Pages

Saturday, October 31, 2015

Segalanya adalah [Satu]



Karya tulis Mahaguru Lu, sumber: 蓮生活佛 > 師尊文集 > 249_來自佛國的語言 > 一切為「一」
Diterjemahkan ke Bahasa Inggris dengan anotasi oleh Lotuschef – 28 Oktober 2015
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: 一切為「一」All as [One]



老子說:「人能守一,萬事畢!」
Lao-zi bilang: Manusia kalau mampu berfokus pada Satu, maka semua masalah akan terselesaikan!

孔子說:「一以貫之。」
Konfusius bilang: Satu menjadi dasar dari segalanya.

佛陀說:「一乘。」
Buddha bilang: Satu kendaraan (eka-yana).

道家曰:「煉精化氣,煉氣化神,煉神返虛。」
Praktisi Taois bilang: Melatih intisari untuk mengubahnya menjadi Qi, melatih Qi untuk mengubahnya menjadi Roh, melatih Roh untuk kembali pada ilusi.

後來,再加一句:「煉虛返道。」
Kemudian, ditambahkan: Melatih Ilusi untuk kembali pada Dao (Sang Jalan).

這也是「一」的道理。
Mereka adalah definisi [Satu].

淨土宗的迴向:
Berikut ini adalah ayat pelimpahan pahala aliran Tanah Suci:
「願同念佛者,同生極樂國,上報四重恩,下濟三塗苦,見佛了生死,如佛度一切。」

這是「一」。Ini adalah [Satu].

全部回到極樂淨土的「一」。
Semuanya kembali ke Surga Tanah Suci yaitu [Satu].

禪宗、淨土宗:「萬念皈於一念!」
Aliran Zen & Tanah Suci: Semua pikiran dikumpulkan kembali menjadi Satu Pikiran!

密宗說:「一味瑜伽。」
Tantrayana mengatakan: Yoga Satu Rasa.

基督教說:「唯一的一神,耶和華上帝。」
Aliran Kristen mengatakan: Hanya ada satu Tuhan, Allah Jehovah.

密宗有「子母光明會」:
Tantrayana memiliki [Pertemuan cahaya anak dengan cahaya ibu]:

「修煉自己的光明(子光),與宇宙的光明(母光),彼此合一,回歸互融於毘盧遮那的大光明海。」
Melatih cahaya diri sendiri (Cahaya Anak), dengan cahaya alam semesta (Cahaya Ibu), Menyatu, menjadi selaras dan kembali ke dalam samudra kecemerlangan agung Vairocana.

這全是:「一」。
Ini semua adalah: Satu.



密教修「加行法」,是密教的「築基」,這一點非常的重要。
基礎愈堅固,將來就愈能成就。
[Sadhana Prayoga] di dalam Tantrayana adalah [Membangun Fondasi], sebuah hal yang sangat penting.
Semakin kuat fondasinya, maka lebih mudah mencapai keberhasilan di masa mendatang.

不可小看「加行法」。
Jangan meremehkan [Sadhana Prayoga].

「加行法」是基礎法。
Ia adalah fondasi dari segala dharma.

「加行法」是一切法之基點。
Ia adalah titik awal dari semua jalan dharma.

我們且看: Mari kita lihat:

大禮拜法 ── Sadhana Maha Namaskara:
全身投地的禮拜,三步一拜,不管是繞山、繞湖、朝聖地,全在表現虔敬的一心。
冥想本尊在前,一心一意的全身投地的大禮拜。
(降伏自己的傲慢)Adalah untuk menekan ego dan kesombongan diri.

大供養法 ── Sadhana Maha Mandala Persembahan:
以大曼達供養,相當於整個宇宙的七珍八寶供養,以「一」供養「一」。
(降伏自己的私心)Adalah untuk menekan keegoisan diri.

四皈依咒 ── Mantra Empat Sarana:
南摩佛,南摩法,南摩僧。
南摩古魯貝(皈依金剛上師),南摩不打耶(皈依佛),南摩達摩耶(皈依法),南摩僧伽耶(皈依聖僧)。
(一心皈依金剛上師、佛法僧。其實是一皈依,最後是皈依自性)
Adalah dengan satu hati berlindung (bersarana) kepada Vajra Guru, Buddha Dharma Sangha. Sesungguhnya adalah satu sarana, karena pada akhirnya berlindung kepada kodrat diri sendiri.

大懺悔法 ──  Sadhana Pertobatan Agung:
念誦「金剛心百字明咒」,達萬萬遍。
(消除自己的業障,百字明的法義就是空性,也即是佛性)
Menghapus dosa-dosa diri, makna dari sadhana mantra 100 aksara adalah Kodrat yang Kosong, demikianlah yang dimaksud sebagai Kodrat Buddha.

這四種法,做愈多愈好,十萬、百萬、千萬…。
Empat Dharma tersebut, lakukanlah sebanyak mungkin.



以上的加行法,是深入提高自己的專注力,以身體、手印、口誦、觀想,達到身、口、意的合一清淨。
Sadhana Prayoga di atas, adalah untuk diselami secara mendalam sehingga kemampuan konsentrasi bisa berkembang, dengan tubuh, mudra tangan, penjapaan, visualisasi, pada akhirnya tubuh – ucapan – dan pikiran melebur menjadi satu di dalam kesucian.

精神集中的修行實修,可進入真正無妄念的專注狀態。
Mengkonsentrasikan intisari kesadaran (roh) di dalam ketekunan bersadhana, maka akan mampu memasuki kondisi fokus yang sebenarnya, di mana tiada pikiran buruk.

全神貫注。
Semua intisari terfokuskan.

訓練自己分散漂移的念頭,能夠達於:「一」。
Dengan melatih pikiran yang longgar dan berlarian ke mana-mana, maka akan mampu mencapai: Satu.

~~~~~~~~~~~~~~

Dari halaman Media Centre di blog ini:

Sadhana Pertobatan & Penyucian Kembali [Sadhana Vajrasattva dari Empat Prayoga dengan tambahan anotasi]

Pelimpahan Pahala:
Semoga semua yang menjunjung tinggi nama Buddha Amitabha terlahir di Tanah Suci-Nya, Surga Dewachen (Sukhawati) di sebelah Barat.
Membalas budi atas Empat Kemurahan Hati dari atas,dan menolong mereka yang menderita di Tiga Alam Rendah di bawah.
Saat berjumpa dengan Buddha,semoga aku terbebaskan dari siklus kelahiran dan kematian,
dan semoga aku mengembangkan kualitas bagai Sang Buddha sendiri,oleh karenanya mampu menyelamatkan mereka yang dilanda penderitaan.

~~~~~~~~~~~

Hahaha!
Sebuah artikel lagi dari Mahaguru Lu mengenai Bahasa Buddha!

Membangun Fondasi!
Mungkin cukup akrab di telingamu?

Ya! Dari dulu aku selalu memberitahu semua orang bahwa Membangun Fondasi merupakan hal yang penting di dalam kemajuan pelatihan dirimu!

Seharusnya SEKARANG kamu mulai paham apa itu Bahasa Buddha dong?

Lotuschef punya sebuah syarat yang sangat aneh dan “Kurang Bersahabat” bagi mereka yang ingin belajar sadhana darinya!

Kamu harus menunjukkan kepada Lotuschef bahwa kamu tulus dan tekun bersadhana, serta setidaknya punya fondasi mendasar untuk DIBANGUN!

Bukankah dari dulu aku selalu berbicara dan berbagi dengan menggunakan Bahasa Buddha?

Tak bisa menyalahkan kalian juga bila tak mengenali ataupun memahami Bahasa Buddha?

Lihatlah semua hal yang dibagikan di dalam blog ini dengan teliti, seberapa banyak yang kamu benar-benar pahami?

Seperti yang Mahaguru Lu wanti-wantikan: Jangan memfitnah siapapun kalau kamu sendiri tak paham! :)

Sebuah peringatan yang bijak dan berharga, lebih baik kamu dengarkan!

Kepada seorang reverend yang berteriak kepadaku di saat aku pertama kali menghadiri Upacara Pelimpahan Pahala Untuk Orang Meninggal di Singapura, ia menyatakan: Siapa yang bilang melatih Sadhana Empat Prayoga bisa mencapai Kebuddhaan!

Pentingkah bila ada orang-orang bodoh yang menyatakan kalau Lotuschef bukan seorang Fashi?

Saatnya bangun!

Tunjukkan kepadaku kalau kamu tulus dan mau tekun bersadhana, persenjatai dirimu dengan pengetahuan mendasar yang banyak kubagikan di blog ini,
MAKA, aku akan membantumu melaju “Langkah Demi Langkah” di dalam melatih Dharma Tantra!

Tentunya mau melakukan ataupun tidak, pilihan sepenuhnya ada di tanganmu!

Aku akan memastikan kamu tak membuang-buang waktuku!


Salam semuanya.


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment