Wednesday, May 1, 2013

Dewa Kekayaan dari 5 Penjuru


Ditulis oleh Lotuschef – 1 Mei 2013
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: 五路财神 Fortune Deities of the 5 directions


Di saat-saat santai di McDonalds malam kemarin, LL bertanya mengenai dewata-dewata di atas kepadaku.
Ia bilang beberapa tahun yang lalu ada seorang umat yang mengaku bisa melihat 5 dewa kekayaan tersebut. Umat itu lalu menggambarkan mereka ke dalam media kertas untuk ditunjukkan ke para umat lainnya.

Hahaha!
Aku rasa teman-teman kebanyakan yang ada di sana waktu itu pasti berdecak kagum “woo” “ah”, ya khan?
Bahkan mereka yang membaca hingga ke point ini juga akan sama halnya, pasti juga berharap berada di sana untuk melihat gambaran 5 dewa kekayaan tersebut.

Namun jangan campurkan para dewata ini dengan mereka yang dari Surga.
Mereka ini adalah para dewa kekayaan yang sering dicampuradukkan dengan mereka yang berasal dari Surga.

Mereka yang dipuja dengan menancapkan 5 bendera di mangkok bulat, yang biasanya diisi dengan beras, adalah seperti para Dewa Bumi. Mereka ini para arwah dengan Fu-pao, punya pahala keberuntungan dan dengannya cukup untuk bisa menjadi semacam petugas/pejabat, tapi masih belum cukup pahalanya untuk naik ke Surga.

Bila kamu terlihat gelap tertutup banyak energi karma negatif, mereka pasti akan lari jauh-jauh darimu.

Ya begitulah, omong-omong dari sudut pandang konsep Buddhisme, 5 dewata keberuntungan yang dilihat oleh si umat tadi memang muncul di hadapannya. Namun ajaran Non-konstan (tidak terpaku) dari Buddha juga berlaku di sini.

Lima dewa ini bisa muncul dalam bentuk yang berbeda-beda di hadapan orang-orang lainnya.

Sebenarnya cara terbaik untuk mengukur dewata manapun adalah melihat seberapa besar energi cahaya yang mereka bisa “proyeksikan”, bukannya tampilan wajah ataupun lainnya seperti gambar yang kamu lihat di atas.

Hahaha! Menurutmu aku asal omong?

Di dalam Tantra Tingkat Lanjut, tak ada yang namanya bentuk yang Konstan atau Tetap. Semua nampak dalam bentuk tubuh-tubuh cahaya yang berbeda intensitas cahayanya saja.

Bila melihat figur entitas dengan jelas dan menggambarkannya seperti di atas, berarti kamu masih sangat jauh dari Yoga, dan di tingkat itu kamu akan sangat mudah disesatkan dan terjerat oleh apa yang kamu lihat selama ini. :)

Salam semuanya.

Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef


Related Posts:


No comments:

Post a Comment