vajragarbha Seattle].

Kemudian juga mempublikasikan berbagai macam pembenaran untuk mengeluarkan Lotuschef!

Semua ini Komite Pusat mengatakan berasal dari pernyataan Mahaguru Lu!

Hahaha!

Bagaimana dengan kebenarannya?
Mahaguru Lu dengan jelas telah mengatakan bahwa Beliau sama sekali tak ingin menulis ataupun membuat berbagai macam sila dan peraturan!

Jadi bila melihat periode publikasi artikel 為何常『不語』ini adalah di awal 1988, dan Komite Pusat mengklaim pada tanggal 22 September 2012 Mahaguru Lu membuat berbagai macam disiplin sila setelah acara makan siang di Vajragarbha Seattle, perbedaan waktunya ada 24 tahun lebih!

Bukankah para anggota Komite Pusat yang juga para murid yang telah menyertai Mahaguru Lu selama lebih dari 24 tahun seharusnya tahu akan sikap Sang Guru Akar?

Hahaha!
Jadi siapa yang tahu guna sila yang sebenarnya?

Lotuschef, seorang murid sejak 2008, ataukah para anggota Komite Pusat, yang sebagian besar adalah para murid veteran?

Sekali lagi, kepada “Tok Chef” dan teman-temannya, Sudah Saatnya Sadar Diri!

Melawan kata-kata Guru Akar Sendiri, ataupun memalsukan pernyataan-Nya hanya untuk mencelakai orang-orang lain, maka kamu-lah sendiri yang pada akhirnya akan bertanggung jawab atas berbagai efek karma yang terjadi!

Apakah kiranya mengeluarkan Lotuschef dari daftar reverend Ordo Satya Buddha versimu akan membantumu?

Oh! Bayangkan bagaimana kamu harus menanggung karmamu karena berbohong kepada Mahaguru Lu sendiri!

Hahaha!
Perlukah Lotuschef menemui Mahaguru Lu secara pribadi untuk menegaskan status reverend-nya ataupun mencari pembenaran?

Mungkinkah pranala menuju Pengumuman Disiplin Sila tanggal 22 September 2014 dihapus? Mengapa tak bisa diakses?

Dan, aku juga baru saja ingat mengenai setumpuk kumpulan peraturan Ordo Satya Buddha yang diberikan oleh Rev. LL kepadaku. Itu sekitar tahun 2010 dan ia memintaku untuk membacanya dan mematuhinya.
Di sana tertulis apa saja yang boleh dilakukan oleh VM, oleh Reverend, dan oleh berbagai tingkat pembabar dharma seperti lektor dharma, pembicara dan asisten, dan juga oleh pengurus rumah ibadah, …
Sama halnya, waktu itu aku merasa hal-hal seperti ini juga merupakan kebohongan belaka!

Aku ingat pernah memberitahu seorang murid mengenai kenapa beberapa ritual tertentu hanya boleh dilakukan oleh VM?
Sebagai contoh: Abhiseka Sarana mewakili Guru Akar; Wenshi; …
Alasan dari pandangan pribadiku: Siapakah kamu saat kamu telah beryoga dengan Guru Akar, Padmakumara Putih? :)

Sebuah kebohongan besar bikinan orang-orang awam, yang dengan pikiran duniawinya mencoba memisahkan, mengendalikan, serta tega merugikan khalayak!


Salam semuanya.


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment