Pages

Monday, October 8, 2012

[08-10-2012] LotusChef Bercakap-Cakap – Pertanyaan-Pertanyaan Mengenai Bardo


Artikel asli ditulis dan dibagikan oleh Lama LotusChef pada tanggal 20 September 2012

Tautan ke artikel tersebut : Lotuschef in Chat – Questions about Bardo

Diterjemahkan oleh Lotus Junhao



AA : Fashi,

Pagi ini NY bertanya kepada saya apakah dalam waktu dekat ini Fashi akan melakukan Penyeberangan Bardo atau tidak. Kemudian saya menjawab : Biasanya saat Homa, kita menerima permohonan Penyeberangan Bardo. Saya bertanya kepada dia kenapa? Percayalah bahwa adik laki-lakinya telah terlahir di alam yang lebih baik lah. Tidak semua arwah memiliki kemampuan menunjukkan diri mereka (menyampaikan keadaan mereka). Semakin sedih keluarga tersebut maka semakin melekat dia pada dunia ini kemudian dia mungkin tidak ingin diseberangkan. Saya memintanya untuk menjapa lebih banyak Sutra Raja Agung Avalokitesvara, melimpahkannya kepada adik laki-laki dan musuh-musuh karmanya. Beberapa waktu lalu, Vihara YR melakukan upacara Usnisa, saya bertanya kepada dia apakah dia ada membeli biji-bijianlimawarna atau tidak. Jika ada, maka dia boleh menaburkannya di atas makam adik laki-lakinya.

Dia kemudian menyampaikan bahwa pada dua minggu pertama setelah kepergiannya, dia yakin bahwa adiknya telah diseberangkan. Setiap sore dia melantunkan sutra dan melakukan liturgi Sutra Amitabha pada setiap hari ketujuh dan kelipatannya setelah adiknya meninggal. Memasuki minggu ketiga, sepupu dia memimpikan bahwa neneknya yang telah meninggal dunia memeluk LE yang mana sedang menangis dan mengatakan ingin pulang. Biasanya jika almarhum neneknya memberikan mimpi maka artinya terdapat sebuah pesan bagi keluarga tersebut.

Saya bertanya kepadanya : Bagaimana latar belakang / keadaan sekeliling saat mimpi tersebut berlangsung?

Dia berkata : Mimpi itu terjadi di rumah neneknya. LE bertelanjang kaki dan mengenakan celana pendek. Persis sama seperti kondisi saat dia ditemukan.

Saya berkata : Mungkin adiknya mengkhawatirkan keluarganya. Sudah menikah?

Dia berkata bahwa adik laki-lakinya masih single dan tidak memiliki pacar. Suaminya menghubungi salah seorang saudari seDharma di kota Semarang yang memiliki indra keenam. Saudari ini berkata bahwa LE masih berada di lautan. Dia berada dalam keadaan kebingungan. Timbul tenggelam disana. Keluarga LE boleh membacakan Sutra Satya Buddha. Adik laki-lakinya terperangkap di dalam lautan karena kesadaran terakhirnya berada di lauta.

Saya bertanya kepada dia : Jumlah pembacaan sutra sudah berapa banyak?

Dia menjawab setiap malam dia selalu membaca Sutra sejak minggu pertama kematiannya.

Saya dengan rendah hati menyarankan dia agar juga membaca Sutra dan melimpahkannya kepada arwah-arwah di laut.

Dia kemudian berkata bahwa kakak perempuannya juga berkonsultasi dengan bhiksu-bhiksu yang bukan berasal dari aliran Satya Buddha. Mereka berkata bahwa LE masih berada di sekitar rumahnya. Dia tidak ingin pergi karena keluarga masih tidak dapat melepaskannya pergi. Sekarang kakak perempuannya menjadi bingung versi manakah yang sebenarnya. Saudari seDharma di Semarang menyarankan dia agar melakukan persembahan di altar setiap pagi kemudian membaca Sutra Satya Buddha. Karena hanya pada pagi hari Enerji Yang dapat menjangkau LE sementara pada sore hari roh LE kembali tenggelam ke laut (Enerji Yin). Juga agar meminta bantuan kepada Raja Naga.

Kemudian dia tiba-tiba mengingat untuk menghubungi XR agar meminta bantuan dari Y Jiang Shi, memeriksa kondisi LE. Dia baru saja mendapatkan balasan kemarin. Y Jiang Shi berkata bahwa arwah LE masih berada di lautan dan berada dalam kondisi kebingungan. Y Jiang Shi telah meminta pertolongan dari Bunda Emas (Jin Mu) untuk menarik arwah LE dari laut. Sekarang untuk sementara waktu Bunda Emas menampung arwah LE tetapi secepatnya harus dilakukan Bardo, jika tidak LE harus berhadapan lagi dengan karma dia sendiri. Y Jiang Shi menyampaikan pada hari dimana kecelakaan terjadi, aura LE tidak bagus dan ditangkap oleh sejenis roh laut.

Saya berkata kenapa tidak meminta bantuan dari Y Jiang Shi saja melakukan Bardo? Saya kira Anda seharusnya juga melakukan pelimpahan jasa kepada roh-roh terlantar di laut, musuh karma LE dan LE sendiri. Juga memberitahukan LE bahwa keluarganya sudah dapat melepaskan dia pergi. Mohon menerima bardo dengan hati yang damai.

Dia berkata bahwa Y Jiang Shi tidak berani melakukan Bardo secara khusus karena dia akan menanggung karma buruk dari LE. Kecuali terdapat ritual Bardo bersama, dia dapat mendaftarkan adik laki-lakinya. Dia bertanya apakah karena hampir lebih dari seminggu dia membakar kertas mantra dan meminta pertolongan dari Dewa Bumi, laut dan sebagainya sehingga mampu menemukan roh adik laki-lakinya? Kemudian bagaimana caranya melakukan persembahan bagi roh-roh di laut? Y Jiang Shi berkata bahwa Bunda Emas tidak dapat membawa LE ke Tanah Suci karena LE masih memiliki karma buruk. Juga harus meminta keluarganya untuk melakukan bardo bagi musuh-musuh karma LE.

Saya berkata : Yup, ini yang biasanya disarankan Fashi, membantu musuh-musuh karma bersarana dan memberikan persembahan kepada mereka. Lebih baik saya mengirim email kepada Fashi saja karena pengetahuan saya terbatas :p

NY berterima kasih. Dia juga sungguh berterima kasih atas nasehat Fashi. Blog Fashi sungguh-sungguh amat membantu dan dia membacanya setiap hari.

Ngomong-ngomong, penipuan Rompi Naga telah lama dilakukan, NY pernah mendaftarkan dirinya pada tahun 2009, Trio VM  ini menetapkan tarif Rp. 1,8 juta (sekitar SGD 200)

Minggu lalu, dia mengirimkan pesan, bertanya apakah saya dapat menolong dia untuk menerjemahkan balasan email kepada Fashi. Saya mengiyakan tetapi tidak menerima kabar. Kemudian tiba-tiba pagi ini dia menghubungi saya. Hal yang sama seperti beberapa waktu lalu. Ha7..

Ngomong-ngomong, mendengarkan cerita dari dia saya mengetahui bahkan Bunda Emas tidak dapat ikut campur terlalu banyak + Jiang Shi ini sepertinya tidak benar-benar mengerti bagaimana menangani Bardo, musuh karma. Tedapat banyak aspek-aspek tersembunyi pada kasus-kasus tertentu.

Oh ya, lupa memberitahukan bahwa NY juga telah mengirim faks ke Vihara Pelangi tetapi belum dibalas.

BB : Orang-orang dari T, EK sedikit aneh.

Teman saya LH juga berasal dari sana.

Suatu hari, dia memberitahukan saya cerita mengenai vihara di sana:

  • Pemilik vihara tidak mau mengurus vihara tetapi menyuruh orang lain untuk mengatur jalannya vihara.
  • Terdapat seorang acharya yang datang ke sana, mengajarkan dan menjual boneka-boneka yang mana kita hanya perlu meniupkan AH ke boneka tersebut dengan melakukan ritual tertentu dan kemudian boneka tersebut akan seperti sebuah boneka pengabul harapan.
  • Seorang ayah mengajarkan putrinya tentang bagaimana menggunakan mata ketiga. Sekarang putri tersebut menjadi seorang gadis jelek bertubuh gemuk yang dapat melihat hantu. Setiap orang mencari dia untuk berkonsultasi. Teman saya sangat bangga karena nona kecil tersebut tidak melihat satupun musuh-musuh karma di sekeliling dia (akan tetapi mengapa hidupnya begitu bermasalah?! Hahaha)
  • Senior-senior lansia mengancam tidak akan pergi ke vihara lagi dan menjadi umat Theravada jika pemimpin upacara tidak membawakan sesi sadhana dalam bahasa Mandarin dan mengikuti kecepatan ritme yang mereka kehendaki.
  • Sementara itu, umat-umat yang lebih muda tidak mengerti apa sebenarnya pelatihan diri itu.


Saya mendengar bahwa seorang Fashi telah ditempatkan disanapada tahun lalu. Saya penasaran apakah dia cukup bijaksana dan sabar dalam memberikan pelayanan disana.

Amitabha.

Lc: Hahaha! Saya msih tidak mengerti kenapa terdapat begitu banyak Vajra Acharya disana namun mereka harus bertanya kepada saya?

Bunda Emas menampung arwah tetapi tidak dapat menyeberangkannya karena karma buruk dia???

Bukankah bardo telah dilakukan bagi dia?

Lebih mudah melakukan bardo selama kurun waktu 49 hari dimana tubuh bardo masih dalam masa menunggu.

Bagaimanapun juga, teman terkasih saya Acala dapat menggunakan tali penjerat-Nya untuk menarik siapapun dari Neraka.

Apa yang seharusnya dia lakukan:

  • Membantu adik dan musuh-musuh karma dari kehidupan saat ini dan yang lalu bersarana.
  • Kemudian melakukan penyeberangan bardo bagi mereka bersama-sama.
  • Terus melakukan pelimpahan persembahan seperti menjapa sutra/mantra kepada mereka atau melakukan persembahan dupa minimal 7 paket.


Wah ini sudah termasuk area konsultasi pribadi loh.

Kita dapat melakukan bardo tapi tarif saya tinggi!

Bardo untuk satu orang yakni $888 saat dilakukan bersama-sama dengan kegiatan Pura Karma manapun ditambahkan dengan bardo untuk musuh-musuh karma menjadi $1776.

Persembahan bagi musuh-musuh karma sebanyak 7 paket @$38 totalnya $266.

Tarif saya tidak dapat ditawar…seperti yang dikira YK…

Saya juga memerlukan foto dari individu yang telah meninggal. Harus foto dalam resolusi tinggi karena saya akan memerlukannya untuk dicetak 8 x 10 inci atau ukuran lainnya.

Nama lengkap, tanggal lahir, tanggal kematian dan alamatnya di rumah.

Dia secara pasti tidak berada pada tempat dimana abunya atau jasadnya disemayamkan!!!

Seharusnya foto tersebut dapat memberitahukan kenapa dia “diambil”, saya berharap demikian. Tetap jangan katakan apapun karena ini sudah merupakan konsultasi pribadi.

Bisa dilakukan baik pada puja kali ini bersama Jambala Kuning atau yang berikutnya yakni Buddha Sakyamuni. Sudah berapa minggu telah berlalu?

Hal ini efektif dilakukan saat puja api Homa karena kita menolong mereka memberikan persembahan kepada para Dewata untuk memberkati dan membersihkan mereka.

Jangan menjawab terlalu banyak pertanyaan karena mereka semuanya berasal dari Pikiran-Pikiran yang Dipenuhi Masalah!

Salam

Mereka berkonsultasi dengan orang-orang yang berbeda, menunjukkan bahwa kondisi mereka sangat tidak stabil dan saya kira tidak ada seorang pun ingin melakukan permintaan-permintaan mereka.

Saya mengingat terdapat seseorang yang tidak bersarana dan putrinya juga bukan merupakan umat Satya Buddha, meminta dilakukan Bardo. Baiklah, dia ditempatkan di sebuah vihara di dekat rumahnya yang mana sebenarnya merupakan satu bagian dari alam Dewa tingkat rendah.

Sisanya tentu saja tergantung kepada mereka – melatih diri atau tidak

Yang ini juga menanyakan apakah kita yakin telah mengirim ayahnya ke alam yang lebih tinggi.

Namun dia sendiri memimpikan bahwa ayahnya berada di sebuah vihara lokal dan mengeluh bahwa dia tidak menyukai makanan vegetarian.

Cara berpikirnya masih sangat duniawi lol

Saat mereka tidak mendapatkan sinyal-sinyal dari almarhum, mereka juga dapat mengatakan saya seorang penipu berkedok agama!!! Hahaha!

Di Seattle, melakukan satu sesi penjapaan saat melayat dikenakan biaya minimal US750, belum termasuk benda-benda tambahan dan angpao untuk Fashi-Fashi.

Maka dari itu, menetapkan tarif $888 benar-benar masuk akal dan jika dilakukan pada tempat mereka, saya menetapkan tarif $5 ribu untuk satu kediaman / tempat.

Hahaha!

Seperti yang teman-teman ketahui, uang-uang ini kebanyakan akan digunakan untuk keperluan amal, sisanya untuk biaya bahan-bahan dan perlengkapan-perlengkapan.

Jadi benar-benar terserah mereka mau membayar atau tidak!

Saya kira jika NY ingin melakukan bardo, paling bagus melakukannya pada Sabtu depan saat kegiatan puja Sakyamuni.

Salam

Teman-teman terkasih semuanya,

Nasehat saya kepada murid ini jelas-jelas tidak didengar. Dia pergi berkeliling dan berkonsultasi kepada orang ini dan orang itu, yang dianggap “sakti” dalam hal tertentu.

Y Jiang Shi – seorang penceramah Dharma berkerah biru di dalam ordo Satya Buddha, berani tidak melakukan bardo???

Kita melakukan Bardo sebegitu sering yakni sebelum kita mengkonsumsi makanan! Kita menyucikan makanan dengan Penyeberangan Bardo dan kemudian dipersembahkan kepada para Dewata.

Jadi Y ini secara nyata merupakan umat lain yang tidak mengerti apa yang telah diajarkan Guru selama ini.

Bunda Emas merupakan Guru paling awal dari Guru! Jika Beliau tidak memiliki kemampuan atau kekuatan untuk menyeberangkan siapapun maka siapa yang memilikinya??? Dia merupakan Ibunda dari Para Kaisar!

Mengenai penanggungan karma buruk, saya telah menuliskan banyak artikel untuk topik ini. Bahkan para acharya memiliki konsepsi yang salah bahwa mereka dapat mengambil alih karma buruk orang lain sebagai satu bentuk kebaikan! Terdapat seseorang yang mempublikasikan di facebook bahwa dia baru saja menekuni satu sesi sadhana dan telah mengambil alih karma-karma buruk untuk “Anda semuanya”!

Guru mengatakan : Alihkan kepada Beliau dan Beliau akan mengosongkannya ke dalam Semesta!

Yang satu ini juga sama sekali tidak menaruh perhatian terhadap ajaran-ajaran Guru!

Kelihatannya dia juga kembali sakit parah.

Teman-teman masih ingat sharing saya kemarin tentang bagaimana menggunakan Mudra Teratai [tangan kiri] dari Guru?

Teman-teman dapat dengan mudah menyeberangkan insan manapun ke alam yang lebih tinggi tetapi ingat untuk melakukan pembacaan mantra Catur Sarana dan kemudian mantra hati Guru, lebih disukai versi mantra panjang dengan roda mantra Vajra Enam Alam “Ah He Sha Sa Ma Ha”.

Hahaha! Jika teman-teman mempercayai Guru dan memiliki keyakinan teguh bahwa Guru senantiasa mendukung Anda maka melakukan Bardo memang demikian mudah!!!

Ujung-ujungnya kembali kepada apakah teman-teman sungguh-sungguh dapat mengundang kehadiran Guru.

Hanya dapat melihat para hantu bukanlah suatu hal yang baik. Tentu saja dia tidak dapat melihat musuh-musuh karma karena kebanyakan tingkatannya lebih tinggi dari spektrum penglihatan dia. Masih ingatkah mengenai seri artikel mengenai 5 macam mata?

Para Dewata rupanya menawan, anggun dan agung. Terlihat jelek, orang ini dengan jelas sudah jatuh ke dalam salah satu alam rendah.

Sejauh ini saudari seDharma dari Semarang merupakan yang paling membantu.

Sisanya kelihatan tidak memiliki ide bagaimana menolong dan menyelamatkan sesosok arwah yang tenggelam di laut tetapi malah semakin menakuti keluarganya!!!

Namun demikian tidak perlu khawatir secara berlebihan mengenai tenggat waktu 49 hari, jika telah bersarana, Guru akan menolongnya tanpa perduli berapa banyak waktu yang telah dilewati.

Mengertikah akan kekuatan-kekuatan atau kemampuan-kemampuan dari seorang Buddha Hidup?

Sangat jelas bahwa tidak banyak yang benar-benar mengerti.

Baca atau dengarlah ceramah Guru dan Semuanya Mungkin dilakukan jika teman-teman memiliki Bodhicitta dan telah melatih diri sampai tingkatan Yoga Sejati!



Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom

Lama Lotus Chef

No comments:

Post a Comment