Friday, June 8, 2012

[08-06-2012] Ketergantungan


Artikel asli ditulis oleh Lama LotusChef pada tanggal 16 Mei 2012
Tautan ke artikel tersebut : Dependency
Diterjemahkan oleh Lotus Junhao

Semua dari kita tumbuh dewasa dengan bergantung kepada orang lain untuk membesarkan, membimbing dan mengajari kita.
Banyak orang tua terus mengatur / mengarahkan keturunan mereka meskipun keturunan mereka telah tumbuh dewasa.
Bagi pelatih diri untuk belajar melepaskan maka kita harus melihat pengaruh dari tahun-tahun dimana mereka tumbuh dewasa.
Mari kita lihat pemandangan pada sekolah-sekolah pengasuhan anak-anak dan sekolah-sekolah TK.
Sekolah pengasuhan anak-anak ditujukan bagi anak-anak sampai umur 4 tahun.
Pada periode permulaan sekolah, kita menemukan banyak anak-anak yang sedang menangis, lengket kepada orang tua mereka, kakek nenek mereka, pengasuh-pengasuh mereka…..
Mereka memiliki perasaan takut akan ditinggal pergi, ditelantarkan, lingkungan baru, wajah-wajah baru, …..
Saya mengingat hari pertama putri sulung saya di sekolah.
Saya mengantar dia dan setelah mengetahui barisan mana yang seharusnya dia ikuti, dia melambaikan tangan kepada saya. Dia memberitahu saya sepulangnya dari sekolah bahwa banyak anak-anak yang menangis dengan histeris dan mengganggu jalannya pelajaran.
Setelah satu minggu, putri saya tidak lagi memerlukan saya untuk menunggu dia memasuki ruang kelas tetapi langsung meminta pamit kepada saya, turun dari mobil dan pergi berbaris.
Kebanyakan anak-anak “beres” dalam hal sekolah setelah beberapa minggu. Namun, terdapat beberapa yang memiliki pendamping mereka yang mengawasi atau duduk dengan mereka di sekolah.
Juga ada tangisan dan manja-manja yang dimulai saat permulaan sesi-sesi pelajaran selanjutnya bagi beberapa anak.
Nasehat rendah hati saya kepada para orang tua dan semua penyayang agar relakan dan biarkan anak-anak menjadi mandiri. Jangan menakuti atau mengancam mereka dengan tindakan penelantaran atau cerita akan diculik oleh  orang “jahat” dan menggambarkan skenario-skenario menakutkan untuk mengendalikan mereka.
Beberapa sistem pendidikan dirancang untuk mendorong para murid menjadi kreatif dan menemukan dorongan semangat belajar mereka sendiri untuk memecahkan permasalahan-permasalahan dan melaksanakan pilihan yang mereka ambil.
Dalam Ordo Satya Buddha, pilihan sungguh sangat luas. Anda memilih waktu melatih diri Anda sendiri dan melatih diri dengan bimbingan-bimbingan Guru.
Bagaimanapun juga, Bergantung kepada orang lain juga merupakan hal yang wajar. Hal tersebut merupakan sebuah kebiasaan yang dipelajari selama proses tumbuh kembang.
Biarkan saya bertanya kepada Anda lagi :
Kenapa Anda memilih untuk bersarana di dalam Ordo Satya Buddha?
Apa yang dapat Ordo Satya Buddha lakukan bagi Anda?
Jika jawaban Anda berisi kalimat manapun di bawah ini maka mohon kembalilah ke dasar-dasar Buddhisme dan siapkan sebuah fondasi bagus akan pemahaman ajaran-ajaran dasar Buddhisme seperti 4 Kebenaran Mulia dan Jalan Utama Berunsur Delapan.
  • Saya ingin mengubah hidup saya menjadi lebih baik lagi sehingga saya dapat memperoleh kekayaan, kekuatan dan kedudukannya di atas orang lain.
  • Saya ingin menjadi seperti Guru, memiliki banyak pengikut yang tunduk kepada saya, melaksanakan semua perintah saya dan menyediakan saya sebuah gaya hidup yang mewah.
Hahaha! Semua yang gemerlap bukanlah Emas!
Apa yang Anda lihat, amati dan kemudian idamkan merupakan sebuah ilusi!
Guru mengatakan agar jangan mengejar kekayaan karena saat Anda membersihkan karma-karma buruk Anda dan melatih diri untuk menolong semua insan tanpa diskriminasi maka semua Buddha dan Bodhisattva akan mendukung aktivitas-aktivitas Anda dan memastikan Anda memiliki sumber daya yang banyak untuk melaksanakan Bodhicitta bagi semua insan.
Bersarana dan mengambil Sumpah Bodhisattva merupakan awal dari Tekad Bodhicitta Anda dan melaksanakan Tekad ini dengan tindakan nyata seperti menyebarkan Dharma, aktivitas-aktivitas amal, …………maka Anda sedang menapaki Jalan Boddhi sesuai pilihan dan kecepatan langkah yang Anda kehendaki.
Saya ulang sekali lagi bahwa Guru merupakan mentor kita dan membimbing kita di sepanjang jalan Bodhi. Terserah pada masing-masing apakah memilih untuk menapaki jalan ini atau tidak.
Bersarana dan tidak melatih diri / bersadhana atau tidak mengikuti bimbingan dari Guru tetapi mengharapkan Guru atau beberapa Acharya tertentu yang memiliki “kekuatan Dharma” memberikan anda transmisi “Kekuatan Dharma” yang hasilnya kekayaan dan memiliki pengaruh kekuasaan maka Anda sedang membawa sifat Ketergantungan sejak lahir sampai dewasa.
Poin penting lainnya dalam pelatihan diri yang sukses yakni Melepaskan atau Renunsiasi
Dalam kata lain, mohon Jadilah Dewasa.
Amituofo
Pure Karma
Lama Lotuschef
True Buddha School

No comments:

Post a Comment