Wednesday, August 7, 2013

Mengenai Bazi 八字 [1]


Dibagikan oleh Lotuschef – 5 Agustus 2013
Diambil dari Wikipedia – Four Pillars of Destiny
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: Lotuschef on Bazi 八字 [1]


Empat Pilar Nasib adalah istilah konseptual di China, Jepang dan Korea untuk menggambarkan empat rangkaian komponen yang menentukan nasib seseorang.

Mereka diambil di saat momen kelahiran yang terdiri dari: tahun, bulan, hari, dan jam.

Empat pilar tersebut digunakan bersama dengan praktek meramal nasib seperti Zǐ wēi dòu shù dalam astrologi China. Sudah ada banyak perbandingan yang dilakukan antara Astrologi Barat dengan BaZi.

Namun, berbeda dengan Astrologi, analisa BaZi tidak melihat ‘keterpaduan’ konstelasi bintang dan planet. Ia menggunakan blok-blok ‘rangkaian’ waktu yang telah diatur dalam Wan Nian Li (萬年曆) yang merupakan almanak China “10.000 tahun” yang terkenal.

Asal Usul Penamaan


Empat pilar adalah terjemahan dari sebuah ungkapan dinasti di China – “Shēng Chén Bā Zì”. Istilah (生辰八字, ShēngChén BāZì) diterjemahkan menjadi “Delapan Karakter dari Waktu Kelahiran”. Ia juga berhubungan dengan istilah (四柱命理學, Sì Zhù MìngLǐ Xué) yang diterjemahkan menjadi Studi mengenai Prinsip-prinsip “Empat Pillar Kehidupan”.

Secara umum lebih dikenal dengan istilah pendeknya: “Empat Pillar” atau “BāZì”, atau frase alternatifnya adalah “Empat Pilar Waktu Kelahiranmu”.

Ia dinamakan BāZì (八字), yang berarti Delapan Karakter, karena masing-masing dari Empat Pilar (yang berturut-turut mewakili tahun, bulan, hari, dan jam kelahiran seseorang) diwakili oleh dua karakter; di mana satu karakter adalah Batang Langit dan satu karakter adalah Cabang Bumi.

Ada 10 Batang Langit (天干; TiānGān) dan 12 Cabang Bumi (地支; DìZhī).
Referensi mengenai 12 zodiak binatang adalah penggambaran cerita rakyat untuk 12 Cabang Bumi.

Empat pilar yang bagus adalah pilar Kaisar Qianlong.

Ordo


Ordo yang mempelajari ilmu ini adalah Ordo Akademisi (學院派; XuéYuàn Pài) dan Ordo Profesional (江湖派; JiāngHú Pài).
Ordo Akademisi dimulai dari Xú ZiPíng 徐子平 pada awal masa Dinasti Song. Xu meletakkan kerangka teoretikal murni untuk sistem ini. Sejak saat itu, para akademisi terus melakukan riset mengenai sistem ini dan mempublikasikan hasil kerja mereka untuk dikembangkan di masa mendatang. Perwakilan dari ordo ini beserta dengan berbagai publikasinya meliputi:

Dinasti Song (宋):
  • Sān Mìng YuānYuán 三命渊源, oleh Xú DàShēng 徐大升
  • Yuān HǎiZi Píng 淵海子平, disusun oleh Xú DàShēng 徐大升
Dinasti Ming (明):
  • Dī Tiān Suǐ 滴天髓
  • Sān Mìng Tōng Kuài 三命通會, oleh Wàn MínYīng 万民英
  • Míng Wàn YùWú 明萬育吾
  • Míng Liú Jī 明劉基
Dinasti Qing (清):
  • Mìng Lǐ Yuē Yán 命理約言, oleh Chén SùĀn 陈素庵
  • Mìng Lǐ Tàn Yuán 命理探源, oleh Yuán ShùShān 袁树珊

Ordo Profesional punya nama Mandarin JiāngHú Pài (江湖派) namun sayangnya punya implikasi negatif. Ia mengacu pada orang-orang yang bekerja sebagai Tukang Ramal dan menjadikannya sebagai sebuah bisnis. Masalahnya adalah para profesional ini belum tentu tahu basis teorinya dengan baik, dan mereka mungkin saja hanya mengingat beberapa formula serta mengumpulkan hasil-hasil kalkulasi statistik dari praktek-praktek mereka yang pada akhirnya hanya memberikan hasil analisa yang dangkal dan tak akurat.

Ordo lain yang terkenal adalah Máng Pài 盲派 atau Ordo Orang Buta. Dikatakan bahwa ajaran-ajaran tersebut hanya bisa diajarkan kepada orang yang buta, oleh karenanya tak ada naskah tertulis yang diturunkan. Ordo ini terkenal karena akurasi tinggi akan hasil ramalan nasibnya.

Bacalah pranala di atas untuk mendapatkan informasi lebih banyak.

---

Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment